Pengembangan Strategi Branding pada UMKM Kue Kering di Kabupaten Kudus

Authors

  • Mira Meilia Marka Universitas Muria Kudus Author
  • Mia Ajeng Alifiana Universitas Muria Kudus Author
  • Akh Sohibi Universitas Muria Kudus Author

DOI:

https://doi.org/10.26623/tmt.v5i1.11614

Keywords:

Strategi Branding Promosi Online Media Sosial UMKM

Abstract

Sosialisasi dan pendampingan branding berperan penting dalam membantu UMKM memberikan identitas produk yang dihasilkan, sehingga dapat meningkatkan daya saing. Mitra PKM yang akan dikembangkan strategi brandingnya adalah pelaku usaha kue kering milik Ibu Tati di Kudus, Usahanya hanya mengandalkan pemasaran melalui word of mouth dan belum memiliki merek usaha.. Oleh karena itu perlu dilakukan sosialisasi dan pendampingan atasnya. Sosialisasi branding dapat meningkatkan literasi dan pengetahuan mitra tentang pentingnya membangun identitas merek yang kuat. Selain itu, pelatihan pemasaran online melalui pemanfaatan media sosial, khususnya Instagram, memberikan wawasan baru kepada UMKM tentang strategi promosi digital. Indikator keberhasilan kegiatan ini terlihat dari kemampuan mitra menggunakan akun Instagram secara efektif untuk memperkenalkan dan memasarkan produknya. Dengan bertambahnya wawasan terkait branding dan teknologi promosi online, diharapkan UMKM dapat meningkatkan keunggulan kompetitif mereka di pasar yang semakin kompetitif.

Author Biography

  • Mira Meilia Marka, Universitas Muria Kudus

    Manajemen

    Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

Asamoah, S.E. (2014), Customer-based brand equity (CBBE) and the competitive performance of SMEsin Ghana. Journal of Small Business and Enterprise Development. 21(1),117-131

Eskiev, M. (2021). Naming as one of the most important elements of brand management. SHS Web of Conferences. 128, 1-7

Kara, S., Gunasti, K. & Ross, W.T. (2020). My brand identity lies in the brand name: personified suggestive brand names. J Brand Manag 27, 607–621.

Lans, R., Everdingen, Y., & Melnyk, V. (2016). What to stress, to whom and where? A cross-country investigation of the effects of perceived brand benefits on buying intentions. International Journal of Research in Marketing. 33, 924-943

Li, J., Meng, Y., & Wang, M. (2023). A Comparative Study of Chinese and International Famous Brands -- Taking Tiffany&Co. and Chow Tai Seng as Examples. SHS Web of Conferences. 163, 1-5

Luthfi, A., & Widyaningrat, A. I. (2018). Konsep city branding sebuah pendekatan “the city brand hexagon” pada pembentukan identitas kota. Seminar Nasional Manajemen Dan Bisnis, 3(2013), 315–323

Nur Cahya, Melani, Ningsih, Widia, & Lestari, Ayu. (2023). Dampak Media Sosial terhadap Kesejahteraan Psikologis Remaja: Tinjauan Pengaruh Penggunaan Media Sosial pada Kecemasan dan Depresi Remaja. Jurnal Sosial Teknologi. 3(8), 704–706.

Pratamansyah, Surya Ryan. (2024). Transformasi Digital dan Pertumbuhan UMKM: Analisis Dampak Teknologi pada Kinerja Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia. Jurnal Akuntansi, Manajemen, dan Perencanaan Kebijakan. 2 (2), 1-17

Putra, Y., Santoso, P. Y.,& Adhypoetro,R. R. (2021). Branding Produk Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cyber PR. 1, 1

Raki, S., & Shakur, M.M. A.(2018). Brand management in small and medium enterprises (SMEs) from stakeholder theory perspective. International Journal of Academic in Business and Social Science. 8(7), 392-409

Savchenko, N., Sulimenko, L., & Savchenko, R. (2020). The role of the brand in the enterprise sustainable development. Scientific Horizons journal. 93, 31-38

Simester, D. (2016). Why Great New Products Fail. MIT Sloan Management Review. 57, 33-39

Downloads

Published

2025-01-31

Issue

Section

Articles