PELATIHAN PENULISAN ABSTRAK BAGI MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SEMARANG

Stefani Dewi Rosaria, Devy Angga Gunantar, Hetty Catur Ellyawati, Ganda Januarta Januarta

Abstract


Abstrak

Mahasiswa tingkat akhir diwajibkan menulis skripsi, dan dalam skripsi tersebut pasti ada bagian abstrak sebagai sinopsis atau ringkasan dari keseluruhan isi skripsi. Abstrak adalah bagian terpenting yang harus ada pada setiap tulissan karya ilmiah karena abstrak memberikan informasi secara singkat namun lengkap mengenai suatu tulisan karya ilmiah, misalnya tujuan penelitian, metode yang digunakan, hasil dan kesimpulan penelitian. Permasalahan yang dihadapi mahasiswa adalah format abstrak yang mereka tuliskan seringkali tidak sesuai kaidah. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan penulisan abstrak kepada para mahasiswa tingkat akhir Fakultas Hukum Universitas Semarang tentang bagaimana menulis abstrak yang baik, baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris, karena berdasarkan hasil pengamatan awal dari sembilan abstrak yang menjadi pembahasan hanya dua abstrak saja yang bisa dikatakan sesuai dengan format penulisan abstrak. Melalui metode ceramah, diskusi, dan praktik, hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian ini menunjukkan pemahaman mahasiswa dalam menulis abstrak meningkat terutama dalam format penulisan abstrak. Jenis kalimat yang digunakan dalam membuat abstrak pun beragam, mulai dari kalimat sederhana sampai pada kalimat majemuk.

 

Kata Kunci: abstrak, pelatihan, mahasiswa tingkat akhir


Full Text:

PDF

References


DAFTAR REFERENSI

E. Adita Kusumawati dan S. Sugiarsi. 2020. Analisis Penulisan Abstrak Bahasa Inggris pada Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa D3 RMIK STIKes Mitra Husada Karanganyar. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, vol. 8 No. 1 Maret 2020.

M. K. M. Nasution, Cara Menulis Karya Ilmiah , Teknik Penulisan Karya Ilmiah, Bagian 2, Februari 2017.

M. K. M. Nasution, Karya Ilmiah , Teknik Penulisan Karya Ilmiah, Bagian 2, Februari 2017.

Nababan, M. Rudolf. 2003. Aspek Teori Penerjemahan dan Pengalihbahasaan. Surakarta: UNS Press.

Suryawinata, Zuchridin dan Sugeng Haryanto. 1989. Translation: Bahasan Teori dan Penuntun Praktis Penerjemah. Yogyakarta: Kanisius.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v2i1.3144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia