Pelatihan Fotografi Produk Bagi UMKM Kelurahan Gebangsari

Ami Saptiyono, Erika Dwi Setya Watie, Kharisma Ayu Febriana

Abstract


Abstrak

Pesatnya perkembangan media internet, membuat UMKM dituntut untuk semakin kreatif dan inovatif dalam menggunakan media internet serta merancang desain promosi produk mereka, dalam hal ini desain-desain visual berupa foto foto produk yang cukup menarik dan kreatif. Hal ini disebabkan oleh munculnya persaingan yang menonjolkan kreatifitas dan inovasi dalam kegiatan promosi dan pemasaran bagi UMKM   menggunakan media internet sebagai sarana untuk melakukan kegiatan promosi, pemasaran serta transaksi mereka. Kemampuan tersebut, masih sangat jurang dimiliki oleh para anggota UMKM, kususnya UMKM kelurahan Gebangsari, kecamatan Genuk, Kota Semarang. Hal tersebut yang memotivasi tim pelaksana kegiatan masyarakat untuk memberikan pelatihan Fotografi Desain menggunakan peralatan yang ada, terjangkau dan mudah didapatkan serta menghasilkan foto produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka dalam melakukan promosi.

Pelatihan ini dilakukan dengan memberikan materi secara teoritis, yang dilanjutkan dengan praktek lapangan secara langsung, dimana peserta mengaplikasikan pengetahuan terkait fotografi produk yang sudah disampaikan sebelumnya.

Dari pelatihan ini, peserta mendapatkan pengetahuan baru bagaimana membuat foto produk yang menarik menggunakan alat aalat yang sudah mereka miliki.

 

Kata Kunci: fotografi produk, promosi, UMKM

 

 

Abstract

 

Rapid development of internet media requires MSMEs to be more creative and innovative in using internet media and designing promotional designs for their products, both in terms of visual designs in the form of product photos that are quite interesting and creative. This is due to competition which sacrifices creativity and innovation in the promotion and marketing activities of MSMEs using the internet as a means to carry out their promotional, marketing and transaction activities. This ability, is still very gaps in the possession of  MSME members, especially MSME in Gebangsari Village, Genuk District, Semarang City. This is what motivates the community activity implementation team to provide training on "Photography Design" using existing equipment, affordable and easy to get and to produce photos that suit their needs for promotion.

This training is carried out by providing theoretical material, directly, in which participants apply the knowledge about product photography that has been previously conveyed.

From this training, participants gained new knowledge on how to make attractive product photos using the tools they already have.

 

Keywords: product photography, promotion, MSME


Full Text:

PDF

References


Admin. (2020). Pengaruh Foto Yang Berkualitas Untuk Bisnis Online. Smart Web Indo. https://www.smartwebindo.com/pengaruh-foto-yang-berkualitas-untuk-bisnis-online.htm

Bradshaw, P. (2017). online journalism handbook (2nd ed.). Routledge.

Maudhody, A. (2017, September 11). Mengapa Foto Produk di Era Digital Marketing Sangat Penting? Simak Penjelasan Pakar Pemasaran. Banjarmasin Tribunews. https://banjarmasin.tribunnews.com/2017/09/11/mengapa-foto-produk-di-era-digital-marketing-sangat-penting-simak-penjelasan-pakar-pemasaran

Prawira, M. (2019). Pentingnya Foto Produk dalam Berjualan di Zaman Serba Digital. Lifepal. https://lifepal.co.id/media/foto-produk-yang-profesional-dan-ciamik/

Siapera, E., & Veglis, A. (2012). The Handbook of Global Online Journalism. John Wiley & Sons, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v1i2.3033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia