PENELUSURAN MINAT BAKAT DALAM RANGKA PEMANTAPAN IDENTITAS VOKASIONAL

martha kurnia asih, Retno Ristiasih Utami, Yudi Kurniawan

Abstract


Teridentifikasi bahwa masih cukup banyak anak didik yang kurang mengetahui dan memahami keyakinan diri untuk membuat pilihan terkait dengan bidang pekerjaan yang akan ditekuni di masa depan, atau dengan kata lain memiliki identitas vokasional yang rendah, yang pada gilirannya menimbulkan kebingungan harus bagaimana setelah lulus dan seandainya kuliah bingung mengambil jurusan di universitas. Kegiatan pengabdian ini bertujuan melakukan pemeriksaan psikologis berupa tes minat bakat untuk membantu mendapatkan profil kemudian memberikan informasi akurat mengenai minat bakat anak didik.

Pelaksanaan kegiatan terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama adalah menelusuri minat bakat menggunakan software alat tes Student Interest Survey (SIS) dan   alat tes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Tahap kedua adalah mensosialisasikan hasil tes secara personal kepada anak didik.

Sebanyak 14 dari 18 anak didik (78%) berpartisipasi dalam kegiatan ini dan memperoleh informasi akurat mengenai minat bakatnya. Sejumlah 7 partisipan yang menempuh pendidikan SMP menyelesaikan Student Interest Survey (SIS), dan 7 partisipan yang menempuh pendidikan SMA menyelesaikan Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Informasi akurat yang diperoleh anak didik adalah mencakup tentang preferensi bawaan (character talent) dengan deskripsinya, dan alternatif klaster karier yang sesuai bagi anak didik.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alika, 2018, Mendikbud Lihat Lulusan SMK Banyak Mengangur karena masalah Industri, http://katadata.co.id/berita

Brown, Duane dan Srebalus D. J. 1988. An Introduction to the Counseling Profession. Boston: Allyn and Bacon.

Stein and Howard, 2003,Ledakan EQ : 15 Prinsip Dasar Keserdasan Emosional Meraih Sukses, terj. Trinanda Rainy Januarsari dan Yudhi Murtanto, Kaifa, Bandung

Sukmana, 2019,Lulusan Banyak yang Menganggur, Apa salah SMK Kita?, http://ekonomi.kompas.com




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v1i2.2618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia