PELATIHAN PERMAINAN BITE & STEP BAGI GURU DAN TERAPIS SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS

Markus Nanang Irawan, Yudi Kurniawan, Gusti Yuli Asih, Pundani Eki Pratiwi

Abstract


Guru dan terapis mempunyai peran penting dalam pendidikan anak didik berkebutuhan khusus di sekolah. Maka, sebagai bagian dari peran penting tersebut, harus mempunyai keterampilan dan pengetahuan yang baik terutama terkait dalam menangani dan mengembangkan potensi anak didiknya. Sekolah Melana merupakan salah satu sekolah yang memberikan layanan bagi anak didik berkebutuhan khusus, namun demikian sumber daya manusia atau guru dan terapisnya masih banyak yang berlatarbelakang umum sehingga ditengarai bahwa ada kemungkinan metode yang digunakan untuk mengajari, mendidik, melayani, atau menangani anak didiknya kurang maksimal. Tim PkM Fakultas Psikologi USM hadir untuk memberikan bantuan berupa penambahan pengetahuan dan wawasan melalui pelatihan mengenai permainan Bite & Step yang dapat dikembangkan serta digunakan untuk melayani dan mendidik siswa berkebutuhan khusus sehingga dapat meningkatkan kinerja guru dan terapis. Berdasar hasil dan evaluasi pelatihan melalui pre-test dan post-test didapatkan bahwa guru dan terapis mengalami peningkatan yang cukup akan pemahaman bagaimana mengembangkan kinerja sebagai sumber daya manusia serta pengembangan pengetahuan dan wawasan guru. Hal yang menjadi evaluasi adalah meski dari hasil dikatakan cukup meningkat namun belumlah cukup jika dikatakan pasti, hal ini dikarenakan jumlah peserta pelatihan yang sedikit akibat protokol kesehatan di masa pandemic Covid-19 yang harus dipatuhi

 

Kata Kunci: sumber daya, peningkatan, layanan, pelatihan, permainan Bite & Step


Full Text:

PDF

References


Aggarwal. A., & Prusty, B., (2015). Effect of Social Stories on Social Skills of children with Autism Spectrum Disorder. The International Journal of Indian Psychology ISSN 2348-5396 (e) | ISSN: 2349-3429 (p) Volume 2, Issue 4, DIP: B00347V2I42015 http://www.ijip.in | July September, 2015 © 2015 I; licensee IJIP

Davies, M., Cooper, G., Ketller, R.J., Elliot,S.N. (2014). Developing Social Skills of Students With Additional Needs Within the Context of the Australian Curriculum. Australasian Journal of Special Education. Australasian Journal of Special Education / FirstView Article / November 2014, pp 1 19. DOI: 10.1017/jse.2014.9, Published online: 15 July 2014. Available on CJO 2014 doi:10.1017/jse.2014.9

Hasibuan, Malayu S.P, (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Lestari, A.P.K dan Ulfatin, N. (2016). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Berjenjang untuk Meningkatkan Komeptensi Guru PAUD. Manajemen Pendidikan Volume 25, Nomor 1, Maret 2016: 79-87

Mangkunegara, AA, A.P, (2005). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.

Rohmalina. (2015). Pelatihan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD di Kota Cimahi. Jurnal EMPOWERMENT Volume 3, Nomor 1 Februari 2015, ISSN No. 2252-4738

Rusdin. (2017). Pendidikan dan Pelatihan sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Guru di SMP Negeri 02 Linggang Bigung. Jurnal Administrative Reform, Vol. 5, No. 4, Desember 2017 (200-212) ISSN:2337-7542

Susilo, M.N.I.B. & Asih, G.Y. (2019). Latihan Keterampilan Sosial Berkelompok dengan Sarana Permainan Bite & Step untuk meningkatkan keterampilan sosial anak berkebutuhan khusus di sekolah. Modul. Tidak Diterbitkan. LPPM USM- Haki nomor: 000152565




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v1i2.2580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia