PROFIL KEMATANGAN SOSIAL SEBAGAI PERSIAPAN MASUK SEKOLAH DASAR PADA SISWA TK B DI TK ABA 61 SAMPANGAN SEMARANG

Retno Ristiasih Utami, Anindita Nova Ardhani

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengungkap profil kematangan sosial pada siswa TK B ABA 61 Sampangan Semarang sebagai persiapan siswa untuk masuk Sekolah Dasar. Secara khusus kegiatan ini dapat membantu guru dan orangtua siswa untuk memberikan stimulasi bila ternyata kematangan sosial siswa masih perlu ditingkatkan karena saat memasuki sekolah Dasar tidak hanya aspek kecerdasan saja yang harus dipersiapkan tetapi aspek sosial juga perlu mendapat perhatian agar siswa dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki.Kegiatan ini berupa identifikasi menggunakan Vineland Social Maturity Scale (VSMS) untuk siswa TK B yang hasilnya berupa data kuantitatif tentang tingkat kematangan sosial siswa. Berdasarkan hasil tes VSMS diperoleh hasil bahwa dari 19 orang siswa, 8 orang memiliki SQ di atas usia kronologis (42,105 %), 11 orang memiliki SQ sesuai usia kronologis (57,895 %) dan tidak ada siswa yang memiliki SQ di bawah usia kronologisnya sehingga dapat ditarik simpulan bahwa secara sosial siswa siswi TK B ABA 61 Semarang sudah memiliki kesiapan berupa kematangan sosial untuk masuk Sekolah Dasar.

 

Kata kunci : kematangan sosial


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v1i2.1602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia