Penerapan Manajemen Mutu Sesuai Iso 9001:2015 pada Kontraktor Pt. Narendra Putra Dewata
Abstract
Sistem manajemen mutu merupkan suatu tatanan yang menjamin tercapainya tujun dan sasaran-sasaran mutu yang direncanakan. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimanakah penerapan manajemen mutu sesuai ISO 9001:2015 dan faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala dalam penerapan ISO 9001:2015 pada proyek Gedung Kantor Camat Payangan. Dalam upaya mewujudukan aplikasi dilapangaan, maka dilakukan penelitian menegenai penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 pada proyek Gedung Kantor Camat Payangan dimana PT. Narendra Putra Dewata Sebagai kontraktor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, untuk mengetahui penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 maka dilakukan wawancara dan kuesioner dengan personil yang terkait dalam pelaksanaan proyek konstruksi. Penilaian penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 dari klausul 4 sampai klausul 10 ini didapat dengan skor audit dan skala pengukuran variabel menggunakan skala likert. Dari hasil analisis data penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 pada proyek pembangunan Gedung Kantor Camat Payangan didapat presentase rata-rata penilaian penerapan klausul 4 sampai klausul 10 sebesar 87% termasuk dalam kategori sangat baik (81% ≤ skor ≤ 100%). Faktor-faktor yang menjadi kendala penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 adalah komitmen, tenaga kerja, membuat laporan/dokumen, mitra kerja, metode kerja, dan organisasi perusahaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Armistead C and Machin, S, 1997, “Implications of business process management for operations management,” International Journal of Operations & Production Management, p. 886-898
Baldauff et al, 2001, “Examining Business Strategy, Sales Management and Salespersin Antecedents of Sales Organization Effectiveness, Journal of Personal Selling & Sales Management, p. 109-122
Benito, J. Gonzales et al, 1999, “Business Process Reengineering to Total Quality Management,” Business Process Management Journal, p. 345-358
Crismanto, Y. & Noya, S. 2018. Analisis Kesenjangan Terhadap Penerapan Sistem Manajemen Mutu Iso 9001:2015 Pada Cv. Tirta Mangkok Merah. Jurnal Kurawal Teknologi, Informasi, dan Industri , 1(2)
Putra, M. F., dkk. 2021. Pelatihan Awareness Iso 9001:2015 Di Pt Citra Abadi Sejati. Pro Bono Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat;
Patterson, Malcolm G, Michael A. West, dan Toby D. Wall, 2004, Integrated Manufacturing, Empowerment, and Company Performance, Journal of Organizational Behavior, Vol.25
Ramadhany, FF & Supriono. (2017). Analisis Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001-2015 Dalam Menunjang Pemasaran (Studi pada PT Tritama Bina Karya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang (JAB) 53(1)
Seaker R and Waller, A.W, 1996, “Brainstorming : the Common Thread in TQM, Empowerment, Reengineering and Continuous Improvement”, International Journal Quality, p. 24-31
Sethi, Rajesh, 2000, “New Product Quality and Product Development Teams”, Journal of Marketing, Vol. 64, April, pp. 1-14
Schmidt, Warren H dan Jerome P. Finnigan, 1993, TQManager; A Practical Guide for Managing in a Total Quality Organisation, Jossey-Bass Publisher San Fransisco
Tjiptono, Fandy, 1995, Total Quality Management, ANDI, Yoyakarta
Varey, Richard J, 1999, “Internal Marketing: a review and some interdisciplinary research challenges”, International Journal of Service Industry Management, p. 40- 63
Wicaksono, S. P., & Wacono, S. 2021. Analisis Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Terhadap Kinerja Biaya Mutu Pada Proyek UIN Sulthan Thaha Saifudin Jambi. Jurnal Ilmiah Rekayasa Sipil 18(1)
Wibisono dan Hadiwiardjo, B.H. 1996. Memasuki pasar internasional dengan ISO 9000 sistem manajemen mutu. Jakarta: Ghalia Indonesia
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/teknika.v19i1.8913
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.