Analisis Stabilitas Lereng Dengan Dinding Penahan Tanah Menggunakan Perhitungan Manual Dan ASDIP Retain v.4.7.6
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai analisis stabilitas lereng pada Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 1 pada STA 21+725. Perkuatan lereng menggunakan dinding penahan tanah tipe kantilever setinggi 5,1 m dan kelandaian lereng 45°, dengan angka aman >1,5. Perhitungan dilakukan pada kondisi statis dan kondis gempa menggunakan GeoStudio 2012, ASDIP Retain v.4.7.6, dan perhitungan manual. Hasil perhitungan menggunakan GeoStudio 2012 diperoleh angka aman 3,057 untuk kondisi statis dan 1,787 untuk kondisi gempa. Hasil perhitungan menggunakan ASDIP Retain v.4.7.6 diperoleh SF guling 3,02 dan SF geser 5,81. Gaya geser pada ketinggian kritis sebesar 95,3 kN/m dan tahanan geser sebesar 328 kN/m. Hasil perhitungan manual kondisi statis terhadap gaya eksternal diperoleh SF guling 3,034, SF geser 1,921, dan SF daya dukung 14,19. Nilai SF untuk kondisi gempa diperoleh SF guling 2,077, SF geser 1,775, dan SF daya dukung 9,631. Terhadap gaya internal kondisi statis dan kondisi gempa telah memenuhi syarat angka keamanan. Hasil simulasi dengan GeoStudio 2012, ASDIP Retain v.4.7.6, dan perhitungan manual di atas telah sesuai dengan syarat faktor keamanan sesuai SNI 8460:2017.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriyanto, A., Lastiasih, Y., & Mochtar, I. B. (2017). TUGAS AKHIR: ANALISA PERBANDINGAN PERENCANAAN PONDASI TIANG PANCANG MENGGUNAKAN BERBAGAI MACAM METODE PADA PROYEK APARTEMEN THE FRONTAGE SURABAYA. Surabaya: Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Arif, M., & Ilpandari. (2022). The Effect of Excavation Work to Soil Slope Stability. Journal of Civil Engineering and Planning, 3(2), 118-125.
ASDIP RETAIN. (2023). ASDIP RETAIN, User's Manual. Orlando, Florida, USA: ASDIP Structural Software.
Atikah, D., Juwono, P. T., & Hendrawan, A. P. (2017). PENGARUH HUJAN PADA STABILITAS LERENGDI JALAN TOL GEMPOL –PANDAAN. Jurnal Teknik Pengairan, 8(1), 79-88.
Bowles, J. E. (1977). Foundation Analysis and Design. New York: McGraw-Hill, Inc.
GeoStudio. (2021). Stability Modeling with GeoStudio. Calgary, Canada: GEO-SLOPE International Ltd.
Hardiyatmo, H. C. (2011). Analisis dan Perancangan FONDASI I, Edisis kedua. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Haribulan, R., Gosal, P. H., & Karongkong, H. H. (2019). KAJIAN KERENTANAN FISIK BENCANA LONGSOR DI KECAMATAN TOMOHON UTARA. Jurnal Spasial, 6(3), 714-724.
Hartono, J. (2020). ANALISIS PENANGANAN LONGSORAN DENGAN PERKUATAN MINI PILE MENGGUNAKAN SOFWARE PLAXIS V 8.2 PEMBANGUNAN JALAN TOL BALIKPAPAN SAMARINDA. PORTAL Jurnal Teknik Sipil, 12(1), 9-20.
Haryadi, S., & Achmat, W. (2016). Kajian Stabilitas Lereng Timbunan Pada PT Kayan Kaltara Coal Job Site PT Nata Energi Resaurses Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.
Hidayat, R., Wijaya, I. E., & Munir, M. D. (2023). MEKANISME LONGSOR AKIBAT INFILTRASI DARI GENANGAN AIR (STUDI KASUS LONGSOR DI LAHAT, SUMATERA SELATAN). Jurnal Teknik Hidraulik, 14(1), 1-12.
Khoiroh, I. D., Marhendi, T., & Azizi, A. (2013). ANALISIS STABILITAS LERENG JALAN PRUPUK-BUMIAYU KABUPATEN BREBES DENGAN METODE FELLINIUS DAN SLOPE/W. Techno, 14(2), 52-63.
Khuzaifah, E. (2019). Studi Tentang Dinding Penahan Tanah (Retaining Wall). Jurnal Teknik Sipil, 14-17.
Lini Bina Marga. (2017). APLIKASI LINI. Retrieved from Website lini bina marga, Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan: https://lini.binamarga.pu.go.id/
Muchtaranda, I. H., Sulistyowati, T., & Muhajirah. (2022). PENGARUH HUJAN TERHADAP STABILITAS LERENG DENGAN RETAKAN PADA TANAH KOHESIF (Studi Kasus : Tanah Longsor di Desa Guntur Macan Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat). Spektrum Sipil, 9(2), 97-110.
Nuraini, R., & Ismaili, A. F. (2022). Slope Stability Analysis on Railroad Line in Lahat Lubuk Linggau, South Sumatra. International Journal of Engineering, Technologyand NaturalSciences, 4(2), 128-141.
Ramadhan, R. G., Suwarno, & Mochtar, N. E. (2019). Analisis Penyebab Kelongsoran Dan Alternatif Perkuatan Tanah Timbunan Ruas Jalan Tol Batang-Semarang STA 383+100-STA 383+900. JURNAL TEKNIK ITS, 8(2), E84-E92.
Ray, R. L., & De Smedt, F. (2009). Slope stability analysis on a regional scale using GIS: a case study from Dhading, Nepal. Environ Geol, 57, 1603-1611.
Razali, I. H., Taib, A. M., Abd Rahman, N., Hasbollah, D. Z., Md Dan, M. F., Ramli, A. B., & Ibrahim, A. (2023). Slope stability analysis of riverbank in Malaysia with the effects of vegetation. Physics and Chemistry of the Earth, Parts A/B/C, 129, 103334.
Sampouw, B. G., Mandagi, A. T., & Ticoh, J. H. (2019). ANALISIS KESTABILAN LERENG SEBAGAI PERKUATAN DESAIN DINDING MSE PADA RUAS JALAN TOL 2 MANADO - BITUNG STA 9+745 MENGGUNAKAN SOFTWARE SLIDE V.6.005. Jurnal Sipil Statik, 7(12), 1649-1660.
Santoso, D. F., Saputra, R. I., Kusrin, & Situmorang, A. (2022). Analisa Penanganan Longsor Menggunakan Software Geoslope 2012. Studi kasus : Jalan Tol Cikopo–Palimanan (CIPALI) KM 122. Jurnal Proyek Teknik Sipil, 5(1), 37-44.
Setyawan, A. (2017). TUGAS AKHIR: ANALISIS STABILITAS DINDING PENAHAN TANAH MENGGUNAKAN PONDASI CERUCUK KAYU DAN MINIPILE PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN PONCOSARI – GREGES, YOGYAKARTA STA 9 + 350 / 0 + 000. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
SNI 8460:2017. (2017). Persyaratan perancangan geoteknik. Jakarta: Badan Standardisasi Nasional.
Surjandari, N. S., Fitri, S. N., Purwana, Y. M., Prakosa, B. B., Djarwanti, N., Setiawan, B., . . . Saido, A. P. (2021). Slope stability analysis in various Terraces model (case study: Sendangmulyo, Tirtomulyo District, Wonogiri Regency). Journal of Physics: Conference Series. 1858 012005, pp. 1-6. Surakarta, Indonesia: The 7th International Conference on Engineering, Technology, and Industrial Application (ICETIA 2020), IOP Publishing.
Wibowo, H. A., Pratikso, & Sumirin. (2023). Pengaruh Sudut Pemasangan Nail TerhadapStabilisasi Lereng Metode Soil Nailing Di Ruas Jalan Giriwoyo-Glonggong. TEKNIKA, 18(1), 1-11.
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/teknika.v19i1.7855
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.