PENGARUH ARUS DIVERGENT PADA U-TURN TERHADAP KINERJA ARUS LALU LINTAS (STUDI KASUS RUAS JL. A. YANI KM. 35 BANJARBARU)

Dewi Shafitri Arifanti, Iphan Fitrian Radam

Abstract


Arus divergent yang ditimbulkan pada u-turn saat kendaraan melakukan gerakan putar balik dapat mempengaruhi kinerja lalu lintas, terutama pada jam padat. Permasalahan ini juga terjadi pada u-turn ruas Jalan A. Yani Km. 35 Banjarbaru. Oleh karena, itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui sejauh mana pengaruh yang ditimbulkan oleh arus divergent terhadap kinerja lalu lintas. Penelitian dilakukan pada kondisi yang terpengaruh oleh u-turn dan yang tidak terpengaruh oleh u-turn. Dari hasil analisis, model yang terpilih saat u-turn beroperasi secara normal adalah model Underwood dengan hasil Sm = 16,707 km/jam dan FC = 1392,209 smp/jam. Sedangkan model yang terpilih saat u-turn tidak beroperasi (ditutup) adalah model Greenshields dengan hasil Sm = 26,383 km/jam dan FC = 4576,975 smp/jam. Saat terpengaruh oleh u-turn, nilai Sm mengalami penurunan sebesar 36,68% dan nilai FC mengalami penurunan sebesar 69,58%.


Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Bina Marga. 1990. Tata Cara Perencanaan Pemisah Nomor 014/T/BNKT/1990. Jakarta: Direktorat Pembinaan Jalan Kota.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 1992. Tata Cara Perencanaan Persimpangan Sebidang Jalan Perkotaan Nomor 01/T/BNKT/1992. Jakarta: Direktorat Pembinaan Jalan Kota.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta: Direktorat Bina Jalan Kota.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 2005. Pedoman Perencanaan Putaran Balik (U-Turn). Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum.

Gamran, Ririn, Freddy Jansen, dan M. J. Paransa. 2015. Analisa Perbandingan Perhitungan Kapasitas Menggunakan Metode Greenshields, Greenberg, dan Underwood Terhadap Perhitungan Kapasitas Menggunakan Metode MKJI 1997, 3(7). Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Google Inc. 2021. Google Maps: Peta Lokasi Jalan Ahmad Yani Km. 35 Banjarbaru, http://maps.google.com. Diakses pada 23 Desember 2021 pukul 20.30.

Kasan, Muhammad, Mashuri, dan Hilda Listiawati. 2005. Pengaruh U-Turn Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas di Ruas Jalan Kota Palu (Studi Kasus Jl. Moh. Yamin Palu), 3(3). Palu: Universitas Tadulako.

Kasturi, Zul. 2017. Operational Delay at a U-Turn Facilities from Two Locations in Bandung. Bandung: Institut Teknologi Bandung (ITB).

Menteri Perhubungan. 2006. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 14 Tentang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan. Jakarta: Menteri Perhubungan Republik Indonesia.

Menteri Perhubungan. 2015. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 96 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas. Jakarta: Menteri Perhubungan Republik Indonesia.

Radam, Iphan Fitrian. 2008. Bahan Ajar: Rekayasa Lalu Lintas. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat Press.

Radam, Iphan Fitrian, Mulyono, Agus T., dan Setiadji, Bagus H. 2015. Influence of Service Factors in the Model of Public Transport Mode: a Banjarmasin Banjarbaru Route Case Study, 5(2), 108-119. International Journal for Traffic and Transport Engineering.

Republik Indonesia. 2006. Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tentang Jalan. Semarang.

Risdiyanto. 2014. Rekayasa dan Manajemen Lalu Lintas: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: PT Leutika Nouvalitera.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/teknika.v17i2.5303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.