ANALISIS KINERJA JALAN RAYA MRANGGEN (STUDI KASUS DARI DEPAN SPBU BANDUNGREJO SAMPAI DENGAN PASAR BARU MRANGGEN)
DOI:
https://doi.org/10.26623/teknika.v17i1.4641Keywords:
lalulintas, MKJI 1997, tingkat pelayanan jalan, jalan raya Mranggen, kemacetanAbstract
Permasalahan yang berkaitan erat dengan transportasi adalah pertumbuhan penduduk yang selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal tersebut mengakibatkan kegiatan dan mobilisasi penduduk menjadi semakin tinggi dan cepat. Penggunaan ruang jalan yang tidak sebagai mana mestinya dapat menurunkan tingkat pelayanan jalan sehingga terjadi kemacetan. Volume lalulintas pada jam sibuk dalam satu hari digunakan sebagai dasar untuk menganalisa kinerja ruas jalan dan persimpangan yang ada. Penyebab kepadatan lalu lintas pada Jalan Raya Mranggen yaitu pertama nilai (Q) arus lalu lintas menunjukan nilai tinggi yaitu sebesar 2388 smp/jam. Yang kedua nilai hambatan samping yaitu sebesar 849,8. Yang ketiga nilai (C) kapasitas jalan tinggi dan mendekati padat sehingga tidak mampu menampung volume lalulintas yaitu senilai 2697 smp/jam. Yang ke empat yaitu angka (DS) derajat kejenuhan sebesar 0,88 yang mendekati nilai jenuh yaitu 1, sehingga nilai tersebut tidak memenuhi kondisi yang seharusnya. Alternatif yang diusulkan adalah dengan upaya menambah kapasitas jalan dengan lebar 11m dan mengurangi kemacetan yang terjadi akibat mobil parkir di pinggir jalan. Alternatif tersebut memiliki nilai (C) kapasitas sebesar 3886 smp/jam, (Q) arus lalulintas sebesar 2388 smp/jam, sehingga (DS) derajat kejenuhan menjadi 0,61.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.