Abu Arang Sebagai Campuran Beton Dapat Mengurangi Berat

Hani Purwanti, Muhammad Latif, Mudjiastuti Handajani

Abstract


Beton merupakan bagian konstruksi yang sangat penting, konstruksi yang mememiliki kekuatan maksimal dengan berat yang ringan perlu di kembangkan. Tujuan dari kegiatan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penambahan abu arang terhadap berat beton dan kuat tekan beton. Komposisi campuran semen yang akan digantikan dengan abu arang sebesar nol%, lima % dan sepuluh% dengan berat beton dan   kuat tekan beton yang diharapkan memiliki mutu fc=20Mpa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen untuk pengambilan sampel data. Terdapat masing masing 30 (tigapuluh) benda uji di setiap persentase penambahan abu arang. Hasil uji kuat tekan beton dengan rentang usia beton 7 hari, 21 hari dan 28 hari dalam kondisi normal tanpa campuran sebesar   20 Mpa. Kuat tekan beton yang dicampur abu arang sebanyak 5 % sebesar 21 Mpa. Pada beton campuran abu arang 10% sebesar 17 Mpa.   Kesimpulan komposisi penambahan agregat abu arang 5% bisa mengurangi berat beton sebesar 3,6% dengan nilai kuat tekan yang memenuhi.


Keywords


Beton; abu arang; karbit

Full Text:

PDF

References


Dermawan, D., Ashari, M.L. (2016). Studi Pemanfaatan Kelayakan Teknis Pemanfaatan Limbah B3 Sandblasting Terhadap Limbah B3 Sandblasting dan Fly Ash Sebagai Campuran Beton. Seminar Nasional Maritim, Sains dan Teknologi Terapan Vol. 01. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya,Surabaya.

Dewi, N.R., Dermawan, D., Ashari, M.L. (2016). Studi Pemanfaatan Limbah B3 Karbit Dan Fly Ash SebagaiBahan Campuran Beton Siap Pakai (Bsp) (Studi Kasus : Pt. Varia Usaha Beton). Jurnal Presipitasi Vol. 13 No.1

Finnysia, Lita ,dkk.(2018). Identifikasi Potensi Pemanfaatan Limbah Karbit dan Abu Sekam Padi Sebagai Bahan Alternatif Pengganti Semen.Conffrence. Prosiding On Waste Treatment Technology

Malasyi, S.W & Fardansyah. (2014). Analisis Pengaruh Penggunaan Abu Jerami Terhadap Kuat Tekan Beton. Teras Jurnal, Vol.4, No.2. Universitas Malikussaleh.

Metungku N.A,dkk. (2017). Pemurnian dan Karakterisasi Senyawa SiO2 Berbasis Pasir Kuarsa Dari Desa Pendolo Kecamatan Pamona Selatan Kabupaten Poso. Jurnal Gravitasi, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Tadulako Palu. Nomor 1, Vol. 16. Hal. 39-43.

SNI 03-6861.1-2002, Bahan Bangunan Bukan Logam.

SNI 2493-2011, Metode PengujianiBeton.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/teknika.v16i1.3268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.