TINJAUAN KINERJA INLET JALAN UNTUK MENGURANGI GENANGAN AKIBAT LIMPASAN HUJAN
DOI:
https://doi.org/10.26623/teknika.v17i1.3127Keywords:
street inlet, drainase, intensitas, limpasanAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pada saat musim hujan terjadi genangan pada ruas jalan akibat hambatan samping bahu jalan. Tujuan penelitian untuk menentukan nilai intensitas tinggi curah hujan pada jalan, pengujian perbandingan nilai debit limpasan terhadap jumlah street inlet sesuai kondisi di lapangan, pengaruh street inlet terhadap volume ruas jalan pada hambatan batu kerikil, dan nilai koefisien limpasan sesuai daerah aliran.
Dari uji penelitian didapatkan hasil, pengujian intensitas hujan dengan nilai rata-rata 1 lubang inlet adalah 1,87 mm/menit, 2 lubang inlet yaitu 1,90 mm/menit, dan 3 lubang inlet sebesar 2,06 mm/menit. Kemudian hasil analisis debit limpasan menunjukkan debit limpasan pada 1 lubang inlet lebih kecil dari debit limpasan 2 lubang inlet dan 3 lubang inlet. Untuk pengujian volume genangan dengan jumlah 1 lubang inlet terjadi genangan lebih tinggi dari jumlah 2 inlet, sedangkan 3 inlet lebih rendah genangannya. Selanjutnya hasil pengujian koefisien limpasan sesuai ketetapan pada tabel koefisien pengaliran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.