Analisis Dinding Geser pada Desain Bangunan Gedung Bertingkat yang Tidak Beraturan

Trias Widorini, Ngudi Hari Crista, Bambang Purnijanto

Abstract


Pembangunan gedung bertingkat yang tidak simetris atau tidak beraturan harus dirancang menahan beban lateral seperti beban angin dan gempa. Selain itu, bentuk bangunan yang tidak simetris mengakibatkan distribusi massa yang tidak seragam. Pengaruh penempatan dinding geser dan berapa efektif penggunaan dinding geser pada gedung bertingkat tidak beraturan tehadap gaya lateral gempa.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan simpangan horisontal yang terjadi akibat beban gempa pada gedung yang tidak beraturan dengan variasi letak dinding geser. Penelitian membandingkan tiga model struktur yang letak dinding gesernya berbeda. Model 1 adalah struktur yang didesain tanpa dinding geser, model 2 menggunakan dinding geser di tepi, model 3 Menggunakan dinding geser   di lift. Denah bangunan memiliki denah struktur yang tidak simetris. Hal tersebut menyebabkan simpangan horisontal yang terjadi memiliki nilai yang berbeda untuk setiap arah gempa yang terjadi, yaitu gempa arah X dan gempa arah Y.

Berdasarkan hasil analisa pemodelan dengan variasi tata letak dinding geser atau shear wall, dapat ditarik kesimpulan bahwa dinding geser memberikan kontribusi besar terhadap struktur bangunan bertingkat dalam menahan gaya lateral seperti beban gempa dan letak dinding geser pada bangunan bertingkat berpengaruh dalam hal nilai simpangan horisontal.


Keywords


dinding geser; tidak beraturan; simpangan horizontal

Full Text:

PDF

References


Badan Standarisasi Nasional. 2012. Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Bangunan Gedung (SNI 03-1726-2012) . Jakarta.

Batu, Mikael Lumban, dll. 2016. Efisiensi Penggunaan Dinding Geser Untuk Mereduksi Efek Torsi Pada Bangunan Yang Tidak Beraturan . Jurnal. Jurnal Sipil Statik Vol.4. Manado.

Fauzizah, Lilik, dkk. 2013. Pengaruh Penempatan dan Posisi Dinding Geser Terhadap Simpangan Bangunan Beton Bertulang Bertingkat Banyak Akibat Gempa . Jurnal Jurnal Sipil Statik Vol 1

Imran, Iswandi, dkk. 2016. Perencanaan Lanjut Struktur Beton Bertulang . Bandung : ITB Press.

Majore, Bralen O, dll. 2015. Studi Perbandingan Respon Dinamik Bangunan Bertingkat Banyak Dengan Variasi Tata Letak Dinding Geser . Jurnal. Jurnal Sipil Statik Vol.3. Manado

Mc Cormac, J.C. 2003. Desain Beton Bertulang Jilid 2 . Jakarta : Erlangga

Schueller, Wolfgang. 2001. Struktur Bangunan Bertingkat Tinggi . Bandung: Eresco.

Wahyu, Irfan, dkk. 2017. Pengaruh Penambahan Dinding Geser pada Perencanaan Ulang Gedung Fave Hotel Surabaya . Jurnal. Jurnal Rekayasa Teknik Sipil Vol 1




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/teknika.v16i1.2660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.