Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Infrastruktur Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Dengan Metode EUCS-CSI

Authors

  • ANNISA BERLIANA Semarang University Author
  • CHILATUN NAFISAH Semarang University Author
  • MUDJIASTUTI HANDAJANI Semarang University Author
  • AGUS MULDIYANTO Semarang University Author

DOI:

https://doi.org/10.26623/teknika.v19i2.10566

Keywords:

airport infrastructure, customer satisfaction, EUCS, service quality, user experience

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengguna terhadap infrastruktur Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya bandara sebagai infrastruktur vital yang harus memenuhi kebutuhan pengguna dalam kenyamanan dan keamanan. Data dikumpulkan melalui survei terhadap 100 responden dengan kuesioner yang menilai lima dimensi utama EUCS: ketersediaan (content), jumlah (accuracy), kebersihan (format), kemudahan penggunaan (ease of use), dan ketepatan waktu (timeliness). Hasil analisis menunjukkan bahwa infrastruktur bandara sudah memenuhi standar dan pengguna merasa sangat puas (dengan nilai rata-rata 87,03% untuk kelima dimensi utama) dengan infrastruktur bandara, terutama pada fasilitas area tunggu keberangkatan dan kedatangan. Namun, terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, seperti fasilitas parkir dan keamanan. Kesimpulannya, infrastruktur bandara sudah memadai, namun beberapa perbaikan diperlukan untuk meningkatkan kualitas layanan. Penelitian ini berkontribusi dalam memberikan rekomendasi perbaikan infrastruktur bandara dan meningkatkan pengalaman pengguna, yang diharapkan dapat diterapkan di bandara lain.

References

Berita Resmi Statistik No. 27/05/33/Th. XVIII, 2 Mei 2024. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah.

Desi, P. (2022). Penggunaan Model EUCS Untuk Menganalisis Kepuasan Pengguna E-Learning Di MTS N 2 Kota Palembang. Jurnal JTSI Vol. 3 No. 1.

Hatmawan, R. D. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: Penerbit Budi Utama.

Mudjiastuti. (2013). Konsumsi Bahan Bakar Minyak Kota Semarang Dan Kota Surakarta Ditinjau Dari Sistem Transportasi Dan Tipologi Kota. Jurnal Transportasi FSTPT.

Peraturan Menteri Nomor 20 Tahun 2014.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2021. Standarisasi Fasilitas Bandar Udara.

Peraturan Menteri Nomor 41 Tahun 2023.

Peraturan Menteri Nomor 69 Tahun 2013.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 77 Tahun 2015. Standarisasi Dan Sertifikasi Fasilitas Bandar Udara.

Peraturan Menteri Nomor 178 Tahun 2015.

Podeng, R. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Kemudahan Akses Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Jurnal Manajemen Kreatif Dan Inovasi Vol. 1 No. 2.

Sanusi, M. (2018). Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business To Customer. Jurnal Informatika Upgris (JIU).

Waluyo, T. (2022). Analisis Kepuasan Penumpang Terhadap Pelayanan Terminal Keberangkatan Di Bandar Udara Ahmad Yani Semarang. Jurnal Ground Handling Dirgantara Vol. 4 No. 1.

Downloads

Published

2024-11-04

Issue

Section

Articles