KAJIAN IMPLEMENTASI NILAI EMP SEPEDA MOTOR 0.15 BERDASARKAN HASIL PEMODELAN MIKROSIMULASI LALULINTAS UNTUK PERHITUNGAN KINERJA SIMPANG BERSINYAL
DOI:
https://doi.org/10.26623/teknika.v12i2.1617Keywords:
Ekivalen Mobil Penumpang, sepeda motor, MKJI, simpang bersinyal, panjang antrian.Abstract
Abstrak
Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 adalah sebuah produk penelitian yang dibentuk dari hasil analisis data tahun 1994, yang mengacu pada kondisi lalulintas saat itu. MKJI 1997 seharusnya didasarkan pada kondisi arus lalulintas yang relevan. Pada kenyataannya, kondisi tersebut tidak sesuai dengan hasil lapangan, sehingga MKJI 1997 diperlukan suatu revisi. Salah satu subastansi yang direvisi adalah besaran nilai EMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengakaji implementasi hasil peneitian pada EMP sepeda motor pada simpang bersinyal, menggunakan metode simulasi lalulintas dengan bantuan software. Untuk membangun model simulasi lalulintas, diperlukan adanya suatu algoritma program. Angka 0.25 dalam MKJI 1997pada EMP sepeda motor dianggap tidak relevan dengan kondisi yang ada. Jadi diperlukan updating nilai. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan, didapatkan angka 0.15. Angka tersebut diimplementasikan dalam Metode MKJI 1997. Kata kunci : Ekivalen Mobil Penumpang; sepeda motor; MKJI, simpang bersinyal, panjang antrian.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.