ANALISIS PANJANG ANTRIAN BERDASARKAN MIKROSIMULASI PADA SIMPANG BERSINYAL

Authors

  • Iin Irawati Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Semarang
  • Diah Setiati Budiningrum Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26623/teknika.v13i2.1313

Keywords:

queue length, microsimulation, signal intersection, VISSIM

Abstract

Abstract

The accuracy of capacity evaluation at signalized intersections is an important component in planning, design, operations and management of urban road networks. In analysis, a guide or manual is needed that is relevant to existing traffic conditions. One method that can be used to analyze signal intersections is the method of microsimulation. The microsimulation method used is VISSIM simulation. The intersection was chosen as the survey location, namely the Tlogosari - Semarang intersection which has 5 intersection arms. From the results of the analysis obtained the queue length 177.98,180.25, 179.34,180.47 meters.

Keywords: queue length, microsimulation, signal intersection, VISSIM

Abstrak

Ketepatan evaluasi kapasitas pada simpang bersinyal merupakan komponen penting dalam perencanaan, desain, operasional serta manajemen terhadap jaringan jalan perkotaan .Dalam analisis dibutuhkan suatu pedoman atau manual yang relevan dengan kondisi lalulintas yang ada. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menganalisis simpang bersinyal adalah metode mikrosimulasi. Metode mikrosimulasi yang digunakan adalah dengan simulasi VISSIM. Simpang terpilih sebagai lokasi survei yaitu simpang Tlogosari Semarang yang memiliki 5 lengan simpang. Dari hasil analisis diperoleh panjang antrian 177.98,180.25, 179.34,180.47 meter.

Kata kunci; panjang antrian, mikrosimulasi, simpang bersinyal, VISSIM

Author Biographies

  • Iin Irawati, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Semarang
    Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Semarang
  • Diah Setiati Budiningrum, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Semarang
    Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Semarang

References

Bina Marga, 1997, Manual Kapasitas Jalan di Indonesia, Dinas Pekerjaan Umum.

Beaulieu, M., Davis, K., Kieinger, D., Mizuza, K., Wright, D. dan Sanderson, A., 2007, A Guide to Documenting VISSIM Based Microscopic Traffic Simulation Models, Washington State Transportation Centre, University of Washington, Juni 2007.

Andriyanto, A., 2012, Simulasi Antrian Pintu Tol Dengan Menggunakan Pemrograman Komputer (Studi Kasus Pintu Tol Cililitan), Tesis Program Studi Magister Sistem dan Teknik Transportasi Jurusan Ilmu Ilmu Teknik Program Studi, Universitas Gadjah Mada, 2012.

Kusnandar, E., 2009, Pengkinian Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Jurnal Jalan dan Jembatan, Vol.26, No.2, September 2009, Page 182 192.

Siemens., 2012, Microschopic Traffic Simulation with VISSIM, Simulation of Multimodal Traffic Flow Made Easy.

Downloads

Published

2018-10-23

Issue

Section

Articles
Abstract views: 889 ,