Analisis Performa Jalan Dengan Menggunakan Metode Pada Kawasan Pecinan Pati Sebagai Pengaruh Restrukturisasi Pasar Rogowangsan

Authors

  • iin irawati Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26623/teknika.v12i1.1185

Keywords:

Performance, Level of Service, Degree of Saturation

Abstract

Abstract

Transportation is the lifeblood of providing distribution service activities in supporting community activities, both within the city and in the wider region. If there is no balance between structuring land use with the existing transportation system, it will cause an urban problem, one of which is traffic congestion. One factor in traffic congestion is the renovation or restructuring of traditional markets into modern markets. One study of the area affected by the restructuring of the traditional market (Rogowangsan market) became a modern market is the Chinatown in the city of Pati. The method used to analyze the performance of the road is the IHCM method, with a performance indicator in the form of Level of Service (LOS). From the resulting analysis obtained DS value = 0.67 and performance is at LOS C.

 

Abstrak

Transportasi merupakan urat nadi dalam memberikan kegiatan pelayanan jasa distribusi dalam menunjang usaha-usaha kegiatan masyarakat, baik di dalam kota maupun di wilayah yang lebih luas. Apabila tidak ada keseimbangan antara penataan tata guna lahan dengan sistem transportasi yang ada, maka akan menimbulkan suatu permasalahan perkotaan, salah satunya adalah kemacetan lalulintas. Salah satu faktor kemacetan lalulintas adalah adanya renovasi atau restrukturisasi pasar tradisional menjadi pasar modern. Salah satu kajian wilayah yang terkena dampak dari restrukturisasi pasar tradisional (pasar Rogowangsan) menjadi pasar modern adalah wilayah Pecinan di kota Pati. Metode yang digunakan untuk menganalisis performa ruas jalan adalah dengan metode MKJI 1997, dengan indikator performa berupa Level of Service (LOS). Dari analisis yang dihasilkan diperoleh nilai DS = 0.67 dan performa berada pada LOS C.

 

Author Biography

  • iin irawati, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Semarang
    Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Semarang

References

Cahyono, T., ( 2014 ), Analisis Dampak Lalulintas, 2014

Departemen Pekerjaan Umum. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat Jenderal BinaMarga, Jakarta.

Gea, M.S.A., & Harianto, J., (2013), Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat Parkir Pada Badan Jalan (Studi Kasus: Pasar dan Pertokoan di Jalan Besar Delitua), Jurnal Dipublikasikan, Universitas Sumatera Utara.

Ofyar, Z., T., (1997), Perencanaan dan Pemodelan Transportasi.

Syahrizal, R, M., Rauf, S., Pasra, M., (2012), Pemetaan Perkembangan Tata Guna Lahan pada Jalan Tol Kota Makasar, Jurnal Penelitian Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasannuddin Makasar.

Downloads

Published

2017-03-23

Issue

Section

Articles
Abstract views: 577 ,