Kajian Teknis Kerusakan Jembatan Dondang Kalimantan Timur

Authors

  • Fauzi Auliarahman Politeknik Negeri Samarinda
  • Muhammad Ridwan Politeknik Negeri Samarinda
  • Sahrullah Politeknik Negeri Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.26623/h91snj83

Keywords:

Jembatan, Defleksi

Abstract

Jembatan Dondang merupakan jembatan yang melintas di atas Sungai Dondang yang masuk dalam wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara. Jembatan ini mengalami kerusakan akibat tertabrak oleh kapal tongkang batu bara yang menyebabkan salah satu pilarnya mengalami kerusakan. Perbaikan dilakukan setelah perhitungan kekuatan struktur secara menyeluruh termasuk analisa kerusakan pada pondasi. Dari hasil perhitungan tersebut disimpulkan bahwa struktur masih dalam kondisi aman, terlihat dari pengujian dinamik struktur antar bentang untuk mengetahui lendutan yang terjadi dengan hasil berupa respon dinamik, dari hasil tersebut diketahui bahwa lendutan masih dalam kondisi yang aman. sedangkan pondasi perlu dilakukan penambahan tiang untuk mengganti tiang yang mengalami kerusakan. Dari hasil analisa diketahui penambahan tiang sebanyak 6 titik tiang pancang diameter 60 cm (hulu dan hilir), akibat penambahan titik pancang, maka diperlukan penambahan (extend) pile cap.  

References

Abdarraafi, F. D., & Siregar, C. A. (2022). Perencanaan Pondasi Bored Pile dengan menggunakan Software Group Pile Berdasarkan Data SPT (Studi Kasus Pembangunan Jembatan Tendeki Ruas Jalan Tol Manado - Bitung Seksi II). Sistem Infrastruktur Teknik Sipil (SIMTEKS), 2(2), 225-267.

Ardiyanti, R., Hasrul, M. R., Rahman, M. J., Muddin, M. A. K., & Yususf, F. A. (2023). Perbandingan daya dukung tiang pancang dengan metode empiris (standard penetration test) Mayerhof, Terzaghi, dan Vesic. TEKNOSAINS, 17(3), 227-283.

Auliarahman, F., Ridwan, M., & Sahrullah, S. (2023). Kajian Teknis Kerusakan Jembatan Dondang Kalimantan Timur. Teknika, 18(2), 161-167.

Bowles, J. E. (1997). Foundation Analysis and Design. Singapore: The McGraw-Hill Companies.

Bowles, J.E. (1993). Analisa dan desain Pondasi. Edisi Keempat Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Budiaris, A. (2021). Pilar Bergeser, Jalan Retak, Jembatan Dondang Rusak Cukup Parah setelah Kembali Ditabrak Tongkang. (https://kaltimkece.id/warta/pilar-bergeser-jalan-retak-jembatan-dondang-rusak-cukup-parah-setelah-kembali-ditabrak-tongkang, diakses 27 September 2023).

Dewaji, B. R. (2023). Analisa Kapasitas Daya Dukung dan Penurunan Struktur Pondasi pada Proyek Jembatan Glapan di Kabupaten Grobogan. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil. Semarang: Universitas Semarang.

Efendi, A. W. (2022). Behavior Analysis of Forensic Audit Results at Pier 3 Mahakam Bridge. PANRITA Journal of Science, Technology, and Arts, 1(2), 23-30.

Efendi, I. A. W. (2022). Behavior Analysis of Forensic Audit Results at Pier 3 Mahakam Bridge. PANRITA: Journal of Science, Technology, and Arts, 1(2), 23-30.

Fajarsari, E. J., & Sukirman, E. (2022). Perbandingan Daya Dukung Dan Penurunan Pondasi Tiang Berdasarkan Bentuk Dengan Variasi Dimensi. UG Journal, 16(01), 42-52.

Fatkhurrozi, M., Ridlwan, A., & Auraji, A. (2021). Kajian Penurunan Tiang Jembatan dengan Interaksi Struktur - Tanah. JIPAD, 1(2), 32-36.

Fausta, R., Firmansyah, M. F., & Darjanto, H. (2020). Studi Daya Dukung Pondasi Tiang pada Tanah Lempung Teguh berdasarkan Pembebanan Kepala Tiang dan Pergerakan Ujung Tiang Metode T-Z. Ge-STRAM, 03(02), 88-93.

Hadimulyono, M. B., (2015). Surat Edaran Nomor 12/SE/M/2015 tentang Pedoman Penentuan Beban Impak Bangunan Pelindung Pilar Jembatan. Jakarta: Kemeterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Hanata, P. T., (2021). Laporan Investigasi dan Analisa Jembatan Struktur Jembatan Dondang Kalimantan Timur. Samarinda.

Downloads

Published

2025-04-08

Issue

Section

Articles