Kajian Teknis Kerusakan Jembatan Dondang Kalimantan Timur
DOI:
https://doi.org/10.26623/h91snj83Keywords:
Jembatan, DefleksiAbstract
Jembatan Dondang merupakan jembatan yang melintas di atas Sungai Dondang yang masuk dalam wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara. Jembatan ini mengalami kerusakan akibat tertabrak oleh kapal tongkang batu bara yang menyebabkan salah satu pilarnya mengalami kerusakan. Perbaikan dilakukan setelah perhitungan kekuatan struktur secara menyeluruh termasuk analisa kerusakan pada pondasi. Dari hasil perhitungan tersebut disimpulkan bahwa struktur masih dalam kondisi aman, terlihat dari pengujian dinamik struktur antar bentang untuk mengetahui lendutan yang terjadi dengan hasil berupa respon dinamik, dari hasil tersebut diketahui bahwa lendutan masih dalam kondisi yang aman. sedangkan pondasi perlu dilakukan penambahan tiang untuk mengganti tiang yang mengalami kerusakan. Dari hasil analisa diketahui penambahan tiang sebanyak 6 titik tiang pancang diameter 60 cm (hulu dan hilir), akibat penambahan titik pancang, maka diperlukan penambahan (extend) pile cap.
References
Abdarraafi, F. D., & Siregar, C. A. (2022). Perencanaan Pondasi Bored Pile dengan menggunakan Software Group Pile Berdasarkan Data SPT (Studi Kasus Pembangunan Jembatan Tendeki Ruas Jalan Tol Manado - Bitung Seksi II). Sistem Infrastruktur Teknik Sipil (SIMTEKS), 2(2), 225-267.
Ardiyanti, R., Hasrul, M. R., Rahman, M. J., Muddin, M. A. K., & Yususf, F. A. (2023). Perbandingan daya dukung tiang pancang dengan metode empiris (standard penetration test) Mayerhof, Terzaghi, dan Vesic. TEKNOSAINS, 17(3), 227-283.
Auliarahman, F., Ridwan, M., & Sahrullah, S. (2023). Kajian Teknis Kerusakan Jembatan Dondang Kalimantan Timur. Teknika, 18(2), 161-167.
Bowles, J. E. (1997). Foundation Analysis and Design. Singapore: The McGraw-Hill Companies.
Bowles, J.E. (1993). Analisa dan desain Pondasi. Edisi Keempat Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Budiaris, A. (2021). Pilar Bergeser, Jalan Retak, Jembatan Dondang Rusak Cukup Parah setelah Kembali Ditabrak Tongkang. (https://kaltimkece.id/warta/pilar-bergeser-jalan-retak-jembatan-dondang-rusak-cukup-parah-setelah-kembali-ditabrak-tongkang, diakses 27 September 2023).
Dewaji, B. R. (2023). Analisa Kapasitas Daya Dukung dan Penurunan Struktur Pondasi pada Proyek Jembatan Glapan di Kabupaten Grobogan. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil. Semarang: Universitas Semarang.
Efendi, A. W. (2022). Behavior Analysis of Forensic Audit Results at Pier 3 Mahakam Bridge. PANRITA Journal of Science, Technology, and Arts, 1(2), 23-30.
Efendi, I. A. W. (2022). Behavior Analysis of Forensic Audit Results at Pier 3 Mahakam Bridge. PANRITA: Journal of Science, Technology, and Arts, 1(2), 23-30.
Fajarsari, E. J., & Sukirman, E. (2022). Perbandingan Daya Dukung Dan Penurunan Pondasi Tiang Berdasarkan Bentuk Dengan Variasi Dimensi. UG Journal, 16(01), 42-52.
Fatkhurrozi, M., Ridlwan, A., & Auraji, A. (2021). Kajian Penurunan Tiang Jembatan dengan Interaksi Struktur - Tanah. JIPAD, 1(2), 32-36.
Fausta, R., Firmansyah, M. F., & Darjanto, H. (2020). Studi Daya Dukung Pondasi Tiang pada Tanah Lempung Teguh berdasarkan Pembebanan Kepala Tiang dan Pergerakan Ujung Tiang Metode T-Z. Ge-STRAM, 03(02), 88-93.
Hadimulyono, M. B., (2015). Surat Edaran Nomor 12/SE/M/2015 tentang Pedoman Penentuan Beban Impak Bangunan Pelindung Pilar Jembatan. Jakarta: Kemeterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
Hanata, P. T., (2021). Laporan Investigasi dan Analisa Jembatan Struktur Jembatan Dondang Kalimantan Timur. Samarinda.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.