Analisis Parkir dan Manajemen Rekayasa Lalu Lintas pada Pasar Mranggen Kab. Demak untuk Mengatasi Kemacetan di Ruas Jalan Semarang-Godong
DOI:
https://doi.org/10.26623/8ctk2489Keywords:
Intersection performance, parking, trafficAbstract
Kawasan Pasar Mranggen, Kab. Demak merupakan salah satu daerah yang berada pada salah satu ruas jalan provinsi dengan kepadatan arus lalu lintas yang cukup tinggi. Kemacetan yang terjadi pada kawasan tersebut juga diakibatkan karena aktifitas pasar dan kendaraan yang berhenti di sekitar kawasan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik lalu lintas yang ada di kawasan Pasar Mranggen, mengetahui sirkulasi simpang, dan mengetahui karakteristik parkir eksisting serta kebutuhan lahan parkir. Penelitian ini menggunakan metode MKJ1 1997 dan Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir 1996. Dari hasil analisa didapat hasil untuk ruas Jl. Semarang-Godong volume lalu lintas tertinggi pada hari Senin dengan 3013 smp/jam dan Derajat Kejenuhan 1,85 dengan tingkat pelayanan F yang berarti arus yang terhambat,kecepatan rendah,dan sering terjadi kemacetan. Untuk kinerja simpang di kawasan Pasar Mranggen volume tertinggi pada hari Kamis dengan 1228 smp/jam dan Derajat Kejenuhan 1,56 dengan tingkat pelayanan F yang berarti berkecepatan lambat, hambatan besar dan kemacetan arus. Untuk lahan parkir off street untuk mobil (3 SRP < 20 SRP), untuk motor (102 SRP<500 SRP). Untuk lahan on street (2 SRP < 10 SRP). Jadi, kebutuhan ruang parkir baik untuk lahan off street maupun lahan on street sudah terpenuhi karena lebih kecil daripada ruang parkir yang ada.References
Abubakar, dkk. (1998). Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Dit.BSLLAK Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta.
Darat, D. J. P. (1996). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir.
Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. In Departemen Pekerjaan Umum, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia” (Pp. 1–573)., 1–573.
Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. (1996). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir.1(1). Https://Doi.Org/10.36055/Jft.V1i1.2000.
Gea, M. S. A. dan H. J. (2011). Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat Parkir Pada Badan Jalan (Studi Kasus : Pasar dan Pertokoan Jalan Beasar Delitua). Jurnal Teknik Sipil, Vol.2 No. 3, Desember 2011.
Giovany, & Elisa, S. (2019). Pengaruh Parkir di Badan Jalan (On Street Parking) Terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Surya Kencana Simpang Pasar Bogor – Simpang Gg. Aut). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Teknik Sipil. Universitas Pakuan.
Giovany, S. E. (2019). Pengaruh Parkir di Badan Jalan (On Street Parking) Terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Surya Kencana Simpang Pasar Bogor – Simpang Gg. Aut). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Teknik Sipil. Universitas Pakuan.
Hoobs, F. D. (1995). Perencanaan dan teknik Lalu Lintas. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.
Khisty, C. J. , & L. B. K. (2005). Transportation Engineering an Introduction 3rd Edition Terj. Fidel Miro. Onesearch.Id by Perpusnas. Erlangga.
Marga., D. J. B. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). In Departemen Pekerjaan Umum, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia.”
Morlok, E. K. (1988). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Erlangga, Jakarta.
Morlok, E. K. (1991). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Erlangga, Jakarta.
Oglesby, C. H. H. R. G. (1988). Teknik Jalan Raya Jilid I. Erlangga. Jakarta.
Provinsi Jawa Tengah. (2023). Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 622/2 Tahun 2023 Penetapan Ruas Jalan Menurut Statusnya Sebagai Jalan Provinsi Di Provinsi Jawa Tengah. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah: Semarang. Diambil Dari Https://Jdih.Jatengprov.Go.Id/Inventarisasi-Hukum/Detail/Kepgub_622-2-2023_th_2023.
Setijowarno.D dan R.B Frazila. (2001). Pengantar Sistem Transportasi. Unika Soegijapranata:Bendan Duwur, Semarang.
Suwardi. (2010). Pengaruh Parkir di Badan Jalan Terhadap Lalu Lintas di Ruas Jalan Purwosari-Gladag Surakarta. Jurnal Teknik Sipil Vol 7 No. 2, 2010, 1–14.
Tamin, O. Z. (1988). Perencanaan & Pemodelan. Institut Teknologi Bandung.
Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan & Pemodelan. Institut Teknologi Bandung.
Warpani, S. (2002). Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bhatara Karya Aksara, Jakarta.
Winayati. (2019). Analisis Kebutuhan Areal Parkir Gedung Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning. Jurnal Teknik Sipil. Universitas Lancang Kuning.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.