Menuju Mobilitas Berkelanjutan: Evaluasi Kinerja Pelayanan Feeder BRT 1B da 4B Semarang

Authors

  • Agnesia Putri Kurnianingtyas [SINTA ID : 6692890] Universitas Semarang, Indonesia
  • Imam Rofi'i Universitas Semarang
  • Tiasa Adimagistra [SINTA ID: 6704866] Universitas Semarang
  • Rizqy Ridho Prakasa [SINTA ID : 6717232] Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.26623/2p65rj71

Keywords:

Transportation, Feeder, Service Quality, Community Preference, Customer Satisfaction, Performance Analyse

Abstract

22 Desember 2008 pemerintah menetapkan secara resmi angkutan massal untuk menanggulangi kemacetan yaitu dengan adanya BRT Trans Semarang yang kemudian beroperasi tahun 2010. Seiring berjalannya waktu, BRT Trans Semarang tidak mampu melayani rute-rute yang berada di perkampungan yang belum terhubung dengan angkutan masal lainnya, maka dari itu pemerintah melakukan pengembangan transportasi yang saling terhubung permukiman yang tidak dapat dijangkau oleh transportasi sehingga terciptanya Angkutan Pengumpan (Feeder) BRT Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pelayanan feeder dengan metode kuantitatif. Data didapatkan dengan cara observasi lapangan dan penyebaran kuesioner. Evaluasi dilakukan dengan melakukan analisis kinerja pelayanan angkutan umum, analisis kepuasan pengguna dengan metode CSI dan analisis prioritas peningkatan pelayanan dengan metode IPA.  Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja pelayanan feeder berada pada kategori sedang. Sedangkan kepuasan pengguna feeder sebesar 86% dan termasuk kategori sangat puas. Terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatan performanya untuk meningkatkan layanan feeder, yaitu kemudahan mendapatkan tempat duduk, inisiatif penyedia jasa, kepercayaan penumpang terhadap penyedia jasa, kenyamanan armada, keramahan pengemudi, dan ketanggapan pengemudi saat ada masalah.

Author Biographies

  • Agnesia Putri Kurnianingtyas, [SINTA ID : 6692890] Universitas Semarang, Indonesia
    Urban and Regional Planning University of Semarang
  • Imam Rofi'i, Universitas Semarang
    Universitas Semarang
  • Tiasa Adimagistra, [SINTA ID: 6704866] Universitas Semarang

    Perencanaan Wilayah dan Kota

    Universitas Semarang

  • Rizqy Ridho Prakasa, [SINTA ID : 6717232] Universitas Riau
    Universitas Riau

References

Amal, A. S., Arfintana, S. K., & Abadi, K. (2021). Analisa Kinerja Angkutan Umum Penumpang Perkotaan Ditinjau Dari Tingkat Pelayanan di Kota Tuban. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2), 885-891.

Azali, I., Gunanto, E. Y., & SBM, N. (2018). Preferensi Konsumen Terhadap Transportasi Publik (Studi Kasus Bus Rapid Transit (BRT) Kota Semarang). Media Ekonomi dan Manajemen, 33(1), 86-98. doi:http://dx.doi.org/10.24856/mem.v33i1.617

BPS Provinsi Jawa Tengah. (2022). Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Kabupaten/Kota dan Jenis Kendaraan di Provinsi Jawa Tengah (Unit), 2020-2021. Dipetik Februari 24, 2024, dari https://jateng.bps.go.id/indicator/17/1006/ 1/jumlah-kendaraan-bermotor-menurutkabupaten-kota-dan-jenis-kendaraan-diprovinsi-jawa-tengah.html

Direktur Jenderal Perhubungan Darat. (2002). Pedoman Teknis Penyelenggraan Angkutan Penumpang Umum Diwilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur. Jakarta: Direktur Jenderal Perhubungan Darat.

Faisal, R., Mutiawati, C., & Salmannur, A. (2020). ANALISIS KINERJAANGKUTAN KOTA DALAM PROVINSI DI PROVINSI ACEH BERDASARKAN PENDEKATAN LOAD FACTOR. OCATECH: Vocational Education and Technology Journal, 1(2), 37-43. doi:10.38038/vocatech.v1i2.20

Intitute for Transportation and Development Planning. (2020). Pedoman Integrasi Antarmoda. Intitute for Transportation and Development Planning. Retrieved from https://itdp-indonesia.org/wp-content/uploads/2020/03/Pedoman-Integrasi-Antarmoda.pdf

Kurnianingtyas, A. P., Mardliyah, A., & Fauzizah, K. L. (2020). ANALISA KINERJA BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANS SEMARANG KORIDOR II TERMINAL TERBOYO-TERMINAL SISEMUT. IJSP: Indonesian Journal of Spatial Planning, 1(2), 63-71.

Maulita, D., Widyastuti, H., & Herijanto, W. (2015). ANALISIS KINERJA ANGKUTAN UMUM LYN O RUTE KEPUTIHJEMBATAN MERAH KOTA SURABAYA. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Prasarana Wilayah (ATPW). Surabaya.

Mutiawati, C. (2015). Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Jalan Raya. Deepublish.

Pakiding, A. E., & Murti, F. S. (2024). ANALISIS KINERJA ANGKUTAN UMUM DI KAWASAN KAMPUS. STABILITA: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 12(1), 17-23. doi:http://dx.doi.org/10.55679/jts.v12i1.47058

Prakasa, R. R., Adiman, E. Y., Audah, S., & Putra, B. H. (2024). Penataan Kawasan Terminal AKAP BRPS Golongan Terminal Type A Berbasis Transit Oriented Development (TOD) Sebagai Upaya Pengembangan Sistem Angkutan Massal di Provinsi Riau. Teknika, 19(1), 83-91.

Purwanto, D., & Ismiyati. (2014). Pengelolaan Transportasi Berwawasan Lingkungan Sebagai Dampak Perkembangan Perkotaan Tak Terkendali (Studi Kasus Kota Semarang). Media Komunikasi Teknik Sipil , 20(1), 93-101.

Rakhmatulloh, A. R., Febrian, M. N., Susetyarto, M. B., & Dewi, D. I. (2021). The Impact of Bus Trans Semarang Route to Land Prices And Urban Land Sustainability. Journal of Urban and Environmental Engineerin, 15(2), 126-138.

Sabilla, R. A., & Herman. (2022). KKepuasan Penumpang terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Kereta Api di Stasiun Bandung selama Pandemi Covid-19 dengan Metode IPAdan CSI. Journal of Sustainable Construction, 2(1), 1-12.

Sismanto, A. (2018). Pertumbuhan Jalan Tak Sebanding, Kemacetan Ancam Semarang. Retrieved Febriari 29, 2024, from Sindonews: https://daerah.sindonews.com/berita/1290647/22/pertumbuhan-jalan-tak-sebanding-kemacetan-ancam-semarang

Downloads

Published

2025-04-05

Issue

Section

Articles