Menuju Mobilitas Berkelanjutan: Evaluasi Kinerja Pelayanan Feeder BRT 1B da 4B Semarang
DOI:
https://doi.org/10.26623/2p65rj71Keywords:
Transportation, Feeder, Service Quality, Community Preference, Customer Satisfaction, Performance AnalyseAbstract
22 Desember 2008 pemerintah menetapkan secara resmi angkutan massal untuk menanggulangi kemacetan yaitu dengan adanya BRT Trans Semarang yang kemudian beroperasi tahun 2010. Seiring berjalannya waktu, BRT Trans Semarang tidak mampu melayani rute-rute yang berada di perkampungan yang belum terhubung dengan angkutan masal lainnya, maka dari itu pemerintah melakukan pengembangan transportasi yang saling terhubung permukiman yang tidak dapat dijangkau oleh transportasi sehingga terciptanya Angkutan Pengumpan (Feeder) BRT Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pelayanan feeder dengan metode kuantitatif. Data didapatkan dengan cara observasi lapangan dan penyebaran kuesioner. Evaluasi dilakukan dengan melakukan analisis kinerja pelayanan angkutan umum, analisis kepuasan pengguna dengan metode CSI dan analisis prioritas peningkatan pelayanan dengan metode IPA. Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja pelayanan feeder berada pada kategori sedang. Sedangkan kepuasan pengguna feeder sebesar 86% dan termasuk kategori sangat puas. Terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatan performanya untuk meningkatkan layanan feeder, yaitu kemudahan mendapatkan tempat duduk, inisiatif penyedia jasa, kepercayaan penumpang terhadap penyedia jasa, kenyamanan armada, keramahan pengemudi, dan ketanggapan pengemudi saat ada masalah.
References
Amal, A. S., Arfintana, S. K., & Abadi, K. (2021). Analisa Kinerja Angkutan Umum Penumpang Perkotaan Ditinjau Dari Tingkat Pelayanan di Kota Tuban. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2), 885-891.
Azali, I., Gunanto, E. Y., & SBM, N. (2018). Preferensi Konsumen Terhadap Transportasi Publik (Studi Kasus Bus Rapid Transit (BRT) Kota Semarang). Media Ekonomi dan Manajemen, 33(1), 86-98. doi:http://dx.doi.org/10.24856/mem.v33i1.617
BPS Provinsi Jawa Tengah. (2022). Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Kabupaten/Kota dan Jenis Kendaraan di Provinsi Jawa Tengah (Unit), 2020-2021. Dipetik Februari 24, 2024, dari https://jateng.bps.go.id/indicator/17/1006/ 1/jumlah-kendaraan-bermotor-menurutkabupaten-kota-dan-jenis-kendaraan-diprovinsi-jawa-tengah.html
Direktur Jenderal Perhubungan Darat. (2002). Pedoman Teknis Penyelenggraan Angkutan Penumpang Umum Diwilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur. Jakarta: Direktur Jenderal Perhubungan Darat.
Faisal, R., Mutiawati, C., & Salmannur, A. (2020). ANALISIS KINERJAANGKUTAN KOTA DALAM PROVINSI DI PROVINSI ACEH BERDASARKAN PENDEKATAN LOAD FACTOR. OCATECH: Vocational Education and Technology Journal, 1(2), 37-43. doi:10.38038/vocatech.v1i2.20
Intitute for Transportation and Development Planning. (2020). Pedoman Integrasi Antarmoda. Intitute for Transportation and Development Planning. Retrieved from https://itdp-indonesia.org/wp-content/uploads/2020/03/Pedoman-Integrasi-Antarmoda.pdf
Kurnianingtyas, A. P., Mardliyah, A., & Fauzizah, K. L. (2020). ANALISA KINERJA BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANS SEMARANG KORIDOR II TERMINAL TERBOYO-TERMINAL SISEMUT. IJSP: Indonesian Journal of Spatial Planning, 1(2), 63-71.
Maulita, D., Widyastuti, H., & Herijanto, W. (2015). ANALISIS KINERJA ANGKUTAN UMUM LYN O RUTE KEPUTIHJEMBATAN MERAH KOTA SURABAYA. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Prasarana Wilayah (ATPW). Surabaya.
Mutiawati, C. (2015). Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Jalan Raya. Deepublish.
Pakiding, A. E., & Murti, F. S. (2024). ANALISIS KINERJA ANGKUTAN UMUM DI KAWASAN KAMPUS. STABILITA: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 12(1), 17-23. doi:http://dx.doi.org/10.55679/jts.v12i1.47058
Prakasa, R. R., Adiman, E. Y., Audah, S., & Putra, B. H. (2024). Penataan Kawasan Terminal AKAP BRPS Golongan Terminal Type A Berbasis Transit Oriented Development (TOD) Sebagai Upaya Pengembangan Sistem Angkutan Massal di Provinsi Riau. Teknika, 19(1), 83-91.
Purwanto, D., & Ismiyati. (2014). Pengelolaan Transportasi Berwawasan Lingkungan Sebagai Dampak Perkembangan Perkotaan Tak Terkendali (Studi Kasus Kota Semarang). Media Komunikasi Teknik Sipil , 20(1), 93-101.
Rakhmatulloh, A. R., Febrian, M. N., Susetyarto, M. B., & Dewi, D. I. (2021). The Impact of Bus Trans Semarang Route to Land Prices And Urban Land Sustainability. Journal of Urban and Environmental Engineerin, 15(2), 126-138.
Sabilla, R. A., & Herman. (2022). KKepuasan Penumpang terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Kereta Api di Stasiun Bandung selama Pandemi Covid-19 dengan Metode IPAdan CSI. Journal of Sustainable Construction, 2(1), 1-12.
Sismanto, A. (2018). Pertumbuhan Jalan Tak Sebanding, Kemacetan Ancam Semarang. Retrieved Febriari 29, 2024, from Sindonews: https://daerah.sindonews.com/berita/1290647/22/pertumbuhan-jalan-tak-sebanding-kemacetan-ancam-semarang
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.