PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN COUNTER HANDPHONE

Andhy Tri Adriyanto, Muhammad Fikrie Fauzi

Abstract


Smartphone tidak lagi dipandang sebagai barang mewah, gaya hidup masyarakat modern ini membuat smartphone menjadi salah satu kebutuhan untuk berkomunikasi sehingga pertumbuhan bisnis counter handphone semakin ketat khususnya di kota semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, kualitas produk, dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan pada counter handphone Bintang Mas Seluler Semarang.

Jenis penelitian ini adalah Explanatory Research yaitu penelitian berdasarkan hubungan kausalitas antar variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Bintang Mas Seluler Semarang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non random sampling dengan metode purposive sampling dengan berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Jenis data menggunakan data primer dan sekunder, primer yaitu kuesioner, wawancara dan sekunder yaitu jurnal, buku yang terkait. Pada penelitian ini menggunakan program SPSS versi 26.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kualitas layanan, kualitas produk dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Bintang Mas Seluler Semarang dari ketiga variabel bebas tersebut nilai koefisien yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah variabel persepsi harga, pelanggan menilai persepsi harga yang ditawarkan oleh Bintang Mas Seluler Semarang baik. Penelitian ini memiliki nilai koefisien determinasi sebesar 83,1%, sedangkan sisanya dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Keywords


Service Quality; Product Quality; Price Perception; Customer Satisfaction.

Full Text:

PDF

References


Adhiyanto. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Balai Latihan Kerja Industri (Blki) Semarang. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Afnina, Afnina, and Yulia Hastuti. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis 9(1):21–30. doi: 10.33059/jseb.v9i1.458.

Andalusi, Ratih. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Instrumen Penunjang Laboratorium (Studi Kasus Pada PT Laborindo Sarana Jakarta).” Jurnal Madani 1(2):305–22.

Faizah, Nadia Rizqiyatul, Sri Suryoko, and &. Saryadi. 2013. “Pengaruh Harga,Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran O-Mamamia Steak and Ice Cream Cabang Jati Semarang.” DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITIC Tahun 1–8.

Haris, Abdul. 2023. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Economics and Digital Business Review 4(2):334–48.

Harjati, Lily, and Yurike Venesia. 2015. “PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA MASKAPAI PENERBANGAN TIGER AIR MANDALA.” E-Journal WIDYA Ekonomika 1(1):64–74.

Heni Rohaeni1, Nisa Marwa2. 2018. “Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Jurnal Ecodemica 2(2):312–18. doi: 10.55208/bistek.v14i2.233.

Hermawan, Yanto, Dina Maylani, and Mumuh Mulyana. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Smartphone Samsung Di Bogor.” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 9(3):641–52. doi: 10.37641/jimkes.v9i3.1256.

Karlina, Eulin, Oki Rosanto, and Nur Eka Saputra. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Lurah Klender Jakarta Timur.” Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen 3(1):7–16. doi: 10.31294/widyacipta.v3i1.5011.

Kristianti, Tina, and Akimauddin Rizzai Rivai. 2018. “Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warunk Upnormal Semarang.” Telaah Manajemen 15(2):128–36.

Palelu, David Reynaldi Gunawan, Willem J. F. Tumbuan Tumbuan, and Rotinsulu Jopie Jorie. 2022. “Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kamsia Boba Di Kota Lawang.” Emba 10(1):68–77.

Razak, Ismail. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana 7(2):1–14.

Sasongko, Felita, and Hartono Subagio. 2013. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Ayam Penyet RIA.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 4(7):252117.

Setyaningrum, C. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kemasan dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Aulia Jaya Bakery & Cookies Di Desa Lembah, Babadan, Ponorogo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Suparyanto dan Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. In Media. Bogor.

Tjiptono, Fandy dan Gregodius Chandra. (2005). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta : Andi

Windarti, T. and Ibrahim, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Donat Madu. Jurnal FISIP Volume 4 No. 2 Oktober 2017, pp. 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v21i3.7049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andhy Tri Adriyanto, Muhammad Fikrie Fauzi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  ..

SOLUSI
Published by :
Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 1412-5331  
E-ISSN : 2716-2532
Email : solusi@usm.ac.id