PENERAPAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK AYANA STORE PATI

Tas'yana Ayu Larasati, Adhi Pradiptya, Mita Mawardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai penerapan strategi pemasaran yang digunakan oleh Ayana Store Pati serta mengetahui dampak dari penerapan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Ayana Store Pati dalam meningkatkan penjualannya. Digital marketing adalah sesuatu yang tidak asing lagi saat ini. Banyak pelaku usaha yang memasarkan produknya melalui digital dengan alasan penerapan digital marketing dalam pemasaran dapat meningkatkan penjualan produk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan objek penelitian Ayana Store Pati. Sumber data akan diambil dari dokumen, hasil wawancara, dan hasil dari observasi. Dalam penelitian ini, wawancara dengan berbagai pertanyaan tentang topik penelitian dilakukan secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ayana Store menggunakan digital marketing sebagai media pemasarannya dan promosi dengan memanfaatkan sosial media Instagram, Facebook, dan WhatsApp. Selain itu, Ayana Store Pati menggunakan media sosial untuk menginformasikan dan berkomunikasi dengan konsumen. Platform tersebut cukup efektif digunakan dalam menginformasikan produk Ayana Store Pati dan berinteraksi langsung dengan konsumen. Namun tetap muncul kendala yang dihadapi oleh Ayana Store Pati dalam menerapkan digital marketing adalah koneksi internet yang tidak stabil, keterlambatan dalam pengiriman, serta masalah internal karena kurangnya SDM akibat pesanan yang banyak karena promosi di media sosial. Akan tetapi dampak yang ditimbulkan dari penerapan digital marketing yang dilakukan Ayana Store Pati yaitu digital marketing dapat meningkatkan penjualan produk ayana Store Pati.

Kata Kunci :

Digital marketing; sosial media; strategi pemasaran; meningkatkan penjualan; promosi


Full Text:

PDF

References


Aprilia, R., Wibowo, P., & Sitorus, O. F. (2022). Implementation Of Digital Marketing In Maintaining MSMEs During The Covid-19 Pandemic Penerapan Digital Marketing Dalam Mempertahankan UMKM Di Masa Pandemi. 3(July), 2283 2291.

Az-zahra, N. S. (2021). Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM. NCOINS : National Conference Of Islamic Natural Science, 77 88.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing: strategy, implementation & practice. Pearson uk.

Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing Studi Kasus Usaha Kremes Desa Cibunar Kecamatan Rancakalong. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, XII(1), 17 22.

Gunawan, C., & Septianie, I. (2021). The Effect of Trust and Risk Perceptions Using E-Commerce on Consumer Purchase Intentions. Journal of Economics and €¦, 1(2), 239 247. http://jecombi.seaninstitute.org/index.php/JECOMBI/article/view/33

Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi. Competitive, 16(1), 32 41. http://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/competitive%7C32.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing Management. Jakarta: Erlangga.

Mangku, D. G. S., & Yuliartini, N. P. R. (2022). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Digital Marketing Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 10(3), 1-24.

Mustika, M. (2019). Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Snack Tiwul. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 2(2), 165 171. https://doi.org/10.36085/jsai.v2i2.352.

Rangkuti, F. (2018). Manajemen Persediaan: Aplikasi di Bidang Bisnis (2nd ed.). PT. Raja Grafindo Persada.

Sagita, G., & Wijaya, Z. R. (2022). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(3), 24 31.

Saifuddin, M. (2021). Digital Marketing : Strategi Yang Harus Dilakukan Umkm Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Bisnis Terapan, 5(1), 115 124. https://doi.org/10.24123/jbt.v5i1.3028.

Santoso, R., & Mujayana, M. (2021). Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis Penerapan Manajemen Risiko UMKM Madu di Kecamatan Badas Kabupaten Kediri di Tengah Pandemi COVID19 Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 6(1), 74 85.

Sobandi, A., & Somantri, B. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Imwi Student Research Journal, 1(1), 41 52.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sulaksono, J. (2020). Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47.

Sumarwan, Ujang. (2018). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemaasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v20i4.6055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tas'yana Ayu Larasati, Adhi Pradiptya, Mita Mawardani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  ..

SOLUSI
Published by :
Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 1412-5331  
E-ISSN : 2716-2532
Email : solusi@usm.ac.id