IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN UNTUK MEMPERTAHANKAN VOLUME PENJUALAN PADA UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA USAHA ANUGERAH CAKE PATI)

ratna wijayanti, Renisa Wijayanti Azizah

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan hal-hal yang terkait dengan pengimplementasian bauran pemasaran yang dilakukan usaha produksi kuliner Anugerah Cake Pati.

Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian informan didasarkan pada Purposive sampling. Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel sumber data dengan menentukan kriteria-kriteria tertentu. Sehingga total informan pada penelitian ini berjumlah 5 orang (1 pemilik, 2 karyawan, dan 2 konsumen). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Triangulasi sumber, Triangulasi metode (wawancara, observasi, dan dokumentasi) dan Triangulasi waktu.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan Usaha Anugerah Cake menggunakan 4P (Product, Price, Promotion, Place). Produk yang dijual Anugerah Cake menggunakan bahan yang berkualitas dan lebih unggul dibandingkan kompetitor lain yang sejenis. Harga yang ditetapkan cukup terjangkau dari hasil produk yang dihasilkan. Promosinya melalui sosial media facebook dan whatsapp serta dari mulut ke mulut. Lokasi usahanya sudah cukup strategis dan mudah dijangkau masyarakat. Untuk mempertahankan volume penjualannya, Anugerah Cake mengutamakan promosi dan kualitas produknya.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v20i2.5113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.