PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KELENGKAPAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KOPIMA AJA
DOI:
https://doi.org/10.26623/slsi.v21i1.6283Keywords:
Service Quality, Product Completeness, Product Price, Purchase Decision.Abstract
Saat bisnis ritel di Indonesia baik itu bisnis ritel modern maupun tradisional sangat banyak. Toko Kopima Aja merupakan bisnis ritel yang sudah berbadan hukum pada tanggal 30 Juni 1998 dan dikelola oleh mahasiswa atau lebih tepatnya dikelola oleh UKM Kopima Universitas Semarang. Tetapi untuk membuat calon konsumen tertarik untuk mengambil keputusan pembelian bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu diperlukan strategi yang tepat untuk menarik konsumen agar melakukan transaksi. Diantaranya dengan memperhatikan beberapa aspek yaitu kualitas pelayanan (X1), kelengkapan produk (X2) dan harga (X3) sehingga terjadi keputusan pembelian (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dari penerapan strategi kualitas pelayanan, kelengkapan produk, dan harga produk terhadap keputusan pembelian pada Toko Kopima Aja . Responden yang dipilih adalah konsumen yang datang berbelanja dengan menggunakan metode accidental sampling, dimana jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji t dan uji f untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara simultan kualitas pelayanan, kelengkapan produk dan harga secara keseluruhan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Kopima Aja . Penelitian untuk variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dansignifikan terhadapkeputusan pembelian. Variabel kelengkapan produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian perusahaan dapat meningkatkan keputusan untuk membeli di Toko Kopima Aja .References
Aminullah, R., Akhmad Suharto, Tatit Diansari (2019), Dampak Harga, Lokasi, Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Tersedia di : http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PENELITIAN_IPTEKS/article/view/2456. 1 Oktober 2022.
Angel, Heryenzus (2021), PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN ACCESSIBILITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT. LUBRIKAN JASA TAMA. Tersedia di : https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/scientia_journal/article/download/3352/2047/1 4830. 28 September 2022.
Eriyanti, H, Deri Kusmadeni (2021), Pengaruh Kualitas Pelayanan, Variasi Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Supermarket Di Pangkalpinang. Tersedia di : https://jurnal.univpgri- palembang.ac.id/index.php/manivestasi/article/view/6405. 25 September.
Fakhroh, Iin Lailatul (2019), Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia. Tersedia di : http://eprints.umg.ac.id/2969/. 23 September 2022.
Herlina (2018), Analisis Pengaruh Harga Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen. Tersedia di : https://www.ejournal.sttmandalabdg.ac.id/index.php/JIT/article/view/112. 26 September 2022
Kevin Lane Keller, Philip Kotler (2015), Marketing Management. Pearson.
Kotler, P. & Keller, K.L. (2012), Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 dan. 3 Cetakan. Jakarta: Rajawali. Suprapto, Nandan.
Lianardi, W., & Chandra, S. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Swalayan Juni Pekanbaru. Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis, 4(1), 45-58. Tersedia di : https://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/KURS/article/view/453. 22 September 2022.
Purwantoro, Purwantoro (2019), Pengaruh Pemilihan Tata Letak Produk, Harga Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Swalayan Grace Mart Bangun Jaya, Tersedia di : https://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki/article/view/189. 1 Oktober 2022.
Rachman, Denny Aditya (2017), PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA RUMAH MAKAN WAJAN MAS KUDUS). Tersedia di : https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/17605. 21 Desember 2022.
Rahayu, Elly (2018), Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Imam Market Kisaran. Tersedia di : http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR/article/view/108/0. 28 September 2022.
Sari, Monica Aprita (2021), Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Bangunan Bagus Jaya Putukrejo Kabupaten Nganjuk. Tersedia di : http://repository.unik-kediri.ac.id/117/. 22 September 2022.
Setiawan, D, Mohammad Maskan (2018), Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Semoga Jaya Kediri. Tersedia di : http://jab.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/51.22 September 2022.
Susanti, Ni Kadek Dewi, Putu Herny Susanti, Gusti Alit Suputra (2021), Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Blahkiuh Di Kabupaten Badung. Tersedia di : https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/widyaamrita/article/view/1162. 24 September 2022.
Widia, N., Sulistyandari, Fitri Ayu Norfida (2019), Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Guardian Store Pekanbaru. Tersedia di : https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/MRABJ/article/view/2768. 4 Oktober 2022.