Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Return Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019)

Leny Nuralita, Surjawati Surjawati

Abstract


Sistem perekonomian Indonesia dipengaruhi oleh investasi dari luar maupun dalam negeri baik itu investasi langsung maupun tidak langsung. Menurut investor, semakin tinggi harga saham semakin tinggi kemakmuran untuk pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk menguji factor-faktor yang berpengaruh terhadap return saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019.
       Penelitian ini menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah 198 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel pada penelitian ini. Ditentukan dengan teknik purposive sampling, didapatkan jumlah pengamatan sebanyak 72 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.
        Hasil penelitian menunjukkan bahwa debt to equity ratio (DER) dan current ratio (CR) tidak berpengaruh terhadap return saham. Return on asset (ROA) dan earning per share (EPS) berpengaruh terhadap return saham. Koefisien determinasi atau r square hanya 03.3% yang berarti pengaruh variable independen terhadap variable dependen hanya mampu menjelaskan sebesar 03.3% saja, sehingga perlu diteliti variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Debt To Equity Ratio (DER), Return On Asset (ROA), Current Ratio (CR), Earning Per Share (EPS)

Full Text:

PDF

References


Arifin.2005.Teori Keuangan dan Pasar Modal Yogyakarta: Ekosinia.Basalama, Ihsan S.; et al. 2017. Pengaruh Current Ratio, DER dan ROA Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Automotif Dan Komponen Periode 2013-2015. Jurnal EMBA, Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Fahmi, Irham. 2011. Analisis Kinerja Keuangan: Panduan Bagi Akademis, Manajer Dan Investor Untuk Menilai Dan Menganalisis Bisnis Dari Aspek Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fahmi, Irham. 2013. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.

Halim, Abdul dan Ati Retna Sari. 2019. Pengaruh Earning Per Share, Debt to Equity Ratio., Return On Asset, Price To Book Value, Dan Price Earning Ratio Terhadap Return Saham. E-Jurnal Akuntansi Universitas Kanjuruhan, Vol. 8, No. 1, April.

Harahap, Sofyan Syafri. 2009. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Edisi Kesebelas, Rajawali Pers, Jakarta.

Hasan, Ilma; et al. 2020. Pengaruh Return On Asset, Debt To Equity Ratio, Dan Return On Equity Terhadap Return Sham Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018. Jurnal Ilmu Ekonomi.

Jogiyanto, H.M.2007.Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi.

Kasmir.2008. Analisi Laporan Keuangan-Kasmir:Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: RajaGrafindo.

Kasmir.2012.Analisis Laporan Keuangan.Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada.

Lokollo, Antonius dan Muchmad Syafrudin. 2013. Pengaruh Kebijakan Modal Kerja dan Faktor Lainnya Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur. Jurnal Bisnis dan Akuntansi.Vol.116 No.12.

Prastowo, Dwi dan Rifka Juliaty.2002.Analisis Laporan Keuangan Konsep dan Aplikasi.Yogyakarta:Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN.

Rahamawati, Ani.2017.Pengaruh Earning Per Share (EPS), Return On Equity, Dan Debt To Equity Ratio (DER) Terhadap Return Saham. E-Jurnal Akuntansi Universitas Pakuan.

Sudarsono, Bambang dan Bambang Sudiyanto. 2016.Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Return Saham. Jurnal Bisnis dan Ekonomi Unisbank.

Supomo, Bambang dan Nur Indriantoro. 2020. Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Kedua. Yogyakarta: Penerbit BFEE UGM.

Susilawati, Yeye dan Tri Turyanto.2011. Reaksi Signal Rasio Profitabilitas Dan Rasio Solvabilitas Terhadap Return Perusahaan.Jurnal Dinamika Keuangan Dan Perbankan,13(1):1h:117-37.1

Syamsuddin, A.R. 1992.1 Studi wacana: teori-analisis-pengajaran. Bandung: Mimbar Pendidikan Bahasa dan Seni FPBS IKIP.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v19i3.3612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.