ANALISIS KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM (PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2019)

camelia hariyani, Burhanudin Burhanudin, Ratna Damayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Return On Assets, Non Performing Loan, dan Price Earning Ratio terhadap harga saham perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah 42 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling yang menghasilkan sampel sejumlah 10 perusahaan perbankan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan dan harga saham yang diambil melalui website resmi dari masing-masing bank yang dijadikan sampel dan juga dari Indonesia Capital Market Directory (ICMD). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Return On Assets tidak berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham perbankan , Non Performing Loan berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham perbankan dan Price Earning Ratio berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham perbankan.

Kata Kunci : ROA, NPL, PER, Harga Saham


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v19i1.3005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.