PENDETEKSIAN KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN DENGAN BENISH M-SCORE PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Amerti Irvin Widowati, Linda Ayu Oktoriza

Abstract


Beneish M-Score adalah suatu teknik analisis laporan keuangan dapat dit-erapkan untuk mendeteksi kecurangan laporan keuangan berupa manipulasi laba earning overstatement. Pernyataan ini telah dijawab oleh Messod D. Beneish, seorang profesor di Indiana University yang melakukan penelitian atas perbedaan kuantitaif antara perusahaan yang teridentifikasi telah melakukan manipulasi laba dan perusahaan yang teridentifikasi tidak melakukan manipulasi laba.

Objek penelitian ini adalah perusahaan sektor Penghasil bahan baku dan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2019. Terdapat 178 perusahaan yang menjadi sampel pada penelitian ini. Teknik penentuan sampel menggunakan non probability-purposive judgement sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Metode analisis data dengan deskriptif kuantitatif menggunakan rasio yang dikemukakan oleh Messod D.Beneish. Terdapat 5 variabel pengukuran yaitu Days Sales In Receivables Index (DSRI), Gross Margin Index (GMI), Asset Quality Index (AQI), Sales Growth Index (SGI), dan Total Accrual To Total Assets Index (TATA).

Hasil dari penelitian ini adalah: 1) terdapat 2 perusahaan yang tergoLong manipulator yang ditunjukkan dengan masuk kategori manipulator pada 3 kategori dari 5 kategori yang diukur; 2)sedangkan lainnya termasuk dalam kategori Non manipulator dan Grey company.

 

 

Kata kunci: Beneish M-Score, Laporan keuangan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v19i1.2994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.