ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK DAN LOYALITAS MEREK TARHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Abstract
This study aims to examine the effect of brand trust and brand loyalty on purchasing decisions moderated by product quality on Aglio products. The population in the study was 179 with a sample size of 65 consumers using purposive sampling techniques. The data source used was primary data taken directly from respondents. The analysis method used was multiple linear regression with the Moderated Regression Analysis (MRA) method to find moderation. The results showed that brand trust , brand loyalty and product quality had a effect both partially and simultaneously on purchasing decisions.. Product quality was able to moderate the effect of brand trust on purchasing decisions while product quality was unable to moderate the effect of brand loyalty on purchasing decisions
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan merek dan,loyalitas merek terhadap keputusan pembelian yang di moderasi kualitas produk pada produk aglio. Populasi pada penelitian berjumlah 179 dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 65 konsumen dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data yang digunakan data primer yang diambilisi langsung dari responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan metode Moderated Regression Analysis (MRA) untuk mencari moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan merek loyalitas merek dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk mampu memoderasi pengaruh kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian sedangkan kualitas produk tidak mampu memoderasi pengaruh loyalitas merek terhadap keputusan pembelian
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi,Santoso & Harmoni (2016).Pengaruh Kualitas Produk Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Ekuilibrium Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi 11(1):43
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Basu Swastha, dan T. Hani Handoko, 2008, Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen, edisi pertama, cetakan keempat, Penerbit : BPFE, Yogyakarta
Bratawidjaja & Farizan Farhan (2019). Analisis Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian Kue Lumpur (Studi Kasus Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya, Kota Malang)
Chifman & Kanuk. (2013). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga
Durianto, Darmadi (2004). Brand Equity Ten Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Fadillah adil & Novia Tifani, (2018). Pengaruh Lingkungan Sosial, Kepercayaan Merek, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada pengguna iPhone di Kota Bogor). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan. Vol 6 No 1 (2018): JIMKES Edisi April 2018
Ferrinadewi, Erna, (2008), Merek & Psikologi Konsumen Implikasi pada Strategi Pemasaran, edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta
Janah, Maslichah Raichatul. (2013). Hubungan Antara Citra Merek Mobil Suzuki Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen Di Dealer Sumber Baru Mobil Purwokerto.Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Sahid Surakarta.
Junita, Vista (2020) Pengaruh Brand Experience, Brand Commitment dan Brand Loyalty terhadap Keputusan Pembelian Apple Iphone Di Mitra Anda Cell Tegal dan Erafone Megastore Pacific Mall Tegal. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Kiyani Mahmood Talat, Mohammad Reza Ullah, Riffat Abbas & Imran Khan. 2012 “The relationship Between Brand Trust, Customer satisfaction,and Customer loyalty. (Evidence From Automobile Sector of Pakistan)”. Journal of Contemporary In Bussines. Vol 4 pp 489-502.
Kotler, Philip & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Terjemahan Bob Sabran. Edisi ke 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Lailiyah, Nita (2020). Pengaruh kualitas produk, layanan dan citra merek terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan merek sebagai variabel mediasi (studi pada konsumen fast food mcdonald’s di kota malang)
Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern.Yogyakarta : Cakra Ilmu.
Mutiara Sagita (2019). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saus Abc (Studi Kasus : Supermarket Maju Bersama Kecamatan Medan Barat, Kota Medan).
Nuzmerini Rauf, Jeni Kamase, Ratna Dewi (2019). Pengaruh Kepercayaan Merek, Citra Merek, Kualitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian dan Loyalitas Merek(study pada konsumen Jco Donuts & Coffee di Mall Gorontalo.
Perera, W, L, M, V., dan Dissanayake, D, M, R. (2013). The Impact Of Brand Awareness, Brand Association And Brand Perceived Quality On Female Consumers' Purchase Decision Of Foreign Makeup Products A Study On Youth Segment. Proceeding International Conference on Business & Information. Vol. 1, No. 1, Hal. 1-19.
Peter, J Paul and Jerry C Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Terjemahan oleh Diah Tantri Dwiandani Edisi Kesembilan Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Putri Siska Lusia & Mutiara Putri Deniza (2018). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chicken Nugget Fiesta Di Kota Padang.
Sandala Dicki, James D.D Massie, Willem J.F.A Tumbuan (2019). Pengaruh viral marketing, food quality dan brand trust terhadap keputusan pembelian produk mom milk manado.
Sugianto, L., & Hartono, S. (2018). Model Peningkatan Citra Institusi Terhadap Loyalitas Mahasiswa Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening . Jurnal Sains Manajemen dan Kewirausahaan , 32-43.
Swastha., & Irawan. (2013). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Penerbit Liberty.
Virgo Simamora, Elli Kusmiyati (2017).Pengaruh Desain Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Teh Botol Sosro Dengan Kualitas Produk Sebagai Variabel Moderating (Studi Padamahasiswa Di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta Utara), Media Studi Ekonomi. Vol 20, No 1 (2017)
Yulfatia Palembangan, Hj Rahmawati SE.,MM, Muhammad Wasil SE., M.Si (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Loyalitas Merek Serta Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Hand And Body Lotion Merek Citra Di Kota Samarinda, Jurnal Ilmu Menejemen Mulawarman. Volume 5. Nomor 4.
Zulaicha, dan Irawati.2016.”Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Morning Bakery Batam”. Jurnal Inovasi dan Bisnis, Vol. 4 No. 2. ISSN:2338-4840.
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/sbj.v3i1.9533
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sustainable Business Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.