Pengembangan Wirausaha Mandiri pada UMKM dI Kelurahan Tlogosari Wetan Kecamatan Pedurungan Kota Semarang

Djoko Santoso, Wyati Sadewisasi, Andhy Tri Adriyanto

Abstract


Small and medium-sized micro enterprises (SMEs) have an important role to play in a country. The existence of UMKM will contribute to the increased growth and economic development of a country. UMKM emerges from people who have the initiative and courage to start a business or business. The condition of the UMKM in Kelurahan Tlogosari Wetan, a district located in the town of Semarang, is quite delightful but the development is not optimum and has not yet provided an exciting competitiveness. The method used in dedication to society is given in two forms. Firstly, the theoretical method with the approval of the dedication material that contains the importance of the development of independent and competitive entrepreneurship for UMKM as well as diversification of culinary products and evaluation with discussion and questioning. The expected outcome of UMKM entrepreneurs is among other things to improve understanding of the importance of self-employment and the importance of entrepreneurial management as well as training in making culinary products. Besides, it is hoped that scientific publications in national journals, and posters as well as can increase the turnover of partners who are moving into the UMKM enterprise.



 

 

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memiliki peran penting bagi suatu negara. Keberadaan UMKM akan memberikan sumbangsih terhadap peningkatan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi suatu negara. UMKM muncul dari orang-orang yang memiliki inisitif dan keberanian dalam mendirikan usaha atau bisnis.Kondisi UMKM di Kelurahan Tlogosari Wetan Kecamatan Tlogosari Kota Semarang cukup menggembirakan namun perkembangan belum optimal dan belum memberikan memberikan daya saing yang menggembirakan.Metode yang dipergunakan dalam pengabdian kepada masyarakat diberikan dalam dua bentuk. Pertama, metode teoritis dengan penyuluhan yang dituangkan dalam materi pengabdian yang berisi tentang pentingnya pengembangan wirausaha mandiri dan mampu bersaing bagi UMKM serta pentingnya diversifikasi produk kuliner  serta dilakukan evaluasi dengan diskusi dan tanya jawabHasil yang diharapkanpara pengusaha UMKM antara lain mampu meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya wirausaha mandiri dan pentingn manajemen wirausaha serta latihan membuat produk kuliner. Disamping itu harapannya publikasi ilmiah di jurnal nasional , Poster serta,mampu peningkatan omzet pada mitra yang bergerak dalam usaha UMKM.


References


Anonim, Undang-Undangtentang Usaha Mikro,Kecildan Menengah,No.20 Tahun 2008

B.R Baringer & Ireland, R. (2016). Entrepreneurship. Edinburgh: Pearso

Basrowi. (2011). Kewirausahaan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Buchori,Alma.2005.Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum.PenerbitAlfabeta.Bandung.

Bulan, Tengku PL, 2017, Pengaruh Diversifikasi Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Juragan Jasmine Langsa, Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol 6, No. 1, Mei 2017/ISSN 2252-844X https://www.jurnal.id/id/blog/pengertian-jenis-dan-perkembangan-umkm-di-indonesia/

Hutabarat, Z. (2017). Minat Mahasiswa Untuk Menjadi Wirausahawan. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 22.

Kolter, philip.Kartajaya,Herman.Setiawan,Iwan.2020. Marjeting4.0.Bergerak dari Tradisional ke Digital.PT Gramesia.Jakarta

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Principles of Marketing, 14th ed. Pearson Education,

Inc., publishing as Prentice Hall, One Lake Street, Upper Saddle River, New Jersey 07458.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip- prinsip Pemasaran. Terjemahan olehAlexander Sindoro. Jilid I. Edisi 12. Jakarta:Erlangga

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., & Haryanto, Rudi Febrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasara UMKM.JurnalIMPACT: Implementati onand Action,2(2), 39 https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Ning Rahayu. 2018. 10 Manfaat Internet Marketing bagi Bisnis. Akses online www.wartaekonomi.co.id/read178295/10-manfaat-internet-marketing-bagi-bisnis. Akses online Senin 23 November 2020

Purwana, D., Rahmi, R., dan Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usahamikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal

Rudiantara.2019.Strategi Kewirausahaan Usaha Digital Sebuah Panduan untuk UMKM Startup,dan E-Commerce.Penerbit CFDS

Santoso.Djoko.2016.Gus-Ji-Gang Dalam PraktikBisnis,Studi Kasus Usaha BordirKeluarga di Kecamatan Gebog-Kabupaten Kudus. PenerbitUKSW.Salatig

Saraswati dan Hastasari. 2020. Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok.co dalam Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Biokultur, Vol. 9,

Taiminen, H. M., dan Karjaluoto, H. (2015). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of small business and enterprise development, 22(4), 633-651

Tjiptono, Fandy. 2006, Strategi Pemasaran, Penerbit Andi, Jogjakarta

Tjiptono, Fandy. 2004.Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jp.v2i1.9449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Perguruan Tinggi (Jurnal Pedati)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pengadian Perguruan Tinggi (Jurnal Pedati) published by Pascasarjana Universitas Semarang Jl. Areteri Soekarno Hatta, Tlogosari, Semarang