Peningkatan Pemahaman Manfaat Bantuan Sosial Bagi Keluarga Miskin Di Kelurahan Rowosari Semarang

Zaenal Arifin, Diah Sulistyani Ratna Sediati, Soegianto Soegianto

Abstract


Pengentasan kemiskinan merupakan salah satu agenda global yang tertuang dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) 2016-2030. Hal ini membuktikan bahwa kemiskinan merupakan permasalahan yang jamak terjadi di negara mana pun. Cita-cita besar untuk mengurangi dan menghilangkan segala bentuk kemiskinan bukan tanpa alasan, karena kondisi ketidakmampuan secara ekonomi (miskin) dapat mengurangi kemampuan masyarakat dalam mengakses berbagai sumberdaya. Program yang dilaksanakan dalam upaya pengentasan kemiskinan selama ini belum mampu memberikan dampak besar sehingga sampaisaat ini tujuan dari pembangunan nasional terkait dengan masalah pemerataan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat masih menjadi masalah yang berkepanjangan. Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program terpadu dalam upaya pengentasan kemiskinan melalui pemberian bantuan sosial bersyarat. Bantuan tersebut diberikan kepada keluarga atau orang miskin (individu) dan kelompok masyarakat rentan yang telah ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) PKH. PKH bertujuan                 untuk mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan keluarga miskin dan rentan. Penyaluran bantuan sosial PKH di Kota Semarang telah dimulai sejak tahun 2013. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah pemahaman mitra tentang jenis bantuan sosial bagi KPM di Kelurahan Rowosari masih rendah dan Pemahaman mitra tentang pemanfaatan bantuan sosial di Kelurahan Rowosari masih rendah. solusi yang  ditawarkan oleh tim pengabdi adalah dengan melakukan sosialisasi akan regulasi yang mengatur bantuan sosial dan peningkatan pemahaman akan pemanfaatan bantuan sosial bagi keluarga penerima manfaat. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini  anatara lain KPM lebih memahamai regulasi bantuan sosial dan adanya peningkatan pemahaman tentang pemanfaatan bantuan sosial  dan peningkatan pemahaman bantuan sosial  dan pemanfaatannya bagi KPM.  Luaran yang hendak dicapai dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah adanya perbaikan tata nilai di masyarakat, terbitnya artikel di jurnal nasional, pemberitaan kegiatan pengabdian di media online.  


Full Text:

PDF

References


Azinar Ahmad, Nana Kariada Tri Martuti, Satya Budi Nugraha, Amidi, W. A. B. N. S. (2019). Jurnal Riptek Kajian Kelayakan Penerima Manfaat ( Gakin PKH ) Terhadap Program Bantuan Pemerintah. RIPTEK, 13(2).

Indawan. (2019). Efektivitas Kebijakan Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Penanggulangan Kemiskinan Pada Kementerian Sosial Republik Indonesia. Journal Simplex, 2(3), 201–212.

Melati, M., & Zulkarnaini, H. (2021). Efektivitas Program Bantuan Sosial Tunai Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Pasir Pengaraian. Journal Publicuho, 4(1), 19. https://doi.org/10.35817/jpu.v4i1.16021

Mufida, A. (2020). Polemik Pemberian Bantuan Sosial Di Tengah Pandemic Covid 19. ADALAH Buletin Hukum & Keadilan, 4(1), 159–166.

Noerkaisar, N. (2021). Efektivitas Penyaluran Bantuan Sosial Pemerintah untuk Mengatasi Dampak Covid-19 di Indonesia. Jurnal Manajemen Perbendaharaan, 2(1), 83–104. https://doi.org/10.33105/jmp.v2i1.363

Purwanto. (2013). Psikologi Pendidikan. PT Remaja Rosda Karya.

Rafika Yolanita, T. Y. (2020). Efektivitas Program Keluarga Harapan Di Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. E Journal Undip, 148, 148–162.

Roidah, I. S. (2016). Evaluasi Kebijakan Pengentasan Kemiskinan Dalam Program Keluarga Harapan Di Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Jurnal AGRIBIS, 12(14), 39–47.

Teja, M. (2020). Permasalahan Keakuratan Data Penerima Bantuan Sosial Covid-19. Info Singkat: Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, Vol. XII, 13–18.

Utomo, D. (2014). Pelaksanaan Program Keluarga Harapan Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Rumah Tangga Miskin (Studi Pada Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 2(1), 29–34.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jp.v1i2.8007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pedati: Pengabdian Masyarakat Perguruan Tinggi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pengadian Perguruan Tinggi (Jurnal Pedati) published by Pascasarjana Universitas Semarang Jl. Areteri Soekarno Hatta, Tlogosari, Semarang