Mengintegrasikan Kearifan Lokal dalam Upaya Pencegahan Kekerasan di Sekolah SMKN 1 Cilaku Kabupaten Cianjur

Mumuh Muhammad Rozi, Trini Handyani, Akbar Sanjaya, Grace Tambun, Salsa Octaviani Suryanto, Azzahra Salsabila Ramadani, Shidqi Fauzan Hidayat

Abstract


Kekerasan di sekolah, baik secara verbal maupun nonverbal, menjadi ancaman serius terhadap keselamatan dan kesejahteraan siswa. Kegiatan pengabdian di SMKN 1 Cilaku bertujuan untuk mengintegrasikan kearifan lokal sebagai upaya pencegahan kekerasan di lingkungan sekolah. Metode yang digunakan meliputi pengisian kuisioner, pre-test, penyampaian materi, diskusi panel, dan post-test. Materi yang disampaikan menyoroti pentingnya Strategi Optimalisasi Media Sosial Untuk Mencegah Perundungan, Peran Kearifan Lokal Dalam Mencegah Dan Mengatasi Anti Kekerasan Dan Perundungan di Lingkungan Sekolah dan Membangun Lingkungan Sekolah Dengan Indahnya Toleransi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa mengenai pentingnya nilai-nilai kearifan lokal seperti gotong royong, toleransi, dan penghormatan terhadap perbedaan dalam membangun hubungan yang positif. Dukungan dari berbagai pihak menjadi faktor pendukung keberhasilan kegiatan, meskipun keterbatasan waktu menjadi salah satu tantangan.

Keywords


Harmonis; Kearifan; Kekerasan; Pencegahan; Toleransi

Full Text:

PDF

References


BUKU

Aryani, Farida. 2016. Stres Belajar “Suatu Pendekatan Dan Intervensi Konseling.” Makassar: Edukasi Mitra Grafika.

Budirahayu, Tuti. 2022. Kekerasan Di Sekolah Dalam Tinjauan Sosiologi Pendidikan. Surabaya: Airlangga University Press.

Wati, Sakdiah et al. 2023. Gelora Support System Pada Literasi, Budaya Dan Teknologi. eds. Adi Wijayanto et al. Tulungagung: akademia pustaka. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/9avrk.

WEBSITE

Despian Nurhidayat. 2023. “Kemendikbud Tangani 127 Kasus Kekerasan Di Sekolah, Perundungan Paling Banyak.” Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/627780/kemendikbud-tangani-127-kasus-kekerasan-di-sekolah-perundungan-paling-banyak (November 20, 2024).

JURNAL

Gewirtz-Meydan, Ateret, and David Finkelhor. 2020. “Sexual Abuse and Assault in a Large National Sample of Children and Adolescents.” Child Maltreatment 25(2): 1–12. https://doi.org/10.1177/1077559519873975.

Hani, Rafika, and Leila Mona Ganiem. 2024. “Kolaborasi Personal Social Responsibility Dalam Pencegahan Tindakan Bullying Melalui Edukasi Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Pada Remaja Di SMKN 49 Jakarta.” J-Abadi 4(1): 17–32.

Irma Yuliani, and Misdayanti Harina Simatupang. 2023. “Upaya Penegakan Hukum Terhadap Pelaku Tawuran Antar Pelajar.” Al Qadhi 1(2): 105–14.

Musthofa, Moch.Hafidhotul, Rayhan El-Wafie, and Zulyadi Rahman. 2024. “Penerapan Budaya Malu Berbasis Nilai Kearifan Lokal Di Sekolah SMP Negeri 13 Malang Guna Membangun Karakter Disiplin Siswa.” TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 6: 138–51.

Pradana, Chandra Duwita Ela. 2024. “Pengertian Tindakan Bullying, Penyebab, Efek, Pencegahan Dan Solusi.” Jurnal Syntax Admiration 5(3): 884–98.

Rahma, Meida Adita, and Surastini Fitriasih. 2024. “Selisik Tindak Pidana Kenakalan ‘ Perundungan Fisik ’ Anak Di Lingkungan Sekolah Berdasarkan Aspek Hukum Pidana Examining the Criminal Act of ’ Physical Bullying ’ Among Children in School Environment Based on Criminal Law Aspects Moral , Spriritual Dan I.” Jurnal USM Law Review 7(2): 1094–1110.

Salau, Triati, Glorius Deonatus Keo, Benediktus Labre, and Deslien Dolorosa Fanggitasik. 2023. “Pelatihan Asertif Bagi Remaja: Upaya Preventif Tindakan Kekerasan Di Sekolah.” Warta LPM 26(4): 453–61.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/kdrkm.v5i2.11183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi:

KADARKUM | Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat  

Fakultas Hukum - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.


Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.