Tenaga Kerja Bongkar Muat Pasca Pemberlakuan Asas Cabotage di Indonesia

Elfrida Ratnawati Gultom, Siti Nurbaiti

Abstract


The purpose of this writing is to discuss TKBM work opportunities in ports after the implementation of the Cabotage principle in Indonesia, because of its important role in the sea transportation process and is needed by the port community as a tool for loading and unloading goods on ships, and/or offshore activities in Indonesian sea waters. as well as other activities. The process of loading and unloading of goods on board is carried out by the Loading and Cabotage Workforce is a principle that enforces a rule that foreign ships are prohibited from loading and unloading goods in Indonesian waters, the aim is to empower national shipping. The performance of TKBM after the application of the Cabotage principle is discussed in this study which uses a conceptual framework supported by secondary data as library material and is analyzed descriptively. The results of the study show that after the implementation of the cabotage principle, the number of Indonesian ships continues to increase until 2022 is recorded at 33,000, because this principle prohibits foreign ships from transporting goods and passengers in Indonesian waters, except for ships with red and white flags only, and with the enactment of the principle In fact, the performance of TKBM in Indonesian Ports is getting higher.

 

Tujuan penulisan ini membahas tentang peluang kerja tenaga kerja bongkar muat (TKBM) di pelabuhan setelah diberlakukannya asas Cabotage di Indonesia, karena perannya yang penting dalam proses pengangkutan laut dan dibutuhkan oleh masyarakat Pelabuhan sebagai alat pembantu kegiatan bongkar muat barang di kapal, dan/atau kegiatan lepas pantai di perairan laut Indonesia serta kegiatan lain. Asas Proses bongkar dan muat barang di atas kapal dilakukan oleh tenaga kerja bongkar muat dan Cabotage merupakan   asas yang memberlakukan suatu aturan bahwa kapal asing dilarang untuk bongkar muat barang di perairan Indonesia, tujuannya untuk memberdayakan pelayaran nasional. Bagaimana kinerja TKBM pasca diberlakukannya asas Cabotage adalah bahasan dalam penelitian ini yang menggunakan kerangka konsep didukung data sekunder sebagai bahan pustaka dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa setelah diberlakukannya asas Cabotage, jumlah kapal Indonesia terus bertambah hingga tahun 2022 tercatat sebanyak 33.000 an, dikarenakan asas ini melarang kapal asing untuk mengangkut barang dan penumpang di perairan Indonesia, kecuali kapal yang berbendera merah putih saja, dan dengan diberlakukannya asas ini, justru kinerja TKBM di Pelabuhan Indonesia semakin tinggi.

 

 

 

 

 

 

 


Keywords


Cabotage; Harbor, Loading and Unloading Bongkar Muat; Cabotage; Pelabuhan

Full Text:

PDF

References


Alison, Jener, and L Denny Siahaan. Evaluasi Implementasi Kebijakan Asas Cabotage Dalam Perkembangan Industri Pelayaran Nasional 8, no. 1 (2021): 1 10. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.25292/j.mtl.v8i1.414.

Aprilianto, Rizky, Abdul Hakim, and Ainul Hayat. Implementasi Asas Cabotage Dalam Kebijakan Pelayaran Di Indonesia. Jurnal Administrasi Publik 2, no. 4 (2014): 758.

Arumadanti Poerwanto, An An Chandrawulan, Purnama Trisnamansyah. Peran Asas Cabotage Di Indonesia Dalam Rangka Menghadapi Konsep 21st Maritime Silk Road. Jurnal Hukum To-Ra 6, no. 3 (2020): 238 49. https://doi.org/https://doi.org/10.33541/JtVol5Iss2pp102.

Emut Suharsono. Kedudukan Pemerintah Pusat Dalam Taraf Singkronisasi Dan Harmonisasi Peraturan Terkait Pengaturan Angkutan Non-Umum Berbasis Online Sesuai Dengan Keadilan Pancasila. Jurnal Ius Constituendum 3, no. 2 (2018): 125 46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26623/jic.v3i2.1036.

Febiyansah, Panky Tri. Kebijakan Maritim Dan Tranformasi Industri Pelayaran Indonesia Dalam Kerangka Penerapan Asas Cabotage. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan 18, no. 1 (2018): 67 80. https://doi.org/https://doi.org/10.14203/JEP.18.1.2010.67-80.

Hardani, Marselin Yuniarti. Eksistensi Penerapan Asas Cabotage Di Perairan Indonesia Dalam Menghadapi Pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN. Universitas Atmajaya, 2016. https://e-journal.uajy.ac.id/11118/1/JURNAL.pdf.

Hikam, Herdi Alif Al. Ada Berapa Sih Jumlah Kapal Laut RI? Ini Jawabannya. detik.com. Jakarta, August 2020. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5144227/ada-berapa-sih-jumlah-kapal-laut-ri-ini-jawabannya.

Indonesia. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran (2008).

Krisnawati, Siti, Sugandi, and Gena Bijaksana. Upaya Peningkatan Kinerja Tenaga Kerja Bongkar Muat Di Pelabuhan Marunda Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik (JMBTL) 5, no. 2 (2019): 267 82.

Marzuki, Peter. Pengantar Ilmu Hukum,. Jakarta: Kencana, 2008.

Nababan, Agung, Muhammad Junaidi, Kukuh Sudarmanto, and Zaenal Arifin. Keabsahan Materi Muatan Terkait Uang Pesangon Dalam Peraturan Perundang-Undangan. Jurnal USM Law Review 5, no. 1 (2022): 314 30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26623/julr.v5i1.4808.

Perhubungan, Kementerian. Data Kapal Terdaftar Di Indonesia, 2022.

Rahayu, Trisnowati. Pengaruh Penerapan Asas Cabotage Di Bidang Offshore Pada PT. Orela Bahari. Venus 7, no. 14 (2020): 1 20. https://doi.org/10.48192/vns.v7i14.246.

Salsabila, Putri. Budaya Keselamatan Lemah, Ini Ancaman Nyata Sektor Pelayaran Indonesia. Bisnis.Com. August 2018. https://ekonomi.bisnis.com/read/20191010/98/1157493/budaya-keselamatan-lemah-ini-ancaman-nyata-sektor-pelayaran-indonesia.

Sancoko, Aan Ahmad. Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) Dalam UU N0 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Suatu Analis Maslahah Mursalah Dan Keadilan Pancasila. Jurnal USM Law Review 1, no. 2 (2018): 141. https://doi.org/10.26623/julr.v1i2.2249.

Subagyo, Joko. Hukum Laut Indonesia. 4th ed. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Sumenda, Graciella Eunike. Keberadaan Asas Cabotage Terhadap Perusahaan Angkutan Laut Dalam Undang Undang Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran. Lex et Societatis 5, no. 7 (2017): 1 14.

Widya Zatayu, Budi Priyono. Optimalisasi Tenaga Kerja Bongkar Muat Terhadap Kelancaran Bongkar Muat Petikemas Di PT Berlian Jasa Terminal Indonesia Cabang Surabaya (Workforce. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan 2, no. 6 (2018): 44 52.

Yuniartha, Lidya. Asas Cabotage Dipertahankan Di UU Cipta Kerja. Kontan.Co.Id. Jakarta, 2020. https://nasional.kontan.co.id/news/asas-cabotage-dipertahankan-di-uu-cipta-kerja-ini-kata-insa.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/julr.v5i2.5788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL USM LAW REVIEW

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal USM LAW REVIEW : Journal Law published by Magister Hukum Universitas Semarang is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.