PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELAKU PENYELUNDUPAN MANUSIA KE INDONESIA

Yasmirah Mandasari Saragih, Ahmad Zaharuddin Sani, Roziya Abu

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaturan hukum terhadap imigran ilegal di Indonesia dan analisis mengenai penanganan yang dilakukan Pemerintah Republik Indonesia terhadap adanya imigran ilegal. Metode penelitian ini menggunakan yuridis normatif. Problem imigran gelap tidak hanya dipandang dari aspek hukum secara normatif, namun lebih dari itu persoalan imigran adalah persoalan nasib manusia yang ingin mendapatkan kehidupan yang layak dan bermartabat di negara lain. Jika inilah yang menjadi persoalan maka persoalannya bisa dipahami dari aspek kemanusiaan. Tapi jika persoalan imigran adalah dilakukan oleh orang-orang yang akan melakukan kejahatan dan sejenisnya,maka inilah yang perlu mendapatkan penanganan hukum yang serius sampai akhirnya pada proses deportasi ke Negara asal. Faktor adanya imigran gelap ini adalah karena posisi geografis Indonesia yang strategis sebagai penghubung antar kawasan Asia Tengah dan Timur Tengah dengan Australia dalam pergerakan arus migrasi ini menyebabkan Indonesia menjadi wilayah transit yang banyak dilalui oleh para imigran gelap tersebut. Indonesia yang bentuk negaranya adalah kepulauan secara geografis memiliki banyak pintu masuk: bandara, pelabuhan, batas, darat dan perairan. Selain itu, Indonesia yang juga memiliki garis pantai yang sangat panjang, dan merupakan wilayah yang terletak pada posisi silang jalur lalu lintas. Perhatian Pemerintah Indonesia yang cukup besar dalam penanganan imigran gelap seperti pemberian fasilitas tempat tinggal sementara. Adanya pantai selatan menjadi salah satu daerah sangat strategis di Indonesia yang dipakai tempat transit para imigran gelap untuk menyebrang ke Pulau Christmas, Australia. Hal itu sehubungan, jarak antara pantai dan lain-lain merupakan faktor pendukung lain dipilihnya Indonesia sebagai wilayah transit.


Keywords


Penegakan Hukum; Penyeludupan Manusia; Imigran Gelap.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Buku

Achmad, Romsan, dkk, 2003, Pengantar Hukum Pengungsi Internasional: Hukum Internasional dan Prinsip-Prinsip Perlindungan Internasional , Percetakan Sanic Offset, Bandung.

Anita, Roberts, 2002, Imigran Illegal Di Indonesia: Dari Perspektif Republik Indonesia , PT. Sinar Grafika, Jakarta.

IOM, 2009, Buku Petunjuk Bagi Petugas Dalam Rangka Penanganan Kegiatan Penyelundupan Manusia dan Tindak Pidana yang Berkaitan dengan Penyelundupan Manusia, International Organization for Migration (IOM) , Jakarta.

Kusumaatmadja, Mochtar, 1976, Pengantar Hukum Internasional , Jakarta : Bina Cipta.

Soekanto, Soerjono, 2001, Penelitian Hukum Normatif , Rajawali Pers, Jakarta.

S. Prakash Sinha, 1971, Asylum and International Law , The Hague : Matinus Nijhott.

Jurnal

Aime Zinedine Zack Sumolang, Penanganan Terhadap Korban Perdagangan Orang Dan Penyelundupan Manusia Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian , Lex Et Societatis 3 (2), 2020.

Eka Annisa Salam, Penegakan Hukum Tindak Pidana Penyelundupan Manusia (People Smuggling) Dalam Hukum Positif Indonesia , Jurnal Pemuliaan Hukum 3 (1) 2020,

Evi Masrifatin Silvia, Upaya Penanggulangan Kasus Perdagangan dan Penyelundupan Manusia Sebagai Kejahatan Transnasional Terorganisir ,Journal Inicio Legis 1 (1), 2020.

Kadarudin, People Smuggling Dalam Persfektif Hukum Internasional Dan Penegakan Hukumnya Di Indonesia , Jurnal Perpustakaan, Informasi Dan Komputer : Jupiter 12 (2), 2013.

Heru Susetyo, Kebijakan Penanganan Internally Displaced Persons (IDPs) di Indonesia dan Dunia Internasional , Jurnal Hukum Internasional 2(1), 2004.

M.Alvi Syahrin, Menakar Edaulatan Negara Dalam Perspektif Keimigrasian , Jurnal Penelitian Hukum De Jure 18 (1), 2018. DOI: http://dx.doi.org/10.30641/dejure.2018.V18.43-57

Muhar Junef, Kajian Praktik Penyelundupan Manusia di Indonesia , Jurnal Penelitian Hukum De Jure, 20 (1), 2020.

Schloendhadt, The Business Of Migration: Organized Crime And Illegal Migration In Australia And The Asia Pacific Region , Adelaide Law Review, 1999.

Suryani, Suhirwan, Rudy A. G. Gultom, Strategi Pangkalan TNI AL Dumai Dalam Menghadapi Penyelundupan Manusia Di Perbatasan Laut Dumai Dan Selat Malaka , Jurnal Peperangan Asimetris 4 (3), 2018.

Internet

https://www.unhcr.org/id/unhcr-di-indonesia,




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/julr.v4i1.3311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yasmirah Mandasari Saragih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal USM LAW REVIEW : Journal Law published by Magister Hukum Universitas Semarang is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.