REPOSISI ATAS PENGURANGAN PENGHASILAN KENA PAJAK DENGAN MEMBAYAR ZAKAT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KESADARAN MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR ZAKAT

Erik Eko Nugroho, Zaenal Arifin, Diah Sulistyani, Soegianto Soegianto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis reposisi zakat atas pengurangan penghasilan kena pajak dengan membayar zakat sebagai upaya peningkatan kesadaran masyarakat dalam membayar zakat. Zakat dan pajak bagi umat muslim merupakan beban ganda yang wajib dipenuhi. Untuk meminimalisasi dua kewajiban tersebut dibuat kebijakan dimana zakat yang telah dibayarkan bisa mengurangi Penghasilan Kena Pajak (PKP). Metode pendekatan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data adalah studi lapangan dan studi kepustakaan sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaturan atas pengurangan penghasilan kena pajak dengan membayar   zakat sebagai upaya peningkatan kesadaran masyarakat dalam membayar zakat adalah zakat yang telah dibayarkan melalui lembaga zakat yang disahkan oleh pemerintah  dapat digunakan sebagai pengurang panghasilan kena pajak (PKP) sehingga pajak yang harus dibayar menjadi berkurang. Reposisi atas pengurangan penghasilan kena pajak dengan membayar   zakat sebagai upaya peningkatan kesadaran masyarakat dalam membayar zakat layak dilakukan mengingat masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam membayar zakat. Masyarakat yang awalnya merasa keberatan atas beban ganda yaitu kewajiban berupa pajak dan zakat, dapat menjalankan kewajiban membayar pajak dan zakat seiring sejalan.


Keywords


Reposisi; Pengurangan Pajak; Zakat

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Buku

Gusfahmi, Pajak Menurut Syariah, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2011.

Gustian Djuanda, Pelaporan Zakat Pengurang Pajak Penghasilan, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2006.

Umrotul Khasanah, Manajemen Zakat Modern : Instrumen Pemberdayaan Ekonomi Umat, Malang : UIN-Maliki Press, 2010.

Jurnal

Agus Budi Yuwono, Kedudukan Potongan Pajak Pribadi Terhadap Zakat Yang Telah Dibayarkan Jurnal USM Law Review 1 (1), 2018.

DOI : 10.26623/julr.v1i1.2233

Alan Hidayati dan Elis Teti Rusmiati, Sinergi Zakat Dan Pajak Sebagai Solusi Perbaikan Ekonomi Indonesia, Prosiding Seminar Dan Lokakarya Kualitatif Indonesia 2019.

Ibnu Fajarudin, Kontribusi Zakat Sebagai Pendapatan Negara dan Instrumen Penerimaan Pajak (Sutdi Interpretif), Jurnal Paradigma Accountancy 2 (1), 2019.

Iskandar, Zakat sebagai Pengurang Kewajiban Pembayaran Pajak : Adilkah Bagi Umat Islam? , Jurnal Ius Civile 3 (1), 2019.

Ma zumi, Tenny Badina, Shoma Febriyani, Kebijakan Pengelolaan Zakat dan Dampaknya Terhadap Pajak Penghasilan Orang Pribadi , Jurnal Syi ar Iqtishadi 2 (2). 2018. http://dx.doi.org/10.35448/jiec.v2i2

Nurjanah Nurjanah, Implementasi Pemberdayaan Zakat Di Masjid Agung Jawa Tengah Dalam Kajian Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat Jurnal USM Law Review 1 (2), 2018.

http://dx.doi.org/10.26623/julr.v1i2.2252

Sri Andriani dan Fitha Fathya, Zakat Sebagai Pengurang Pajak Penghasilan pada Badan Amil Zakat , JRAK 4 (1), 2013.

Thamrin Logawali, Sitti Aisyah, Kamaruddin dan Nurfiah Anwar, Peranan Zakat Sebagai Pengurang Penghasilan Kena Pajak Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa , Jurnal Laa Maysir 5 (1), 2018.

Peraturan perundang-undangan

Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-6/PJ/2011 tentang Pelaksanaan Pembayaran Dan Pembuatan Bukti Pembayaran Atas Zakat Atau Sumbangan Keagamaan Yang Sifatnya Wajib Yang Dapat Dikurangkan Dari Penghasilan Bruto.

Internet

Potensi Zakat di Indonesia Sangat Besar, (https://money.kompas.com, diakses 29 Januari 2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/julr.v3i2.2824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Erik Eko Nugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal USM LAW REVIEW : Journal Law published by Magister Hukum Universitas Semarang is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.