ANALISIS TERCIPTANYA KETENANGAN HATI PADA PENGUNJUNG SETELAH BERKUNJUNG DI MAKAM MBAH DEPOK SEMARANG

Audrey Firliana, Adik Puspa Ningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terciptanya ketenangan hati pada pengunjung setelah berkunjung di Makam Mbah Depok Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah sistematic litterature review dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Makam Mbah Depok tampil dengan arsitektur bangunan khas Timur Tengah, layaknya Masjid Nabawi di Madinah, Saudi Arabia. Terdapat beberapa fasilitas yang ada di Makam Mbah Depok Semarang. Zona Perdagangan, Di area perdagangan banyak terdapat penjual barang dan kuliner khas yang bisa ditemui pengunjung, hal ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Fasilitas yang disediakan pada pengunjung merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kenyamanan pengunjung dan menciptakan rasa tenang setelah mengunjungi Makam Mbah Depok Semarang. Banyak pengunjung yang merasa puas dengan kualitas tempat ibadah yang disediakan disana, para pengunjung sangat nyaman menggunakan fasilitas tersebut. Fasilitas umum Tak ketinggalan, ketersediaan fasilitas umum seperti toilet, tempat istirahat, dan tempat sampah yang tertata rapi. Antara aksesibilitas dan fasilitas akan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Hubungan antara kepuasan konsumen yang dipengaruhi oleh faktor aksesibilitas dan fasilitas akan sangat mempengaruhi jumlah wisatawan yang akan berkunjung. Oleh karena itu apabila harapan pengunjung terhadap tempat wisata tidak sesuai akan menyebabkan menurunnya kualitas tempat wisata tersebut.

References


Ali, S., Maharani, L., & Tyas Untari, D. (2019). Development of Religious Tourism in Bandar Lampung, Indonesia. In African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure (Vol. 8, Issue 5). http//:www.ajhtl.com

Amaruli, R. J., & Claudia, P. Z. (2020). Facing the New Era of Local Tourism: Identifying the Tomb of Sayid Luhung Alwi for Developing Religious Tourism in Semarang. E3S Web of Conferences, 202. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202020207008

Ardira, M. A., Nurul Nugraha, R., & Susilo, P. Y. (2014a). Identification of Bogor City Square Tourist Attraction Facilities as an Indikator of Visitor Satisfaction. In West Science Social and Humanities Studies (Vol. 02, Issue 04).

Ardira, M. A., Nurul Nugraha, R., & Susilo, P. Y. (2014b). Identification of Bogor City Square Tourist Attraction Facilities as an Indikator of Visitor Satisfaction. In West Science Social and Humanities Studies (Vol. 02, Issue 04).

Bata Ilyas, G., & Mustafa, H. (2022). Price, Promotion, and Supporting Facilities on Customer Satisfaction. Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, 2(1), 01–11. https://doi.org/10.52970/grmapb.v2i1.65

Julungwangi, A. M. (n.d.). Pilgrimage, Tourism, and Community: A Case Study of the Gunungpring Sacred Graveyard in Indonesia.

Nashirudin, M., & Farida, U. (n.d.). Potential of Kudus as a New International Pilgrimage Destination in Indonesia: Halal Tourism Optimising Local Wisdom. https://arrow.tudublin.ie/ijrtp

Prihantoro, F., Yuristiadhi, G., Makhasi, M., & Abdillah, M. R. (2019). Reading Anomaly of Tourist Satisfaction in Pilgrimage Tourist Destination of Sunan Muria Tomb, Kudus, Central Java. Journal of Tourism, 6(1), 65–87. http://ojs.unud.ac.id/index.php/eot65

Rahman, M. T., & Anwar, R. K. (2022). The Development Potential for Local Communities of Religious Tourists Visiting Sacred Graves. International Journal of Religious Tourism and Pilgrimage, 10(2), 47–59. https://doi.org/10.21427/ecg3-xv98

Rias Aji Pangestu, Handoko, T. H., & Zandra Dwanita Widodo. (2023). Influence of Service Quality And Facilities on Visitor Satisfaction (New Royal Adventure Visitor Case Study). International Journal of Asian Business and Management, 2(4), 485–490. https://doi.org/10.55927/ijabm.v2i4.5124

Septiani, T., Djoko Sulistio, T., & Tinggi Pariwisata Trisakti, S. (2018). The Influence Of Accessibility And Facilities On Visitor Satisfaction In Mangrove Forests Pantai Indah Kapuk. In Tourism Research Journal E (Vol. 2, Issue 1).

Tanjung, I. S., & Tanjung, H. (2023). Development of religious tourism in the tomb perspective intercultural communication. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(2), 812. https://doi.org/10.29210/020232176




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jsp.v2i2.11445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pariwisata - Universitas Semarang

Jl. Soekarno Hatta, RT.7/RW.7, Tlogosari Kulon, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50196

Telp. (024) 6702757

Email: jurnalsaptapesona@usm.ac.id