PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, KOMPENSASI, DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP TURNOVER INTENTION DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PT. SIDO MUNCUL SEMARANG)

Danny putra setiawan, Pahlawansyah Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Komitmen Organisasi, Kompensasi, dan Karakteristik Pekerjaan terhadap Turnover Intention di PT. Sido Muncul Semarang dengan Kepuasan Kerja sebagai variabel intervening.

Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah karyawan PT. Sidomuncul Semarang yang berjumlah 100 responden. Metode Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner berskala likert 5 point. Jenis datanya adalah data primer. Analisis data menggunakan deskripsi karakteristik responden. Kuesioner yang digunakan telah di uji validitas dengan analisis faktor dan uji reliabilitas dengan rumus cronbach s alpha, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji signifikansi, dan koefisien determinasi untuk membuktikan kebenaran hipotesis penelitian.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Komitmen Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Turnover Intention. (2) Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Turnover Intention. (3) Karakteristik Pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Turnover Intention. (4) Komitmen Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja. (5) Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja. (6) Karakteristik Pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja. (7) Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Turnover Intention suatu perusahaan. Berdasarkan nilai koefeisien determinasi, Komitmen Organisasi, Kompensasi, dan Karakteristik Pekerjaan berpengaruh terhadap kepuasan kerja sebesar 42.5% dan sisanya 57.5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model. Begitu juga dengan variabel Komitmen Organisasi, Kompensasi, Karakteristik Pekerjaan dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap Turnover Intention sebesar 46.2% dan sisanya 53.8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.

 


Keywords


Komitmen Organisasi, Kompensasi, Karakteristik Pekerjaan, kepuasan kerja, dan turnover intention

Full Text:

PDF

References


A.A Anwar Prabu Mangkunegara, 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abelson, M. A. (1987), Examination of Avoidable and Unvoidable Turnover , Journal of Applied Psychology, 72.

Agung panudju. 2003. Pengaruh Kompensasi dan Karakterisitk Pekerjaan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Unit Produksi PT. X Palembang, Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol. 1 No 2, Oktober 2003.

Agus Toly, Ari Anto. 2001. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Turnover Intention pada Staff Kantor Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 3, No. 7.

Ghozali, Imam, 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hasibuan Malayu S.P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Indriantoro, Nur dan Supomo Bambang. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta.

Lia Witasari, 2009, Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Terhadap Turnover Intentions (Studi Empiris pada Novotel Semarang), Tesis, Program Studi Magister Manajemen Universitas Dipononegoro Semarang

Luthans, F., 2006. Organizational Behavior, Eight Edition, Singapore: Mc Graw Hill International Edition.

Luthans, Fred, Organizational Behavior, Edisi 10, Terjemahan Oleh Vivin Andhika Yuwono, Shekar Purwanti, dkk, Andi, Yogyakarta.

Marzuki, 1995. Metodologi Penelitian. Jakarta: Erlangga.

Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Ketiga. Yogyakarta: STIE, YKPN.

Toly, Arianto Agus. 2001. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Turnover Intentions Pada Staff Kantor Akuntan Publik. Journal

Zaffane, Rachid. 2003. Understanding Emplyee Turnover : The Need For a Contingency Approach. International Journal of Manpower 15 (9).




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v9i3.887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor's Address :
Gedung O  Magister Management Program of Universitas Semarang.
Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari. Semarang, Jawa-Tengah,  Telp: 024-6702757; Fax: 024-6702272,  e_mail: jreb@usm.ac.id
 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.