Pengaruh influencer kuliner petualangmakanan_a2 dalam pemasaran usaha kuliner melalui media sosial instagram

Albertus Aditya Priatko, Ridwan Sanjaya

Abstract


Strategi pemasaran bisnis kuliner menggunakaninfluencer dapat membantu mendapatkan pengakuan merek oleh publik. Promosi oleh influencer dapat menarik minat orang-orang yang belum mengetahui bisnis tersebut dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang produk atau layanan yang ditawarkan namun besarnya pengaruh influencer belum dieksplorasi secara mendalam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh influencer kuliner petualangmakanan_A2 dalam pemasaran usaha kuliner melalui media sosial instagram. Implikasi manajerial penelitian menggambarkan potensi pemasaran usaha kuliner melalui media sosial Instagram dengan memanfaatkan pengaruh dan strategi yang diperoleh dari influencer kuliner PetualangMakanan_A2. Penelitian menggunakan data primer dan data sekunder dengan menggunakan desain penelitian kualitatif. Jumlah informan 4 orang (3 pemilik usaha dan 1 pemilik akun petualangmakanan_a2). Hasil menunjukkan strategi influencer kuliner melalui akun Instagram Petualangmakanan_a2 berpengaruh besar terhadap penjualan usaha kuliner dengan menerapkan marketing mix baik dan pendekatan konvensional dan digital, meningkatkan kesadaran merek dan penjualan dalam industri kuliner. Pemilik usaha kuliner berhasil meningkatkan pertumbuhan bisnis secara signifikan melalui pemanfaatan Instagram sebagai alat pemasaran efektif dengan strategi marketing mix, penggunaaan influencer, dan interaksi dengan konsumen.

The marketing strategy for culinary businesses using influencers can help gain brand recognition among the public. By promoting together with influencers, culinary businesses can attract the interest of people who are not yet aware of the business and want to learn more about the products or services offered, but the extent of the influencer's impact has not been deeply explored. The aim of this research is to understand the influence of the culinary influencer petualangmakanan_A2 in marketing culinary businesses through the Instagram social media platform. The managerial implications of the research illustrate the potential of marketing culinary businesses through Instagram by leveraging the influence and strategies obtained from the culinary influencer PetualangMakanan_A2. This study employs both primary and secondary data using a qualitative research design. The number of informants is 4 individuals (3 business owners and 1 owner of the petualangmakanan_a2 account). The results show that the culinary influencer strategy through the Instagram account Petualangmakanan_a2 significantly impacts culinary business sales by implementing both a good marketing mix and conventional and digital approaches, thereby increasing brand awareness and sales in the culinary industry. Culinary business owners have successfully increased business growth significantly through the utilization of Instagram as an effective marketing tool with marketing mix strategies, influencer usage, and consumer interaction.


Keywords


conventional approach; digital; influencer; marketing mix

Full Text:

PDF

References


Amalia, A. C., & Sagita, G. (2019). Analisa Pengaruh Influencer Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z di Kota Surabaya. JURNAL SOSIAL : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(2), 51–59.

Amalita, R., & Rahma, T. I. F. (2022). Pengaruh Kemudahan, Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Facebook Pada Mahasiswa/I Uinsu Dengan Structural Equation Modeling. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (Jmbi Unsrat), 9(2), 593–604.

Andri, R., & Wahyudi., T. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Pt. Pos Indonesia (Persero) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 1, 3–8.

Ferdinand. (2002). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Fitri, T. (2022). Kontribusi Influencer sebagai strategi marketing Melalui Media Sosial Instagram Untuk Peningkatan Keuntungan Bisnis Kuliner. Jurnal Ekonomedia, XI(01).

Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen (4th ed.). Alfabeta.

Ismanto, W., Munzir, T., Tanjung, R., Lestari, L., & Ashari, E. (2022). Pengaruh Marketing Mix (7p) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Dapurdep. Dimensi, 11, 200–210.

Jutisa, D. D., Widodo, J., & Wahyuni, S. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Pengambilan Keputusan Menggunakan Jasa Bimbingan Belajar Primagama. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(2), 214.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi 12 J). PT. Indeks.

Laksana, F. (2017). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis (1st ed.). Graha Ilmu.

Lengkawati, A. S., & Saputra, T. Q. (2021). Pengaruh Influencer Marketing terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Elzatta Hijab Garut). Jurnal Pengembangan Manajemen, Bisnis, Keuangan Dan Perbankan, 18(1), 33–38.

Lim, X. J., Radzol, A. R. bt M., Cheah, J.-H., & Wong, M. W. (2017). The Impact of Social Media Influencers on Purchase Intention and the Mediation Effect of Customer Attitude. Asian Journal of Business Research, 7(2). https://doi.org/10.14707/ajbr.170035

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (3rd ed.). Salemba Empat.

Nasution, A. (2021). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Bisnis Corporate, 6(1), 11–18.

Panjaitan, E., Sinulingga, S., & Wibowo, R. P. (2019). The Effect of Marketing Mix on Consumer Purchase Decision on Bright Gas Product in Medan (Study in PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I ). International Journal of Research and Review, 6, 205–212.

Porwani, S., & Rochmawati, B. (2021). Strategi Pemasaran Produk Halal Network International Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pt. Herba Penawar Alwahida Indonesia Cabang Palembang 2. Adminika, 7(1), 63–80.

Pratiwi, Z. D. (2021). PENGARUH INFLUENCER MARKETING TERHADAP BRAND EQUITY DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN GENERASI Z PADA MAHASISWA IAIN PONOROGO.

Priyanto, H., Najib, M., & Septiani, S. (2020). Faktor Adopsi E-Marketing dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran UKM Kuliner Kota Bogor. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 02, 235–244. https://doi.org/10.21456/vol10iss2pp235-244

Romadhon, F. A., & Nawawi, Z. M. (2022). Analisis Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Pengiriman Barang dan Jasa: Studi pada PT. JNE Express Cabang Patumbak. Economic Reviews Journal, 1(2), 96–108.

Siregar, F. R., & Imsar, I. (2022). Implementasi Marketing Mix dalam Meningkatkan Konsumen pada Cafe Hidden Tea (Perspektif Etika Bisnis Islam). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 16363–16370.

Tirtayasa, S., & Daulay, Y. A. (2021). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Kecil Menengah Sektor Kontruksi Bengkel Las di Moderasi Kebijakan Pemerintah Pada Masa Pandemi Covid 19. MANEGGIO : Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 106–122.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). CV. Andi Offset.

Wulandari (2018), Potensi Penggunaan Media Sosial Bagi UKM, Performa: MediaIlmiah Teknik Industri, 17(1), 14 – 23.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v17i1.8829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor's Address :
Gedung O  Magister Management Program of Universitas Semarang.
Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari. Semarang, Jawa-Tengah,  Telp: 024-6702757; Fax: 024-6702272,  e_mail: jreb@usm.ac.id
 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.