Analisa kinerja RSU Muhammadiyah Darul Istiqomah Kendal dengan metode balance scorecard

Aprilia Kurniawati, Ardiani Ika Sulistyawati, Kesi Widjajanti

Abstract


Pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi sebuah rumah sakit dengan didasarkan pada standar nasional pelayanan yang sudah ditentukan oleh pemerintah yaitu menilai kinerja dari aspek keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa, menguji dan mengukur kinerja RSU Muhammadiyah Darul Istiqomah Kendal dengan menggunakan 4 perspektif dalam Balance Scorecard. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan dan pasien/keluarga pasien RSU Muhammadiyah Darul Istiqomah Kendal pada tahun 2019 sampai dengan tahun 2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner dan wawancara. Tekjnik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dari perspektif pelanggan, retensi pelanggan dan kepuasan pelanggan RSU Muhammadiyah Darul Istiqomah Kendal masuk dalam kategori baik. Sementara dari proses bisnis internal, perlu adanya perbaikan proses bisnis internal di RSU Muhammadiyah Darul Istiqomah Kendal terutama dari sisi BOR, ALOS, NDR dan GDR. Sedangkan dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, retensi karyawan, tingkat pelatihan, kepuasan dan motivasi karyawan RSU Muhammadiyah Darul Istiqomah Kendal ada pada kategori baik.

Performance measurement is a very important factor for a hospital-based on national service standards that have been determined by the government, namely assessing performance from a financial aspect. The purpose of this study was to analyze, test and measure the performance of Muhammadiyah Darul Istiqomah Kendal General Hospital by using 4 perspectives in the Balanced Scorecard. The type of research used is a case study. The population in this study were all employees and patients/families of Muhammadiyah Darul Istiqomah Kendal Hospital from 2019 to 2020. The data collection techniques used were questionnaires and interviews. Data analysis techniques used are quantitative and qualitative analysis. Based on the results of the study it is known that from a customer perspective, customer retention and customer satisfaction at Muhammadiyah Darul Istiqomah Kendal General Hospital are in the good category. Meanwhile, from internal business processes, it is necessary to improve internal business processes at Muhammadiyah Darul Istiqomah Kendal General Hospital, especially from the BOR, ALOS, NDR and GDR side. Meanwhile, from the perspective of learning and growth, employee retention, level of training, employee satisfaction and motivation of Muhammadiyah Darul Istiqomah Kendal Hospital are in a good category.


Keywords


kinerja; rumah sakit; balanced scorecard

Full Text:

PDF

References


Dewi., (2014). Penilaian Kinerja Berdasarkan Keuangan dan Non Keuangan Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya. E-Jurnal Akuntansi, 7(2).

Handayani, B. D. (2011). Pengukuran Kinerja Organisasi Dengan Pendekatan Balanced Scorecard Pada Rsud Kabupaten Kebumen. JDM, 19(1), 588–596.

Hartati,. (2012). Pengukuran Kinerja RSUD Dr. Moewardi Surakarta Dengan Menggunakan Metode Balance Scorecard. E-Journal Akuntansi, 4(2).

Hawa,. (2016). Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Berdasarkan Balance Scorecard Di Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Pura Langkat. Jurnal Ekonomi Dan Akuntansi, 4(2).

Karyogis, & Putra. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Di Kabupaten Bangli. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20(1).

Mardiasmo. (2002). Akuntansi Sektor Publik. Andi.

Nejatian, M., Zarei, M. H., Nejati, M., & Zanjirchi, S. M. (2018). A hybrid approach to achieve organizational agility: An empirical study of a food company. Benchmarking, 25(1), 201–234. https://doi.org/10.1108/BIJ-09-2016-0147

Parmita, R. (2015). Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Dengan Pendekatan Balanced Scorecard Pada Rumah Sakit Daerah Madani Palu. Jurnal Administrasi Bisnis, 4(2).

Rangkuti, F. (2017). SWOT Balanced Scorecard. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed method) (2nd ed.). Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v16i3.8122

Refbacks



Editor's Address :
Gedung O  Magister Management Program of Universitas Semarang.
Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari. Semarang, Jawa-Tengah,  Telp: 024-6702757; Fax: 024-6702272,  e_mail: jreb@usm.ac.id
 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.