DAMPAK PINJAMAN DAN BANTUAN MODAL KERJA TERHADAP KINERJA USAHA Studi Kasus UMKM Binaan KADIN Jawa Tengah

Hoo Helena Ayu Liani, Chatarina Yekti Prawihatmi

Abstract


Permasalahan UMKM yang selama ini dipandang utama adalah permodalan. UMKM biasanya tidak memiliki akses yang mudah untuk memperoleh pinjaman untuk modal kerja. Untuk itulah terdapat skema bantuan modal yang disediakan oleh berbagai lembaga keuangan dan lembaga pemerintah untuk mengatasi permasalahan modal di UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak bantuan dan pinjaman modal kerja pada kinerja usaha UMKM yang dibina oleh TTIC Kadin Jawa Tengah. Responden pada penelitian ini adalah   UMKM yang telah dibina oleh TTIC kadin Jawa Tengah, yang berjumlah 20 UMKM. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui wawancara mendalam   dipandu dengan kuesioner. Metode penelitian pada penelitian ini adalah metode deskriptif eksploratif . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bantuan /pinjaman modal kerja untuk UMKM binaan TTIC Kadin Jawa Tengah memberikan stimulus dalam usaha-usaha mengembangkan kinerja usahanya terutama dalam menambah peralatan, melakuakn inovasi , menambah tenaga kerja sampai dengan usaha perluasan pasar. Meskipun tidak secara langsung, pinjaman /bantuan modal telah berdampak positif terhadap kinerja usaha UMKM binaan TTIC Kadin Jawa Tengah.

The one of main problem of MSMEs   is capital. MSMEs usually do not have easy access to obtain loans for working capital. For this reason there is a capital assistance scheme provided by various financial institutions and government agencies to address capital problems in MSMEs. This study aims to determine the impact of aid and working capital loans on the performance of SMEs business which is fostered by TTIC Kadin  Jawa Tengah. Respondents in this study are MSMEs that have been fostered by TTIC Kadin Jawa Tengah. The number of respondents are 20 MSMEs. Data collection techniques in this study is through in-depth interviews guided by questionnaires. The research method in this research is descriptive explorative method. The results of this study indicate that assistance / working capital loans for MSMEs fostered by TTIC Kadin Jawa Tengah provide stimulus in the efforts to develop business performance, especially in adding equipment, making innovation, adding labor to market expansion efforts. Although indirectly, the loan / capital assistance has a positive impact on the performance of UMKM business fostered by TTIC Kadin Jawa Tengah.


Keywords


MSMEs,; impact; loan; assistance, working capital; business performance

Full Text:

PDF

References


Ardianto,Tejo,Barnabas.2014,.Sumber Pendanaan Pada UkM Di Desa Parakan Wetan Temanggung,Skripsi Program S1 Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Satya Wacana (dipubikasikan)

Departemen Koperasi dan UMKM Indonesia,www.depkop.go.id

Firdaus, Rahmat, 2004. Manajemen Perkreditan Bank Umum. Bandung : Alfabeta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. Tersedia di: http://kbbi.web.id/. Diakses 5 Oktober 2016.

Madjoko,2015,Rumah UMKM House of SME,Semarang-Kadin Jawa Tengah

Munizu,Musran.2010.Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.www.Idci.dikti.go.id

Purwaningsih,Ratna dan Kusuma,Damar,Pajar,2015,Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Kecil Dan Menengah Dengan MetodeStructural Equation Modeling,Jurnal Fakultas teknik industri,Universitas Diponegoro

Riyanto, Bambang. 2010. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, ed. 4, BPFEYOGYAKARTA.

Satori Djam an, Komariah Aan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v10i3.789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor's Address :
Gedung O  Magister Management Program of Universitas Semarang.
Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari. Semarang, Jawa-Tengah,  Telp: 024-6702757; Fax: 024-6702272,  e_mail: jreb@usm.ac.id
 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.