Analisis pengaruh bauran pemasaran 4p (product, price, promotion, and place) terhadap keputusan pembelian pada usaha mikro kecil menengah (umkm)

Murni Sofiah, Sri Ramadhani, Nur Ahmadi Bi Rahmani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran 4P seperti Product, Price, Promotion, Place terhadap Keputusan Pembelian pada UMKM. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli UMKM Donat Kentang Syifa di Setia Budi Kota Medan. Peneliti menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode accidental sampling, menggunakan rumus Cochran dengan jumlah sampel sebanyak 99 responden. Lokasi penelitian di UMKM Donat Kentang Syifa Setia Budi Medan. Penelitian ini menemukan bahwa (1) Bauran pemasaran 4P berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian. (2) Produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada UMKM Donat Kentang Syifa, Setia Budi. (3) Harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada UMKM Donat Kentang Syifa Setia Budi. (4) Promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada UMKM Donat Kentang Syifa Setia Budi. (5) Tempat tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada UMKM Donat Kentang Syifa Setia Budi. Hal tersebut disebabkan konsumen mengabaikan Harga, Promosi, Tempat dari produk yang dikonsumsinya.

This study aims to determine the influence of the 4P marketing mix on Purchasing Decisions at MSMEs, such as Product, Price, Promotion, and Place. This research method uses quantitative research with descriptive statistical analysis. The population of this study was consumers who had purchased the Syifa Potato Donut UMKM in Setia Budi, Medan City. Researchers used a non-probability sampling technique with the Accidental Sampling method, using the Cochran formula with a total sample of 99 respondents. The research location is at the Syifa Setia Budi Potato Donuts MSME, Medan. This study found that (1) 4P Marketing mix has a significant effect simultaneously on purchasing decisions. (2) Product positively affects purchasing decisions at MSME Donut Potatoes Syifa, Setia Budi. (3) Price does not affect purchasing decisions at MSME Donut Potatoes Syifa, Setia Budi. (4) Promotion does not affect purchasing decisions at MSME Donut Potatoes Syifa, Setia Budi. (5) Place does not affect purchasing decisions at MSME Donut Potatoes Syifa, Setia Budi. Consumers OF Donut Potatoes Syifa ignore prices, promotions, and places of the products they consume.


Keywords


product; price; promotion; place; purchase decision

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, D. A., Aisyah, S., & Ramadhani, S. (2023). Pengaruh Harga , Kualitas Produk Dan Celebrity Endors Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 3(2), 133143.

Ahdiat, A. (2022). Persaingan Usaha di Indonesia Meningkat, Dekati Target 2024. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/11/persaingan-usaha-di-indonesia-meningkat-dekati-target-2024

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Annisa, I. T., & Wijaya, A. P. (2019). Pengaruh keterlibatan dan pengetahuan produk terhadap keputusan pembelian jamu masuk angin kemasan. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(2), 122137. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/insight.14.2.122-137

Ariza, R. A., & Aslami, N. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Pada Era Digital Di Kota Medan. VISA: Journal Of Visions And Ideas, 1(2), 188194. https://doi.org/DOI: 47467/visa.v1i2.834

Badan kebijakan Fiskal. (2021). Kajian Dampak Covid-19 Terhadap Pasar Tenaga Kerja dan Respons Kebijakan di Kawasan Asia dan Pasifik. Kementerian Keuangan Republik Indonesia. https://fiskal.kemenkeu.go.id/kajian/2021/08/18/2433-kajian-dampak-covid-19-terhadap-pasar-tenaga-kerja-dan-respons-kebijakan-di-kawasan-asia-dan-pasifik.

Batubara, M., Silalahi, P. R., Sani, S. A., Syahputri, R. R., & Liana, V. (2022). Pengaruh Promosi , Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Scarlett Whitening: Studi Kasus Pada Mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1327–1342. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i5.931

Cakici, A. C., & Tekeli, S. (2022). The mediating effect of consumers price level perception and emotions towards supermarkets. European Journal of Management and Business Economics, 31(1), 5776. https://doi.org/10.1108/EJMBE-12-2020-0344

Cynthia, D., Hermawan, H., & Izzudin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi Dan Pelayanan Publik Universitas Bina Taruna Gorontalo, IX(1), 104112.

Daulay, N., Ramadhani, S., & Aslami, N. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Bumbu UD. Nurhalimah Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara Dalam Kajian Ekonomi Islam. JURNAL MANAJEMEN AKUNTANSI (JUMSI), 3(1), 576583.

Dewi, O. I., & Sutanto, E. M. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Chang Tea Di Surabaya. AGORA, 6(2), 27.

Ernawati, R., Dwi, A. B., & Argo, J. G. (2021). Analisis Pengaruh Promosi , Harga , dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 200218. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663

Farisi, S. Al, Fasa, M. I., & Suharto. (2022). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1), 7384. https://doi.org/http://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/es/index

Fauzan, N. I., & Ahmad. (2019). Peran Financial Technology Dalam Meningkatkan Keuangan Inklusif Pada UMKM. Jurnal BJB University, 5(5), 114.

Fawzi, M. G. H., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2022). Strategi Pemasaran, Konsep, Teori dan Implementasi. In Pascal Books. http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/4973

Forsyth, E., & Carnrite, J. (2022). Place Strategy In Marketing. Study.Com. https://study.com/academy/lesson/place-strategy-in-marketing-examples-definition-quiz.html

Hoyer, W. D., MacInnis, D. J., Pieters, R., Chan, E., & Northey, and G. (2020). Consumer Behaviour. AU: Cengage.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. In press@unitomo.ac.id (1st ed., Vol. 13, Issue 1).

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2022). Dunia Usaha di Indonesia Masih Solid dan Terus Berkembang di Tengah Tantangan dan Dinamika Global. Ekon.Go.Id. https://ekon.go.id/publikasi/detail/4446/dunia-usaha-di-indonesia-masih-solid-dan-terus-berkembang-di-tengah-tantangan-dan-dinamika-global

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018a). Principles Of Marketing (17th ed). United Kingdom : Pearson.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018b). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.

Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi strategi promosi produk dalam proses keputusan pembelian melalui digital marketing saat pandemi covid’19. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 2331.

Lupiyoadi. (2016). Manajemen Pemaaran Jasa (Edisi 4). Jakarta: Salemba Empat.

Mamonto, F. W., Tumbuan, W. J. F. ., & Rogi, M. H. (2021). Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Podomoro Poigar Di Era Normal Baru. Jurnal EMBA, 9(2), 110121.

Maulidasari, C. D., Manajemen, P. S., & Umar, U. T. (2021). Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(1), 137142.

Mulyono, L. E. H., & Athar, H. S. (2022). The Effect of Online Marketing Mix, Online Product Representation, and Digital Content Marketing on the Marketing Performance of MSMEs in NTB Mall Mataram during the COVID-19 Pandemic. Path of Science, 8(10), 30173025. https://doi.org/10.22178/pos.86-5

Mundir, A., & Rahayu, A. A. (2022). Pengaruh bauran pemasaran 4p (produk, price, place, promotion) dan kualitas pelayanan berbasis syariah terhadap keputusan konsumen untuk membeli di toko yunika jabon sidoarjo. Jurnal Fakultas Agama Islam, 4(1), 3452. https://doi.org/https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim

Napitupulu, S., Tapiomas, N., & Tobink, R. (2021). Manajemen Pemasaran.

Nasution, A. E., Pratami, L., Muhammad, P., & Lesmana, T. (2019). Analisis Pengaruh Harga , Promosi , Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 165173. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3594

Nikbin, D., Iranmanesh, M., Ghobakhloo, M., & Foroughi, B. (2021). Marketing mix strategies during and after COVID-19 pandemic and recession : a systematic review. Asia-Pacific Journal of Business Administration, October. https://doi.org/10.1108/APJBA-06-2021-0243

Noor, Z. A. (2012). Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 80, 473486.

Noviyanti, I., Sunarsi, D., & Wijoyo, H. (2021). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Cabang Cipondoh. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech), 4(1), 4354. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v4i1.1447

Nugraha, J. P., Alfiah, D., & Sinulingga, G. (2021). Teori Prilaku Konsumen (A. Jibril (ed.)). Penerbit NEM.

Porawouw, Y. C., Mandey, S. L., & Loindong, S. S. R. (2018). Pengaruh Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha (Studi Kasus Pada PT. Hasjrat Abadi Malalayang). Jurnal EMBA, 6(4), 20382047.

Prasetyo, D. D., & Wulandari, A. (2018). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada UMKM Mukena Fathiya Cimahi Tahun 2018. Jurnal Manajemen Pemasaran, 4(3), 12091218.

Pratiwi, A., Junaedi, D., & Prasetyo, A. (2021). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen : Studi Kasus 212 Mart Cikaret. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(2), 150–159. https://doi.org/10.47467/elmal.v2i2.473

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (24th ed.). Alphabet.

Suratmiyati, & Anggoro, Y. (2020). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa. Management and Business Review, 4(1), 5259. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/mbr

Titik Wijayanti, F. (2017). Marketing Plan! Dalam Bisnis. Elek Media Komputindo.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Andi.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pemasaran Esensi & aplikasi. Yogyakarta: ANDI.

Wardah, Yafiz, M., & Ramadhani, S. (2021). Dampak Bisnis Fashion Online Terhadap Tingkat Pendapatan Pedagang Di Pasar Petisah Medan. Jurnal Islamic Circle, 2(2), 3246.

Wona, M. L. N., Timuneno, T., & Fanggidae, priana H. J. (2021). The Influence of Marketing Mix on Purchase Decisions at. Universitas Nusa Cendana Kupang, 6377.

Wowor, S., Massie, J., Raintung, M. C., Bauran, P., Terhadap, P., Pembelian, K., Wowor, S., Massie, J. D. D., Raintung, M. C., Wowor, S., Massie, J., & Raintung, M. C. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Seruput Coffe Company Tomohon Di Masa Pandemi. Jurnal EMBA, 9(3), 14721481.

Yolanda, & Wijanarko, D. H. (2018). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Merek Aqua Serta Implikasinya Terhadap Citra Merek di Fakultas Ekonomi Universitas Borobudur. Jurnal Manajemen, 06(1A), 88108.

Zusrony, E. (2021). Perilaku Konsumen (Robby Andika Kusumajaya (ed.)). Yayasan Prima Agus Teknik. penerbit_ypat@stekom.ac.id%0ADistributor




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v16i2.7288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor's Address :
Gedung O  Magister Management Program of Universitas Semarang.
Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari. Semarang, Jawa-Tengah,  Telp: 024-6702757; Fax: 024-6702272,  e_mail: jreb@usm.ac.id
 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.