Pengaruh e-service quality dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh minat beli (Studi pada pengguna Shopee di Kota Semarang)

Devi Cahyaning Putri, Andhy Tri Adriyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh E-Service Quality dan Persepsi Risiko terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli sebagai variabel intervening pada pengguna Shopee di Kota Semarang. Variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Minat Beli (Y1), Keputusan Pembelian (Y2) sedangkan variabel bebas yang digunakan, yaitu E-Service Quality (X1), Persepsi Risiko (X2). Sampel pada penelitian ini sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria responden masyarakat khususnya Kota Semarang yang pernah melakukan pembelian online di Shopee minimal 3 kali, usia minimal 18 tahun, dan yang pernah memberikan ulasan minimal 1 kali. Pada penelitian ini menggunakan program SPSS versi 26. Metode analisis yang digunakan adalah path analysis, dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa E-Service Quality dan Persepsi Risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli. Variabel E-Service Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Persepsi Risiko tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Minat Beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Dan variabel E-Service Quality dan Persepsi Risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli.

This study aims to examine and analyze the influence of E-Service Quality and Risk Perception on Purchase Decision through Interest in Buy as an intervening variable among Shopee Users in Semarang City.  The dependent variables used in this study are interest in buying (Y1) and purchase decision (Y2), while the independent variables used are E-Service Quality (X1) and Risk Perception (X2). The sample in this study consisted of 96 respondents. The sampling technique used was purposive sampling, with the criteria that the respondents were individuals from Semarang City who have made online purchases on Shopee at least 3 times, aged at least 18 years old, and have given at least 1 review. In this study the SPSS program version 26. The analytical method used is path analysis, the results of research conducted indicate that E-Service Quality and Risk Perception have a positive and significant effect on Interest in Buying. The E-Service Quality variable has a positive and significant effect on Purchase Decisions. The risk Perception variable does not affect the Purchase Decision. The Interest in Buying variable has a positive and significant effect on Purchase Decision. The E-Service Quality and Risk Perception variable has a positive and significant effect on Purchase Decision through Interest in Buy.


Keywords


e-service quality; keputusan pembelian; minat beli; persepsi risiko

Full Text:

PDF

References


Alghifari, A.f., dan Rahayu, T. S. M. (2021). Pengaruh Diskon, Kualitas Website, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Shopee: Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Derivatif Jurnal Manajemen, 15(2), 223–236.

Ambassador, P. B., Beli, M., Terhadap, D. A. N. T., S, M. H., & Sriyanto, A. (2018). ( Studi Pada Situs Jual Beli Online Shop Shopee Indonesia di Universitas Budi Luhur Periode Februari – April 2018 ). April.

Fauziah, S. A., & Hasbi, I. (2022). YUME : Journal of Management Pengaruh E-Service Quality dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Aplikasi Berrybenka Abstrak. YUME: Journal of Management, 5(3), 25–31. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.546

Haryani, D. S. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 8(2), 198–209. https://doi.org/10.33373/dms.v8i2.2155

Ikhya’ Ulumudin, M., & Wahyuati, A. (2021). Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek Dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Pacific Noris. 19, 10–18.

Manurung, H. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli Pakaian Online Shopee. Jurnal Darma Agung, 30(3), 595–608.

Montjai, O., Tewal, B., & Lengkong, V. P. . (2014). Motivasi, sikap dan minat beli konsumen pengaruhnya terhadap keputusan pembelian sepeda motor yamaha pt. Hasjrat abadi sentral yamaha manado. Jurnal EMBA, 2(4), 35–45.

Muslim, A. W. (2018). Pengaruh Media Sosial, E-Service Quality dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian yang di Mediasi Oleh Gaya Hidup. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 6(2), 145-162.

Nasir, M. (2016). Pengaruh E-Service Quality Dan Diskon Terhadap Minat Beli Pada Situs Online Di Website Zalora.Co.Id Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(1), 15–18.

Paramita, A., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk, dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian (Literatute Review Manajemen Pemasaran). JMPIS Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 660–669.

Pramudita, A. S., & Agustia, R. E. (2020). E-Service Quality dan E-Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Website Traveloka . com Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan hal yang tidak dapat dihindari oleh setiap negara di dunia , maka informasi bisa diketahui dengan ce. 15, 105–114.

Rahmadini, A., & Muslihat, A. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan E-service Quality terhadap Minat Beli pada Marketplace Lazada di Media Sosial Facebook. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(6), 1739–1761. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i6.1073

Ramadan, F., & Hafid, H. (2021). Pengaruh online customer review dan e-service quality terhadap keputusan pembelian melalui marketplace The influence of online customer reviews and e-service quality on purchasing decisions through the marketplace. 23(3), 405–412.

Suharyati, S., Sustiyatik, E., & Ruhamak, M. D. (2021). Pengaruh Harga, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Pada Ud. Tri Jaya Rizki Abadi Di Kabupaten Kediri. RISK: Jurnal Riset …, 2. http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/risk/article/view/1809

Wulandari, J., Adistya, D., Ilmu, J., Bisnis, A., & Lampung, U. (2020). ANALISIS E-TRUST , E-WOM , DAN E-SERVICE QUALITY DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE. 3(November), 63–75.

Yunita, N. R., Sumarsono, H., & Farida, U. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Buka Lapak (Studi Kasus Pada Komunitas Buka Lapak Ponorogo). ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 90. https://doi.org/10.24269/iso.v3i1.243

Zulfa, L., & Hidayati, R. (2018). Analisis Pengaruh Persepsi Risiko, Kualitas Situs Web, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce Shopee Di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management, 7(3), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v16i3.7084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor's Address :
Gedung O  Magister Management Program of Universitas Semarang.
Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari. Semarang, Jawa-Tengah,  Telp: 024-6702757; Fax: 024-6702272,  e_mail: jreb@usm.ac.id
 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.