Peran kepuasan konsumen sebagai pemediasi determinan yang mempengaruhi niat beli ulang kacamata resep

Levya Otivian Nuvida, Kuswardani DC, Sudjito Sudjito

Abstract


Lingkungan bisnis yang semakin ketat dan kompetitif menuntut perusahaan untuk menyesuaikan diri pada setiap perubahan yang terjadi serta siap menerima semua tantangan yang ada. Keberlangsungan suatu optik terletak pada keberhasilan optik tersebut membawa para konsumennya tetap setia melakukan pembelian ulang kacamata resep untuk keberhasilan rehabilitasi refraksi. Penjualan optik XYZ masih jauh berada dibawah para kompetitornya sehingga perlu merumuskan strategi yang tepat agar dapat meningkatkan niat beli ulang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan apakah ada pengaruh atribut produk, pengalaman konsumen dan nilai yang dirasakan terhadap niat beli ulang. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling yaitu sebanyak 126 reseponden diolah menggunakan path analysis dengan bantuan Smart PLS versi 4.0. Experiential marketing theory dipilih sebagai pisau analisis pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel atribut produk, pengalaman konsumen dan nilai yang dirasakan berpengaruh terhadap niat beli ulang serta kepuasan konsumen terbukti secara statistik mampu memediasi pengaruh atribut produk terhadap niat beli ulang. Optik XYZ diharapkan mampu untuk terus memberikan kelengkapan produk yang akan memberikan nilai ekslusivitas yang diharapkan oleh konsumennya agar niat untuk membeli ulang semakin meningkat dari waktu ke waktu. 

An increasingly tight and competitive business environment requires companies to adapt to every change and be ready to accept all existing challenges. An optic's sustainability lies in its success in bringing its consumers to remain loyal in repurchasing prescription glasses for successful refractive rehabilitation. XYZ optical sales are still far below its competitors, so it is necessary to formulate the right strategy to increase repurchase intentions. This research aims to find out and explain whether product attributes, consumer experience, and perceived value influence repurchase intention. Sampling used a non-probability sampling technique; 126 respondents were processed using path analysis with the help of Smart PLS version 4.0. Experiential marketing theory was chosen as the analytical tool in this research. The research results show that the variables of product attributes, consumer experience, and perceived value influence repurchase intentions, and consumer satisfaction is statistically proven to mediate the influence of product attributes on repurchase intentions. Optik XYZ must be able to provide complete products that will provide the exclusivity value expected by consumers so that their intention to repurchase increases over time.


Keywords


atribut produk; kepuasan konsumen; niat beli ulang; nilai yang dirasakan; pengalaman konsumen

References


Adji, J. (2014). Pengaruh Satisfaction dan Trust Terhadap Minat Pembelian di Starbucks The Square Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–10.

Aulia, S. A., Sukati, I., & Sulaiman, Z. (2016). A review: Customer perceived value and its Dimension. Asian Journal of Social Sciences and Management Studies, 3(2), 150–162.

Baehaqi, M. A., Udayana, I. B. N., & Welsa, H. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk terhadap Customer Satisfaction dan Keputusan Pembelian Konsumen. Widya Manajemen, 4(1), 21–33.

Bag, S., Tiwari, M. K., & Chan, F. T. S. (2019). Predicting the consumer’s purchase intention of durable goods: An attribute-level analysis. Journal of Business Research, 94, 408–419.

Cendana, Y. (2020). Pengaruh customer perceived value terhadap niat beli ulang sepatu Wakai.

Core, C. L., & Suprapti, N. W. S. (2018). NIAT KONSUMEN MEMBELI ULANG PRODUK MEWAH SMARTPHONE. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7(06).

Dewi, T. U., & Nugroho, P. N. A. (2020). Pengaruh Customer Experience Terhadap Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty Institut Francais Indonesia Di Surabaya. Jurnal Teknologi Dan Terapan Bisnis, 3(2), 30–39.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program smartpls 3.0 untuk penelitian empiris. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Goh, S. K., Jiang, N., Hak, M. F. A., & Tee, P. L. (2016). Determinants of smartphone repeat purchase intention among Malaysians: A moderation role of social influence and a mediating effect of consumer satisfaction. International Review of Management and Marketing, 6(4), 993–1004.

Huang, C.-L., & Yuan, K. (2015). The influence of perceived value on repurchase intention: A leading 3C retailer in Taiwan as an example. International Journal of Information Technology and Business Management, 43(1), 2304–2337.

Keiningham, T., Ball, J., Benoit, S., Bruce, H. L., Buoye, A., Dzenkovska, J., Nasr, L., Ou, Y.-C., & Zaki, M. (2017). The interplay of customer experience and commitment. Journal of Services Marketing, 31(2), 148–160.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 penerbit Erlangga.

Lee, K.-T., & Koo, D.-M. (2012). Effects of attribute and valence of e-WOM on message adoption: Moderating roles of subjective knowledge and regulatory focus. Computers in Human Behavior, 28(5), 1974–1984.

Liusito, R. A., Tulung, J. E., & Saerang, R. T. (2020). The influence of consumer trust and perceived value on consumer purchase decision of e-commerce in social media (study case in Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(4).

Luo, Y., Wang, W., & Sakura, W. (2019). Factors affecting service innovation, customer value toward customer satisfaction: Case on health care industry. Revista de Cercetare Si Interventie Sociala, 64, 213–222.

Maghnati, F., Ling, K. C., & Nasermoadeli, A. (2012). Exploring the relationship between experiential marketing and experiential value in the smartphone industry. International Business Research, 5(11), 169.

Mariah, M., & Nurbaiti, D. (2019). Pengaruh persepsi online store dan offline store pada persepsi nilai dan dampaknya terhadap minat beli pada produk fashion. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 2(2), 215–222.

Nugroho, N. A. (2015). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Counter Perdana Di Gresik). Brawijaya University.

Pather, P. (2017). Brand equity as a predictor of repurchase intention of male branded cosmetic products in South Africa. Business & Social Sciences Journal, 2(1), 1–23.

Prasetyo, D. W., & Wasis, W. (2019). Pengaruh Experiental Marketing terhadap loyalitas konsumen dan dimediasi oleh kepuasan konsumen. MBR (Management and Business Review), 3(2), 71–82.

Rageh Ismail, A., Melewar, T. C., & Woodside, A. (2013). Using netnography research method to reveal the underlying dimensions of the customer/tourist experience.

Ramadhan, A. G., & Santosa, S. B. (2017). Analisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan citra merek terhadap minat beli ulang pada sepatu nike running di semarang melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 59–70.

Ratnasari, E., Hidayat, R. M., & Arifin, M. H. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Online Customer Review terhadap Minat Beli Konsumen pada Marketplace Shopee (Studi pada Pengguna Shopee di Banjarmasin). Smart Business Journal (SBJ), 2(2).

Resti, D., & Soesanto, H. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan melalui Kepuasan Pelanggan terhadap Minat Beli Ulang pada Rumah Kecantikan Sifra Di Pati. Diponegoro Journal of Management, 28–39.

Robustin, T. P., Andi, R., Suroso, I., & Yulisetiarini, D. (2018). Awareness of Tourism Products and Tourist Satisfaction: A Case of Indonesia. J. Bus. Econ. Review, 3(2), 35–41.

Runaika, N., & Nizam, A. (2020). Pengaruh kepuasan harga terhadap niat pembelian ulang dengan variabel customer perceived value sebagai pemediasi pada pengguna kartu internet Telkomsel di Banda Aceh. Jurnal Manajemen Inovasi, 11(1), 83–96.

Sani, A., & Maharani, V. (2013). Metodologi Penelitian Manajemen Sumberdaya Manusia: Teori. Kuesioner Dan Analisis Data: Malang.

Sinollah, S., & Khilmi, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan di Lumbung Stroberi Kota Batu. SKETSA BISNIS, 9(2), 2014–2225.

Suandana, N. P. W., Rahyuda, K., & Yasa, N. N. K. (2016). Pengaruh pengalaman membeli produk fashion terhadap niat membeli kembali melalui kepuasan dan kepercayaan pelanggan. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 10(1), 85–97.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225, 87.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v16i2.6802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor's Address :
Gedung O  Magister Management Program of Universitas Semarang.
Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari. Semarang, Jawa-Tengah,  Telp: 024-6702757; Fax: 024-6702272,  e_mail: jreb@usm.ac.id
 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.