Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada produk jasa wedding organizer

Citra Rizkiana, Sinta Mayasari Bekti, Edy Suryawardana, Irma Satya Indriyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada produk jasa.  Jasa wedding organizer merupakan produk jasa yang melibatkan personalisasi dari pelayanannya. Penelitian ini menggunakan harga, promosi, dan kualitas pelayanan sebagai variabel independent dan kepuasan konsumen sebagai variabel dependen. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen pengguna jasa Zarina Wedding Organizer dengan jumlah populasi dan sampel 96 responden, dengan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian persepsi harga berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, yang artinya konsumen akan membandingkan harga jasa dengan jasa wedding organizer lain. Konsumen merasa puas ketika harga sesuai dengan ekspektasi pelayanan jasa yang diinginkan. Promosi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen. Semakin sesuai promosi dengan ekspektasi konsumen maka konsumen akan semakin puas. Kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen artinya kualitas pelayanan jasa mempunyai segala sesuatu upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen serta ketepatan penyampaiannya dalam mengimbangi harapan konsumen.

This study aims to analyze the effect of price, promotion, and service quality on consumer satisfaction with service products. Wedding organizer services are service products that involve personalization of their services. This study uses price, promotion, and service quality as the independent variables and customer satisfaction as the dependent variable. The population of this research is consumers who use the services of Zarina Wedding Organizer with a total population and sample of 96 respondents, using purposive sampling method. The data analysis method used in this study is multiple linear regression. The results of the research on price perceptions have a significant positive effect on consumer satisfaction, which means that consumers will compare service prices with other wedding organizer services. Consumers are satisfied when the price matches the expectations of the desired service. Promotion has a significant positive effect on consumer satisfaction. The more appropriate the promotion with consumer expectations, the more satisfied consumers will be. Service quality has a significant positive effect on customer satisfaction, meaning that the quality of service has everything in an effort to fulfill the needs and desires of consumers and the accuracy of delivery in balancing consumer expectations.


Keywords


customer satisfaction; price; promotion; service quality

Full Text:

PDF

References


Dwiyantono, T. N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1689–1699.

Efnita, T. (2017). Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Wedding Organizer. AdBispreneur, 2(2), 107–115. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v2i2.13162

George Stonehouse and Brian Snowdon. (2007). Journal of Management Inquiry: Competitive Advantage Revisited: Michael Porter on Strategy and Competitiveness. Journal Management Inquiry, 16(September), 256–273. https://doi.org/10.1177/1056492607306333

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25.

Gulla. (2017). Kulitas Pelayanan, Harga Dan Promosi4. 1–16.

Gulla, R., Oroh, S. G., & Roring, F. (2015). Analysis of Price, Promotion, and Service Quality To Consumer Satisfaction on Manado Grace Inn Hotel. Jurnal EMBA, 3(1), 1313–1322.

Haryoko, U. B., Delimah Pasaribu, V. L., & Ardiyansyah, A. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Firman Dekorasi (Wedding Organizer). Point, 2(1). https://doi.org/10.46918/point.v2i1.566

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.251

Ilmu, J., & Volume, R. M. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Tehadap Kepuasan Konsumen Yohanes Profesional Wedding Wulandari Aniek Wahyuati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. 6.

Maharani Purnama, P. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Wedding Organizer Di Kota Prabumulih. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 140. https://doi.org/10.32502/jimn.v7i2.1564

Nikmah, & Ar-Rasyid, G. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Divisi Local Government Service PT. Telkom Indonesia, Kebon Sirih Jakarta). Jurnal Manajemen FEB-UB, 7(1), 47–67.

Pasaribu, R. F. A., Sianipar, I. L., Siagian, Y. F., & Sartika, V. (2019). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Soyjoy Pt. Amerta Indah Otsuka Kota Medan. Jurnal Manajemen, 5(1), 45–52.

Pendidikan, S., Rias, T., Teknik, F., & Surabaya, U. N. (2021). 41018-Article Text-63157-1-10-20210702 (1). 10, 43–49.

Rahmawati, A. N., & Susilowati, L. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan IndiHome di STO Injoko Witel Surabaya Selatan). Jurnal Sosial Ekonomi Dan Politik, 2(3), 9–16.

Rahmawati, I., Andhika, A., Hasanah, A. U., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Elastisitas: Kajian Pendidikan Ekonomi, Ilmu Ekonomi, Dan Kewirausahaan, 2(2), 117–124.

Rosalin, L. dian. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Permata Wedding Organizer. Jurnal Ekonomi Perjuangan, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36423/jumper.v3i1.778

Rozi & Sukaris. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Katon Ayu Wedding Organizer Gresik. Jurnal Mahasiswa Manajemen Volume 01 Nomor 01 Tahun 2020, 53(9), 1689–1699.

Sahroma, K. S. P., & Anasrulloh, M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Pada Nadzira Wedding Organizer Tulungagung. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 1(2), 57–62. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v1i2.16670

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Surianto, Ketmi Novrin; Istriani, E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Grab-Cardi Yogyakarta. Prosiding SENDI -U 2019, 345–358.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pemasaran Esesi dan Aplikasi. Andi Offset.

Winata, A., & Isnawan, A. F. (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Jasa Terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Emersia Di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Magister, 03(02), 133–149. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/jmmd/article/view/989/644%0A




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v16i1.6260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor's Address :
Gedung O  Magister Management Program of Universitas Semarang.
Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari. Semarang, Jawa-Tengah,  Telp: 024-6702757; Fax: 024-6702272,  e_mail: jreb@usm.ac.id
 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.