ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN SUB BAGIAN AKADEMIK TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA DI FEB UNDIP SEMARANG

Adhi Widyakto, Dian Triyani, Rr. Lulus Prapti N.S.S

Abstract


This study aims to determine the quality of academic service on student loyality. The object of this research at the FEB Undip. The independent variables in this study are tangibles, responsiveness, reliability. The dependent variable in this study is student luck at the Faculty of Economics and Businees at Diponegoro University. The population in this research is 3575 active students with a sample of 150 students. The method used in this research is a probability sampling method with proportional stratified random sampling technique. This research uses Multiple Linear Regression Analysis tool.The results showed that the tangibles, responsiveness, reliability partially has a positive and significant effect on student satisfaction effect on student loyality at the Faculty of Economics and businees, University Diponegoro.

Riset ini bemaksud guna mengenal bobot layanan sub bagian Akademik berkenaan loyalitas mahasiswa. Obyek pada riset ini di FEB Undip. Komponen independen pada riset ini adalah bukti nyata (tangibles), kemampuan reaksi (responsiveness), kehandalan (realibility). faktor dependen dalam riset ini ialah kepuasan mahasiswa FEB Undip. Jumlah populasi pada riset ini sebanyak 3575 mahasiswa aktif dengan sampel yang digunakan sejumlah 150 mahasiswa. Teknik yang dipakai dalam riset ini ialah metode probability sampling berdasarkan teknik proportional stratified random sampling. Riset ini memakai alat Analisis Regresi Linear Berganda. Kesimpulan Riset memperlihatkan kalau aspek bukti nyata (tangibles), kemampuan reaksi (responsiveness), kehandalan (realibility) secara parsial berdampak positif dan signifikan kepada kepuasan pelayanan berakibat kepada loyalitas mahasiswa di FEB Undip.



Keywords


Tangibles; responsiveness; reability,loyality

Full Text:

PDF

References


Alfiani, Arifah. 2016. Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Administrasi Akademik Di Subbag Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Amirudin (2017), Kinerja Pegawai Tata usaha dengan Mutu Layanan Administrasi di Madrasah, Jurnal Al-Idarah

Arimawati, Renata dan Djastuti, Indi. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kinerja Pegawai Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro. Diponegoro Journal Of Management: Volume 2, Nomor 2, Tahun 2013, Halaman 1- 9. Semarang.

Akbar, Robby Nur. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Nasabah Prioritas PT. AIA Financial cabang Malang, Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 30 No. 1 Januari 2016. Universitas Brawaijaya. Malang.

Barry, Rivan Khairu. 2019. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Mandalatama Armada Motor. Skripsi. Universitas Semarang.

Darmadji, T., & Fakhruddin, H. M. (2001). Pasar Modal Di Indonesia: Pendekatan Tanya Jawab. Salemba Empat.

Endang, Fatmawati. (2003). Analisis Kualitas Pelayanan Pada Bagian Administrasi Fakultas Ekonomi UNDIP. Tesis. Universitas Diponegoro.

Fauziah, Luluk. 2019. Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Bengkel Ahass 00002 Siliwangi Semarang. Skripsi. Universitas Semarang

Fera Maulina (2019), Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Syariah Mandiri Singkawang

Fuad Mas ud. 2004.Survei Diagnosis Organisasional.Badan Penerbit UNDIP

Ghozali, Imam (2005), Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS, Semarang, Badan Penerbit UNDIP

Irawan, H. (2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Penerbit PT. Elex Media Komputindo Gramedia, Jakarta.

Juhana, Dudung dan Mulyawan, Ali. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Pendidikan terhadap Kepuasan Mahasiswa di STMIK Mardira Indonesia Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship Vol.9, No.1, April 2015 1-15 ISSN 2443-0633. STTMIK Mardira Indonesia. Bandung.

Kotler, Philip dan A.B Susanto. 2000. Tata laksana Pemasaran Jasa Di Indonesia, Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian (Edisi Pertama). Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2002). Tata laksana Pemasaran: Analisis, Perencanaan dan Pengendalian edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Erlangga.

Kotler, Philip, dan Garry. Armstrong. 2012. Prinsip Prinsip Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1, Jakarta, Erlangga.

Kurniasari, Fera. 2019. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Hotel Bliss Soetta Semarang). Skripsi. Universitas Semarang.

Lovelock CH. (2002). Service Marketing. Second Edition, Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hal Inc.

Mangkunegara, AA Anwar Prabu (2013), Tata laksana Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung

Marthalina, (2018), Analisis Kualitas Pelayanan Akademik dan Kepuasan Mahasiswa di IPDN Kampus Jakarta, Jurnal Tata laksana Sumber Daya manusia, 5

Nasution, S. (2004). Metode Riset Penelitian Ilmiah. Cetakan Ketujuh. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Parasuraman, A. L.L. Berry, and V.A. Zeithaml (1988): SERVQUA: A Multiple- Item Scale for Measurung Concumer Perception of Service Quality. Cambridge, Mass: Marketing.

Pratama, Flady Dian dan Asmoro, Eddi Indro. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus Di Fakultas Teknik Prodi Teknik Industri Unisbank Semarang). Jurnal Dinamika Teknik Vol. XIII No. 1 Januari 2020 ISSN: 1412-3339. Universitas Stikubank. Semarang.

Rahareng, Vinny Jennifer dan Relawan, Nurnida. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Telkom). Jurnal AdBispreneur Vol.2, No.2 Agustus 2017 Hal. 125-133. Universitas Telkom.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v14i2.4230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor's Address :
Gedung O  Magister Management Program of Universitas Semarang.
Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari. Semarang, Jawa-Tengah,  Telp: 024-6702757; Fax: 024-6702272,  e_mail: jreb@usm.ac.id
 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.