PERAN CITRA MEREK DAN HARGA DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA RANAHCREATIVE DI JABODETABEK

Mitta Amelia Agustine, Miguna Astuti, Rosali Sembiring

Abstract


Banyak faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam memutuskan suatu pembelian. Salah satu faktor tersebut yaitu citra merek dapat menjadi kekuatan di usaha dalam berbagai bidang untuk menarik konsumen. Faktor lainnya yaitu keterjangkauan harga yang sesuai dengan daya beli akan mempengaruhi pula konsumen dalam menentukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian jasa Ranahcreative di Jabodetabek. Populasi pada penelitian ini merupakan konsumen Ranahcreative yang berjumlah 134 orang. Kemudian sampel pada penelitian dihitung menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sebanyak 100 responden. Penentuan sampel kemudian menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling. Skala pengukurannya menggunakan skala likert. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu SmartPLS3.0 dengan teknik analisis yang dilakukan yaitu analisis deskriptif, analisis inferensial, Uji validitas, Uji Reliabilitas, Uji R-Square, Uji-T dan Uji F. Hasil analisis data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, citra merek dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Many factors can influence consumption in making decisions. One of these factors, namely brand image can be a strength in businesses in various fields to attract consumption. Another factor, namely the affordability of prices in accordance with purchasing power, will also influence the decision to purchase. This study aims to see the effect of brand image and the price of purchasing decisions for Ranahcreative services in Jabodetabek. The population in this study is consuming Ranahcreative which means 134 people. Then the sample in the study was calculated using the Slovin formula in order to obtain 100 respondents. Determination of the sample then uses probability sampling method with simple random sampling technique. The measurement scale uses a Likert scale. The analytical tool used in this research is SmartPLS3.0 with the analysis technique carried out, namely descriptive analysis, inferential analysis, validity test, reliability test, R-Square test, T-test and F test. The results of data analysis obtained by brand image have an effect on purchase decision, price affects the purchase decision. Simultaneously, brand image and price influence purchasing decisions.


Keywords


Citra Merek, Harga, Keputusan Pembelian, Ranahcreative.

Full Text:

 Subscribers Only

References


Vendor Wedding Photographer Terhbaik di Jakarta. (n.d.). Retrieved November 12, 2020, from www.seputarpernikahan.com

Abadhanny, R. (2019). Marketing Mix And Brand Image On Purchase Decision And Post Purchase Behaviour : Case Study Of Jogja Bay Waterpark. Proceedings on Engineering Sciences, 1, 883–900. https://doi.org/10.24874/PES01.02.094

Alifah, R., Triwardhani, D., & Sembiring, R. (2020). Keputusan Menabung Nasabah BCA Syariah Cabang Jakarta Barat. Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar), 1. Retrieved from https://conference.upnvj.ac.id/index.php/biema/article/view/917

Firmansyah, A. (2019). PEMASARAN (Dasar Dan Konsep) (Q. Media, Ed.). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.

Jumiati, Sudarwati, & Widayanti, R. (2017). Analisis Pengaruh Brand Image, Promosi, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Menginap Dihotel Sala View Solo. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 196–208. https://doi.org/10.21107/jsmb.v4i2.6599

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles Of Marketing 7th European Edition (Vol. 51). Pearson Education Limited.

Maulana, L. H., & Rahayu, E. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Perusahaan Jasa Pengiriman Paket Pada Pt Jne Agen 012 Citeureup Kabupaten Bogor. Jurnal Visionida, 5(1), 69. https://doi.org/10.30997/jvs.v5i1.1807

Purnamasari, R. P. (2018). PENGARUH CITRA MEREK , DIFERENSIASI PRODUK DAN POSITIONING TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN DI HOTEL BINTANG 4 DI KOTA BANDUNG. Jurnal Kajian Bahasa Dan Pariwisata, 191–202. https://doi.org/10.34013/barist.v5i2.121

Putranto, A. T., & Rusmiati, H. (2019). Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Grosir Herbal Di Pondok Aren, Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(1), 35. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i1.3603

Rahayu, R. P., & Alfian, N. (2018). Pengaruh Faktor Harga, Tempat Dan Waktu Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Pt. Jne Pamekasan. Makro: Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 147–158. https://doi.org/10.36467/makro.2018.03.02.02

Rossanty, Y., Nasution, M. D. T. P., & Ario, F. (2018). Consumer Behaviour In Era Millenial. Medan: Lembaga Penelitian Dan Penulisan Ilmiah Aqli. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=LgmZDwAAQBAJ&pg=PA14&dq=dimensi+keputusan+pembelian&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwik-Oie3_DsAhWBYysKHTqqCUEQ6AEwBHoECAUQAg#v=onepage&q=dimensi keputusan pembelian&f=false

Sanjaya, H. B., Ruslan, D. R., Sundari, S. R., & Aulia, M. (2020). Analisis peluang bisnis jasa fotografi ” garis photography ” dengan business model canvas dan analisis swot. 17(2), 202–207.

Setiawan, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Kurir Jne, Agen Jasafa Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat. Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 1(2), 166–178. https://doi.org/10.31334/trans.v1i2.301

Sudjirin, M. M., Ariani, M. N., & Handayani, T. (2020). Keputusan Penggunaan Grab-Bike pada Mahasiswa UPN Veteran Jakarta di Pondok Labu. Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi I. Retrieved from https://repositories.lib.utexas.edu/handle/2152/39127%0Ahttps://cris.brighton.ac.uk/ws/portalfiles/portal/4755978/Julius+Ojebode%27s+Thesis.pdf%0Ausir.salford.ac.uk/29369/1/Angela_Darvill_thesis_esubmission.pdf%0Ahttps://dspace.lboro.ac.uk/dspace-jspui/ha

Suprapto, R., & Azizi, Z. W. (2020). Buku Ajaran Manajemen Pemasaran (1st ed.). Ponorogo: Myria Publisher. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=uHbJDwAAQBAJ&pg=PA52&dq=manajemen+pemasaran+harga&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwjt7_bt45zpAhVN6nMBHfQGDYMQ6AEIPDAC#v=onepage&q&f=true

Usmiar, & Nurhamidah. (2019). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar Indosat. V(2), 44–52. https://doi.org/10.31869/me.v5i1.1275




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v14i1.3237

Refbacks



Editor's Address :
Gedung O Magister Management Program of Universitas Semarang.
Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari. Semarang, Jawa-Tengah, Telp: 024-6702757; Fax: 024-6702272, e_mail: jreb@usm.ac.id
 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.