SARANA TEKNOLOGI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA DIMEDIASI SISTEM INFORMASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Positif dan signifikan antara sarana pendukung teknologi informasi dan budaya organisasi terhadap sitem informasi dan kepuasan kerja. Unit analisis penelitian adalah operator dari poliklinik Biddokkes. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan angket berbentuk kuesioner. Responden yang digunakan sebanyak 83 operator. Metode analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) 3.0. Penelitian ini berhasil membuktikan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara sarana pendukung teknologi informasi terhadap kepuasan kerja, sarana pendukung teknologi informasi terhadap sistem informasi, budaya organisasi terhadap sitem informasi dan sistem informasi terhadap kepuasan kerja. Sedangkan hubungan yang positif dan tidak signifikan ditunjukkan oleh hubungan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja.
This study aims to determine whether there is a positive and significant influence between the means of supporting information technology and organizational culture on information systems and job satisfaction. The unit of research analysis is the operator of Biddokkes polyclinic. Data collection is done by distributing questionnaires in the form of questionnaires. Respondents used were 83 operators. The analytical method used in testing hypotheses is Structural Equation Modeling (SEM) using Partial Least Square (PLS) 3.0. This research succeeded in proving a positive and significant relationship between information technology supporting facilities on job satisfaction, information technology supporting facilities on information systems, organizational culture on information systems and information systems on job satisfaction. While the positive and insignificant relationship is shown by the relationship of organizational culture to job satisfaction.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali dan Agustian, 2018, Analisa Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan di Rumah Sakit Muhammadiyah Metro, Jurnal Ilmiah FE-UMM Economic Sciences Vol. 12 No. 2
Fendini, Dian Septiayu. 2013. Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna (Survei Pada Karyawan Pengguna Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) Di PT. PLN (Persero) Area Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Universitas Brawijaya Malang.
Ibrahim, M. Dan Dahlias, A. 2016. Pengaruh Fasilitas Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Pt. Bank Riau Kepri Cabang Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi, Jurnal Online Mahasiswa Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.
Mustika, Agnes Dan Utomo, Hardi. 2013. Pengaruh Budaya Organisasi, Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Variabel Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Koperasi Simpan Pinjam Gradiska Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2013), Among Makarti Vol.6.
Nelson, R. R., Todd, P. A., And Wixom, B. H. 2005. Antecedents Of Information And System Quality: An Empirical Examination Within The Context Of Data Warehousing. Management Information Systems, 21.
O brien, James A. Dan George M. Marakas. 2009. Introduction To Information Systems. Fifteentb Edition. Mcgraw-Hill
Paramita, Anindita Dana. Suharnomo. Perdhana, Mirwan Surya. 2016. Analisis Pengaruh Servant Leadership Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Dinas PSDA Dan ESDM Kota Semarang), Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Magister Manajemen Universitas Diponegoro
Pariyatin, Y. 2015. Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Pelayanan Di Kampung Sampireun Resort & Spa, Jurnal Algoritma.
Rahmawati, Diana. 2010. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Administrasi Dan Pengaruh Kualitas Pelayanan Pegawai Administrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Lingkungan Fise Uny, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VIII.
Rasyid, Harun Al. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas. Jurnal Eccodemica. Vol.1.
Robbins, Dan Judge, 2006, Organizational Behavior. New Jersey: Prentice Hall International, Inc
Rosnidah, I. 2010. Pengaruh Tingkat Pendidikan Auditor, Besarnya Kapuasan Dan Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Kerja Auditor Dan Implikasinya Pada Kualitas Audit (Survei Pada Kap Di Jakarta), Jakarta, Jurnal Akuntansi Universitas Tarumanegara Vol. 14.
Sugiyanto. Susanto, Djoko. 2018. Analisis Pengaruh Kompetensi, Sarana Pendukung Teknologi Informasi Dan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Terhadap Kinerja Sdm (Studi Kasus Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Madya Pabean Semarang). Jurnal Manajemen. Universitas Semarang
Wirawan, 2015, Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia: Teori, Psikologi, Hukum Ketenagakerjaan, Aplikasi Dan Penelitian: Aplikasi Dalam Organisasi Bisnis, Pemerintahan, Dan Pendidikan. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.
Wibowo, 2010, Manajemen Perubahan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v13i3.2971
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editor's Address :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.