Pengaruh bukti fisik dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai intervening pada SRC Sumber Abadi Desa Karangsari

Susila Wardana, Diah Cory Kuswardani, Sujito Sujito

Abstract


Penelitian ini menguji bagaimana bukti fisik dan kepercayaan mempengaruhi keputusan pembelian dengan menempatkan minat beli sebagai variabel intervening di SRC Sumber Abadi Desa Karangsari. Populasi penelitian ini terdiri dari pelanggan SRC Sumber Abadi yang tidak teridentifikasi serta melakukan keputusan pembelian. Sampel penelitian berjumlah 112 responden. Teknik purposive sampling digunakan dalam penelitian ini dengan kriteria minimal berusia 18 tahun serta melakukan pembelian untuk digunakan sendiri. Smart PLS 4.1.0.6 digunakan untuk analisis data mengikuti prosedur pengumpulan data berbasis kuesioner. Temuan analisis menunjukkan bahwa secara langsung bukti fisik dan kepercayaan mempunyai dampak positif dan substansial terhadap keputusan pembelian. Minat membeli secara langsung dipengaruhi positif dan signifikan baik oleh bukti fisik maupun kepercayaan. Secara langsung keputusan pembelian dipengaruhi positif dan signifikan oleh minat pembelian. Secara tidak langsung keputusan pembelian dipengaruhi bukti fisik dan kepercayaan melalui minat beli. Namun, walaupun berpengaruh positif dan signifikan tapi hubungannya lebih kecil antara pengaruh tidak langsung dengan pengaruh langsung. Hal ini berarti bahwa minat beli mampu memedisi tapi hanya sebagian antara bukti fisik dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian.

This research examines how physical evidence and trust influence purchasing decisions by placing purchase intention as an intervening variable at SRC Sumber Abadi Karangsari Village. The population of this research consists of unidentified SRC Sumber Abadi customers who make purchasing decisions. The research sample consisted of 112 respondents. Purposive sampling technique was used in this research with the criteria of being at least 18 years old and purchasing for your own use. Smart PLS 4.1.0.6 was used for data analysis following a questionnaire-based data collection procedure. The analysis findings show that physical evidence and trust directly have a positive and substantial impact on purchasing decisions. Purchase interest is directly influenced positively and significantly by both physical evidence and trust. Purchase decisions are directly influenced positively and significantly by purchase interest. Indirectly, purchasing decisions are influenced by physical evidence and trust through purchasing interest. However, even though the effect is positive and significant, the relationship is smaller between the indirect and direct effects. This means that buying interest is able to mediate but only partially between physical evidence and confidence in purchasing decisions.


Keywords


physical evidence; purchase decision; purchase interest; trust

Full Text:

PDF

References


Agustiningrum, D., & Andjarwati, A. L. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 896–906. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p896-906

Alif Viando, H. R., Ningrum, N. K., & Cahyani, P. D. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi kasus pada Brand Vamo di Yogyakarta). Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 10(2), 503–516.

Alnisyalma, F. (2021). Pengaruh Product Quality, Promotion dan Physical Evidence Terhadap Keputusan Pembelian di Mr. Bubble Cafe Pati. Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR), November, 456–464.

Andryusalfikri, Wahab, Z., & Widiyanti, M. (2019). Effect of Trust, Quality of Products and Quality Services on Purchase Decisions on E-Commerce Shopee in Palembang City. International Journal of Management and Humanities, 3(12), 1–6. https://doi.org/10.35940/ijmh.l0313.0831219

Annisa, P. N., Sudrajat, A., Ekonomi, F., Bisnis, D., Siperbangsa, U., & Abstrak, K. (2022). Analisis Pengaruh Process dan Physical Evidence Terhadap Minat Beli Konsumen dengan Cita Rasa sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Kopi Janji Jiwa Jalan Raya Wadas Cikampek). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 351–372. https://doi.org/10.5281/zenodo.7077484

Anwar, H. (2019). Struktural Equation Modeling (SEM) (Abiratno (ed.); Edition 1). Institut Penulis Indonesia.

Astasari, M. O., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Viral Marketing dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen, 13(2), 1–3.

Ayuningtiyas, K., & Gunawan, H. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi. Journal of Applied Business Administration, 2(1), 152–165.

Cahya, A. D., Andrian, R., Ramadhani, R. C., & Dwijayanti, E. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Roti Bakar 97). JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 5(1), 175–183. https://doi.org/10.29408/jpek.v5i1.3444

Carvalho, H. D. F., Saldanha, E. D. S., & Amaral, A. M. (2020). The Mediation Effects of Customer Satisfaction on the Relations Between Product Price, Service Quality and Purchasing Decision. Timor Leste Journal of Business and Management, 2(1), 14–26. https://doi.org/10.51703/bm.v2i2.18

Cynthia, D., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 104–112.

Dede, S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99

Fandiyanto, R., Ghazali, A. Al, & Arief, M. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis GROWTH, 20(1), 169–182.

Fitriani. (2019). Pengaruh Social Media Marketing(Facebook Ads) Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Mediasi Oleh Word of Mouth Marketing. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 1–8.

Ghozali, L. (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik, Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS. Universitas Diponegoro.

Gunardi, S. (2014). Analisa Pengaruh Produk, Bukti Fisik, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3, 103–111.

Hair, et al. (2016). Kapan menggunakan dan bagaimana melaporkan hasil PLS-SEM. 104, 78–84.

Juwita, S. O. P. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Keputusan pembelian Kredit Kepemilikan Rumah pada BTN Kantor Cabang Surabaya KCP Mojokerto. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 01(01), 1–9.

Lasfiana, E., & Elpanso, E. (2023). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Tiktok Shop. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 7657–7667.

Lianardi, W., & Chandra, S. (2019). Analysis Of Service Quality, Product Completeness, And Price On Purchasing Decisions At Juni Minimarket Pekanbaru. Kewirausahaan Dan Bisnis, 45(1), 45–58.

Ma’arif, B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Citra Merek Di. Widya Manajemen, 4(2), 111–119. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v4i2.2388

Muhammad David Bagus Rahendra, & Audita Nuvriasari. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen First Media Di Kota Tegal. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(3), 175–185. https://doi.org/10.53916/jeb.v18i3.20

Novianti, N., & Saputra, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Minat Beli dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di Minimarket Victoria Tiban. ECo-Buss, 6(1), 66–78. https://doi.org/10.32877/eb.v6i1.656

Novitasari, D. A., & AC, A. M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening pada Nilna Mukena Ngunut Tulungagung. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 962.

Nurlinda R. A. (2018). Model purchase intention sebagai intervening variable dari kepercayaan , kemudahan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian di online shop. Forum Ilmiah, 15, 36–47.

Panigrahi, et al. (2018). Investigating the empirical relationship between service quality, trust, satisfaction, and intention of customers purchasing life insurance products. Indian Journal of Marketing, 48(1), 28–46.

Prihartono, P. (2021). Analysis of Buying Interest: Price, Trust and Advertising (Study Literature Review). Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting, 2(4), 413–423. https://doi.org/10.38035/dijefa.v2i4.1364

Putri, S. Y., Meria, L., & Amroni. (2023). Pengaruh Persepsi Nilai Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Yang Di Mediasi Oleh Minat Beli. Technomedia Journal, 8(1SP), 92–107.

Rachmawati, R. M., Wahyudi, H. D., & Hariri A.P, A. (2016). Pengaruh Kepercayaan Terhadap Minat Beli Melalui Persepsi Risiko Pada Transaksi Jual Beli Online Melalui Media Sosial (Studi pada Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Angkatan 2014) Ratna. Ekonomi Bisnis, 2(2), 214–224.

Rahayu, T. P., Subagyo, & Widodo, M. W. (2022). Pengaruh Aksesibilitas dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Dengan Jaminan Rasa Aman Sebagai Variabel Intervening. Senmea, 7, 727–735.

Rahmawanti, A., Handayani, S., & Setyowati, S. (2021). Analysis of 7P Marketing Mix Factors on Consumer Buying Interests Dodol Kawista Cap Dewa Burung in Rembang District. Habitat, 32(1), 47–53.

Ridwan, M., Militina, T., & Achmad, G. N. (2020). How Trust And Quality Of Information Affect Buying Interest And Purchasing Decisions? (study on Shopee customers in Samarinda). International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(01), 95–102.

Rusdian, S., & Nurjannah, I. A. (2020). Pengaruh Bukti Fisik Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Ramen Ranjang 69). Prismakom, 17(1), 55–61.

Sartika, D. (2021). the Effect of Trust and Ease on Online Purchase Decisions in Pekanbaru. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen , 9(3), 253–262.

Sriyanto, A., & Kuncoro, A. W. (2019). Pengaruh brand ambassador, minat beli dan testimoni terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 8(1), 21–34.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syahrial, H., & Rizan, M. (2015). Pengaruh Tangible, Empathy Dan Assurance Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Raden Auto Jakarta. Manajerial, 9(1), 41.

Walean, R. H., Harianja, H., & Karwur, E. N. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Di Carrefour Transmart Kawanua. Klabat Journal of Management, 1(2), 20. https://doi.org/10.60090/kjm.v1i2.512.20-40

Widyanty, S. (2022). the Effect of Service Quality and Product Quality on Purchase Decisions With Customer Satisfaction As Intervening Variables. Jae (Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi), 7(2), 13–30. https://doi.org/10.29407/jae.v7i2.17865

Winadi, A. A., Tyas, P., Nurhasanah, N., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kemudahan. Jurnal Ekonomi : Journal Og Economic, 10(1), 61.

Zaufariyanto, A. M., Soeliha, S., & Praja, Y. (2023). Pengaruh Perceived Value Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi Pada Toko Jakarta Cloth Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 2(11), 2517.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v17i2.10408

Refbacks



Editor's Address :
Gedung O  Magister Management Program of Universitas Semarang.
Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari. Semarang, Jawa-Tengah,  Telp: 024-6702757; Fax: 024-6702272,  e_mail: jreb@usm.ac.id
 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.