Sistem Informasi Pembelanjaan Pada Outlet Rokok Berbasis Web

Vinna Natasya Anugrah Megasari, Jovita Jessycarissa Amelia Dewanti, Alfiatu Rohmaniyah

Abstract


Rokok merupakan tembakau yang dihasilkan dari campuran daun tembakau yang telah dikeringkan, dicincang dan diolah. Saat ini sudah banyak orang yang membuka gerai rokok, namun ada pula yang mungkin belum mengetahui cara menggunakan sistem web. Selama ini sistem penjualannya masih mengandalkan interaksi langsung dengan konsumen dan konsumen yang ingin membeli harus datang langsung ke toko. Kendala lainnya adalah pengelolaan data pesanan konsumen yang belum tertata rapi, serta proses penjualan yang masih memakan banyak waktu karena pengelolaan data masih dilakukan secara manual di buku catatan. Sebagai solusinya, dibangunlah sistem informasi penjualan rokok berbasis website. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah membangun sistem informasi penjualan rokok untuk mempermudah proses penjualan produk. Hasil penelitian yang diperoleh sistem informasi penjualan ini adalah untuk memudahkan kinerja petugas dalam meningkatkan penjualan produk rokok kepada konsumen sekaligus memudahkan petugas dalam mengelola data produk dan mempermudah proses pencatatan barang secara komputerisasi. Uji kelayakan sistem informasi penjualan telah berhasil diuji dengan teknik kuisioner dan dikonversi berdasarkan kriteria kelayakan sistem. Beberapa hasil uji kelayakan sistem untuk fungsional admin memperoleh skor 100% atau layak dan fungsional konsumen memperoleh skor 100% atau layak.

Keywords


Sistem informasi; website

Full Text:

PDF

References


Fenando, F. (2020). Implementasi E-Commerce Berbasis Web pada Toko Denia Donuts Menggunakan Metode Prototype. JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 6(2), 66-77.

Nugroho, F. E. (2016). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Studi Kasus Tokoku. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 717-724.

Purwanto, H., Sumbaryadi, A., & Sarmadi, S. (2018). E-Crm Berbasis Web Pada Sistem Informasi Penjualan Funiture. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 14(1), 15-20.

Ermawati, E., Ichsan, N., & Wahyuni, T. (2018). Sistem Informasi Penjualan Furniture Berbasis Web. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 13(3), 41-47.

Butsianto, S., & Arifin, E. N. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Metode Prototyping Pada Toko Bay Sticker. vol, 10, 87-97.

Widya, S., & Sembiring, F. (2023). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Pada Keler Bouquet Dengan Metode Prototype. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika), 8(1), 35-42.

Nurmalasari, A., & Arisussandi, R. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Laporan Laba Rugi Berbasis Web Pada PT. United Tractors Pontianak.

Yani, A., Saputra, B., & Jurnal, R. T. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Evaluasi Siswa Dan Kehadiran Guru Berbasis Web: Studi Kasus Di Smk Nusa Putra Kota Tangerang.

Rahmawati, N., & Mulyono, H. (2016). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Berbasis Web Pada Toko Billy. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 1(2), 104-116.

Indera, R. (2015). Pengembangan sistem informasi penjualan alat kesehatan berbasis web pada Pt. Alfin Fanca Prima. Positif: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jprt.v19i2.8344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Penerbit

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang

Alamat Redaksi:

Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Jawa Teangah, Indonesia 50196 Telp: 024-6702757 psw: 8302 Fax: 024-6702272 e-mail: jprt@usm.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.