Penerapan Metode WP Dalam Menentukan Barang Paling Diminati Di Toko Aksesoris

MAYLINDA ADELIA, Okinawa Edy Widianata, Puji Lestari

Abstract


Toko Lovabel merupakan perusahaan yang bergerak di bidang aksesoris. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dalam menghadapi permasalahan persaingan bisnis, terdapat beberapa permasalahan yang sering terjadi salah satunya yaitu belum memiliki prosedur dalam menentukan barang yang paling diminati oleh pelanggan. Penentuan yang dilakukan saat ini belum terstruktur dan dapat bervariasi dari waktu ke waktu. Hal ini dapat menjadi tantangan yang signifikan dalam upaya memenangkan persaingan dan membangun pangsa pasar yang kuat. Kinerja dari metode WP mampu melakukan perkalian terbobot pada setiap kriteria setelah di pangkatkan dan hasil keputusan berupa perankingan. Kriteria yang digunakan terdiri dari harga, kualitas produk, jumlah barang yang terjual, diskon barang, lama pengiriman, dan sistem pembayaran. Sehingga pemilihan penentuan barang terhadap pelanggan perlu dilakukan dengan menggunakan metode yang tepat sesuai dengan standar perusahaan yaitu WP (Weight Product) dengan tujuan untuk mengoptimalkan keputusan bisnis serta membantu perusahaan dalam menilai maupun membandingkan barang-barang yang berbeda berdasarkan kriteria yang relevan.

Keywords


Pengembangan Teknologi dan Rekayasa Teknologi

Full Text:

PDF

References


Suyanto, S., & Wahyudi, S. (2020). Penerapan Metode Weighted Product (WP) dalam

Menentukan Barang Paling Diminati di Toko Aksesoris. Jurnal Sistem Informasi Bisnis,

(2), 137-146.

Pratama, A. R., & Sutrisno, D. (2019). Analisis Penerapan Metode Weighted Product (WP) dalam

Menentukan Barang Paling Diminati di Toko Aksesoris XYZ. Jurnal Informatika, 5(2), 97-

Supriyanto, A., & Santoso, A. B. (2018). Penerapan Metode Weighted Product (WP) dalam

Menentukan Produk Terbaik di Toko Aksesoris. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu

Komputer, 5(2), 123-130.

Nugroho, A. B., & Wibowo, A. (2017). Analisis Penerapan Metode Weighted Product (WP) dalam

Menentukan Barang Paling Diminati di Toko Aksesoris. Jurnal Ilmiah Teknik Industri,

(1), 45-52.

K. Ilmiyah and I. Krishernawan, “Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan

Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto,” Mak. J.

Manaj., 2020, doi: 10.37403/mjm.v6i1.143.

R. S. Melati and R. Dwijayanti, “Pengaruh harga dan Online Customer Review Terhadap

Keputusan Pembelian Case Handphone Pada Marketplace Shopee (Studi Pada

Mahasiswa Surabaya),” J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 8, no. 2, pp. 882–888, 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jprt.v8i1.8332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Penerbit

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang

Alamat Redaksi:

Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Jawa Teangah, Indonesia 50196 Telp: 024-6702757 psw: 8302 Fax: 024-6702272 e-mail: jprt@usm.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.