Penerapan Metode WP Dalam Menentukan Barang Paling Diminati Di Toko Aksesoris
DOI:
https://doi.org/10.26623/jprt.v8i1.8332Keywords:
Pengembangan Teknologi dan Rekayasa TeknologiAbstract
Toko Lovabel merupakan perusahaan yang bergerak di bidang aksesoris. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dalam menghadapi permasalahan persaingan bisnis, terdapat beberapa permasalahan yang sering terjadi salah satunya yaitu belum memiliki prosedur dalam menentukan barang yang paling diminati oleh pelanggan. Penentuan yang dilakukan saat ini belum terstruktur dan dapat bervariasi dari waktu ke waktu. Hal ini dapat menjadi tantangan yang signifikan dalam upaya memenangkan persaingan dan membangun pangsa pasar yang kuat. Kinerja dari metode WP mampu melakukan perkalian terbobot pada setiap kriteria setelah di pangkatkan dan hasil keputusan berupa perankingan. Kriteria yang digunakan terdiri dari harga, kualitas produk, jumlah barang yang terjual, diskon barang, lama pengiriman, dan sistem pembayaran. Sehingga pemilihan penentuan barang terhadap pelanggan perlu dilakukan dengan menggunakan metode yang tepat sesuai dengan standar perusahaan yaitu WP (Weight Product) dengan tujuan untuk mengoptimalkan keputusan bisnis serta membantu perusahaan dalam menilai maupun membandingkan barang-barang yang berbeda berdasarkan kriteria yang relevan.References
Suyanto, S., & Wahyudi, S. (2020). Penerapan Metode Weighted Product (WP) dalam
Menentukan Barang Paling Diminati di Toko Aksesoris. Jurnal Sistem Informasi Bisnis,
(2), 137-146.
Pratama, A. R., & Sutrisno, D. (2019). Analisis Penerapan Metode Weighted Product (WP) dalam
Menentukan Barang Paling Diminati di Toko Aksesoris XYZ. Jurnal Informatika, 5(2), 97-
Supriyanto, A., & Santoso, A. B. (2018). Penerapan Metode Weighted Product (WP) dalam
Menentukan Produk Terbaik di Toko Aksesoris. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu
Komputer, 5(2), 123-130.
Nugroho, A. B., & Wibowo, A. (2017). Analisis Penerapan Metode Weighted Product (WP) dalam
Menentukan Barang Paling Diminati di Toko Aksesoris. Jurnal Ilmiah Teknik Industri,
(1), 45-52.
K. Ilmiyah and I. Krishernawan, “Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan
Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto,” Mak. J.
Manaj., 2020, doi: 10.37403/mjm.v6i1.143.
R. S. Melati and R. Dwijayanti, “Pengaruh harga dan Online Customer Review Terhadap
Keputusan Pembelian Case Handphone Pada Marketplace Shopee (Studi Pada
Mahasiswa Surabaya),” J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 8, no. 2, pp. 882–888, 2020