Sistem Pendukung Keputusan Perekrutan Pegawai Dengan Metode Topsis

Aditia Dwi Mulyarana, wahyuni wahyuni, Muhammad Miftahul Mughis

Abstract


Rekrutmen pegawai adalah proses mencari, memilih, menerima dan mengevaluasi pekerja yang memenuhi persyaratan yang diharapkan perusahaan dan kriteria kompetensi yang ditetapkan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah  merekrut calon pegawai sesuai  kriteria yang diinginkan perusahaan, namun saat ini sudah banyak perusahaan  yang sering mengalami kendala pada proses penyerahan dan seleksi karena dilakukan secara manual saja,  Mungkin saja terjadi kesalahan pada model pemilihan ini dimana hasilnya  tidak sesuai   kriteria calon pegawai yang diinginkan perusahaan. Sehingga diperlukan sistem pendukung  Pengambilan Keputusan (SPK) dengan metode TOPSIS (teknik mengurutkan preferensi berdasarkan kemiripan dengan solusi ideal)  merekrut karyawan dengan berbagai kriteria seperti skor IPK, skor TOEFL,  tes pengalaman kerja, usia dan potensi akademik (TPA). Sementara itu, temukan kemungkinan hasil tes  Para ulama menggunakan nilai kata, nilai numerik, dan nilai logika. hasil tes tersedia  Disimpulkan bahwa SPK personel dengan metode TOPSIS menghasilkan sistem yang dapat  membuat rekomendasi kepada kandidat terbaik sesuai  kriteria yang telah ditentukan.

Keywords


Sistem Pendukung Keputusan;Alternatif Perekrutan Pegawai dan TOPSIS

Full Text:

PDF

References


Mallu, S. “Sistem Pendukung Keputusan penentuan karyawan kontrak menjadi karyawan tetap menggunakan metode topsis”. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan. 1.2. 2015.

Hasibuan, Malayu S.P., Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta, 2006.

Kusumadewi. Fuzzy Multi Atribute Decision Making (MADM). Graha Ilmu,Yogyakarta, 2006

Rustiawan, A. H., Fatimah, D. D. S., & Ikhwana, A. "Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Calon Siswa Baru di SMA Negeri 3 Garut." Jurnal Algoritma 9.01. 2012.

Sembiring, M. A. "Penerapan Metode Simple Additive Weighting Sebagai Strategi Pembinaan Kecerdasan Anak." JURTEKSI 4.1. 65-70. 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Penerbit

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang

Alamat Redaksi:

Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Jawa Teangah, Indonesia 50196 Telp: 024-6702757 psw: 8302 Fax: 024-6702272 e-mail: jprt@usm.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.